Perhatian vs Protektif

Kalina

Moderator
SENANGNYA punya pacar yang selalu perhatian... tapi wasapada kalau perhatian pacar terlalu berlebihan dan jadi overprotective. Hmm.. risi juga kan lama-lama kalau ke mana pun kamu pergi selalu diawasi. Biasanya pacar beralasan semua yang dia lakukan bertujuan baik karena nggak pengin kamu kenapa-kenapa. Tapi, perhatian itu beda sama mengekang. Lewat kuis Dokter Cinta ini, kamu bisa membedakan antara perhatian dan protektif.

1. Kamu lagi makan sama dia di resto, tiba-tiba handphone kamu berbunyi karena ada SMS. Apa reaksi pertama si dia saat kamu mendapat SMS dari seseorang?

a.''Beb, ada SMS nih," sambil mengambilkan handphone dan memberikannya kepadamu.

b. "SMS dari siapa?" sambil terus melihat ke arah handphone-mu.

2. Saat kamu pamit ke dia mau hang out sama teman-temanmu, pertanyaan dan pesan apa yang kali pertama dia katakan?

a. "Naik apa? Hati-hati ya..." Dia lalu menawarkan untuk mengantar, mengedropmu di tempat tujuan, lalu menjemput lagi.

b."Sama siapa aja? Mau ngapain?" Dia mengizinkan, asalkan dia juga ikut.

3. Malam pacar kamu mau telepon, tapi teleponmu sibuk terus karena kamu baru aja ditelepon sama teman sekolah yang kebetulan cowok. Gimana reaksinya?

a."Siapa yang telepon? Ada masalah apa, Sayang?"

b."Siapa yang telepon? Ngapain dia telepon kamu malam-malam gini?"

4. Kamu lagi pengin pakai baju yang berwarna terang dan kamu meminta si dia untuk menemani kamu beli baju. Saat lagi fitting baju, kamu minta pendapat si dia, bagaimana pendapatnya?

a.''Bagus kok, yang penting kamu nyaman dan pede pakainya."

b. "Jangan pakai baju warna gitu ah, ntar kamu malah jadi pusat perhatian dan dilihatin banyak orang."

5. Karena ada tugas sekolah yang harus dikerjakan berkelompok sehingga kamu pulang malam dan gara-gara handphone kamu low bat, kamu jadi nggak bisa menghubungi dia. Begitu sampai rumah, kamu langsung mengabarinya, apa yang dia bilang begitu dapat kabar dari kamu?

a."Tugasnya udah selesai? Yang penting kamu nggak kenapa-napa. Ya udah, langsung tidur aja."

b. "Dari mana aja sih kamu? Pergi sama siapa tadi? Nggak ngabarin, bikin aku kepikiran."

6. Ada teman cowok yang udah lama banget nggak ketemu tiba-tiba menulis di wall Facebook-mu. Isinya bilang bahwa dia kangen dan ngajak kamu jalan-jalan bareng teman-teman yang lain. Apa yang dia bilang waktu dia membaca wall dari teman lamamu?

a. "Mau reunian ya?" Lalu merekomendasikan tempat yang seru buat kumpul-kumpul.

b. "Nggak usah dibalas, belum tentu temanmu itu masih sebaik dulu kan?"

And the result is....

1. Kalo jawabanmu lebih banyak A:

Kamu termasuk beruntung karena punya pacar yang benar-benar perhatian dan sayang sama kamu. Perhatian yang dia berikan juga bisa bikin kamu tetap nyaman karena dia tetap menghargai privasimu. Dia tetap memberikan kepercayaan bahwa kamu pasti bisa menjaga diri tanpa harus selalu diingatkan. Karena itu, walaupun dia nggak pengin kamu kenapa-kenapa, dia masih tetap memberikanmu kesempatan untuk melakukan hal yang kamu suka. Prinsipnya adalah kamu bahagia dan merasa nyaman. So, jaga terus hubungan baik kalian ya.

2. Kalo kamu banyak menjawab B:

Pacar kamu selalu ingin memastikan kondisimu baik-baik aja. Dia harus selalu tahu bagaimana keadaanmu dan dengan siapa kamu bergaul, dia sangat takut kalo kamu bergaul sama orang yang salah. Tapi, cara dia memberikan perhatian ke kamu yang salah. Tanpa dia sadari, saking nggak penginnya kamu kenapa-kenapa, perhatiannya malah berujung jadi protektif sampai kadang dia lupa bahwa kamu juga punya privasi. Kalo kamu mulai nggak nyaman, coba deh kalian omongin baik-baik dan biasakan memberikan kabar ke dia biar si dia nggak perlu berlebihan mengkhawatirkan kamu.
 
Bls: Perhatian vs Protektif

Bener apanya, Nina? Pacar kamu banyakan A atau B?

Kalau aku.. rata-rata pacar aku banyak B nya. Huft untung udah diputusin jauh jauh hari. Hahaha aman deh
 
Back
Top