Planet Jupiter

gerimis

New member
Jupiter

images

Jupiter merupakan planet paling besar dalam Tata Sunya. Diameter pada ekuatornya mencapai 142.800 km. Jarak Jupiter terhadap Matahari 5,20 SA atau kira-kira 780 juta km. Masa peredaran atau revolusi Jupiter terhadap Matahari adalah 11,86 tahun. Kala rotasi Jupiter paling cepat di antara planet lain, yaitu selama 9 jam 50 menit.
Keunikan Jupiter adalah atmosfernya tidak berotasi atau berotasi sangat lambat, sehingga mengakibatkan pusaran pada bagian atas atmosfernya. Pusaran atmosfer tersebut dari Bumi nampak sebagai “noda merah besar”. Ukuran noda merah tersebut ternyata lebih besar dari ukuran Bumi kita, panjangnya sekitar 30.000 km dan lebarnya 14.000 km.

Sekalipun planet Jupiter berukuran paling besar, tetapi kepadatan planet ini sangat rendah, karena terdiri atas unsur-unsur yang ringan. Sekitar 85% planet ini tersusun atas hidrogen. Campuran lainnya antara lain gas CH4 dan NH. Susunan kimiawi Jupiter lebih mirip Matahari atau bintang daripada dengan Bumi. Planet Jupiter mempunyai satelit paling banyak yaitu 14 buah. Penvelidikan terakhir membuktikan ternyata Jupiter memiliki lebih
banyak satelit. Empat satelitnya yang terbesar adalah 10, Europa, Ganymede, dan Calisto. Keempatnya diberi nama satelit “Galilean”, karena keempatnya ditemukan oleh Galileo Galilei (1610).
 
Bls: [Geografi] Planet Jupiter

dengan cara apa para astronot mengambil gambar? 11 x ukuran bumi???? tak terbayangkan..
 
Back
Top