Ketika Mobil berhenti Mendadak Di Atas Rel [Info]

muka013

New member
Sering kali kita mendengar kecelakaan kendaraan di lintas rel kereta api. Entah itu angkutan umum, bis, ataupun kendaraan pribadi. Sering kali salah satu faktor penyebab kecelakaan itu adalah karena ada pihak pihak yang tidak disiplin. Contoh ketika palang telah di tutup. Ada saja beberapa orang yang tidak disiplin dan dengan sengaja nya menerobos palang yang telah tertutup. Dari kendaraan yang melintas yang paling banyak tidak disiplin adalah Angkot dan motor. Tapi dari beberapa hal yang di jelaskan salah satu faktor kecelakaan tersebut adalah mati nya mesin kendaraan ketika berada di rel kereta api.

Banyak orang yang mengatakan bahwa faktor kecelakaan di rel ketika kendaraan mati adalah gugup nya pengendara ketika berada di dalam rel. Tapi ternyata pernyataan itu di sanggah oleh beberapa orang. Terutama dari “ahli”. Ternyata rel kereta menghantarkan listrik dan magnet yang membuat mesin yang berada di kendaraan terganggu dan mengakibatkan kendaraan tersebut tidak dapat di hidupkan. Banyak juga yang mengatakan bahwa salah satu faktor kendaraan berhenti ketika berada di rel kereta api adalah karena pengaruh gesekan yang akhirnnya menimbulkan efek impedansi. Efek ini akan mengganggu kinerja mesin kendaraan terutama dynamo stater yang berdasarkan medan magnet. Ketika kendaraan sudah terkena efek dari inpedansi, maka kendaraan tersebut akan sulit di hidupkan kembali. Oleh sebab itu ada beberapa tips supaya kecelakaan seperti itu tidak terjadi. Antara Lain:

  1. Sebisa Mungkin Berhenti Ketika Kereta Api Mau Melintas
    Ketika palang sudah di tutup atau sudah ada sirine bahwa Kereta Api mau melintas, usahakan jangan melintasi rel walau jarak kereta api cukup jauh. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan efek impedansi tersebut.
  2. Jika Mobil berada dalam keadaan mendadak mati di atas rel, bunyikan klakson
    Hal ini wajib di lakukan, ketika mobil atau kendaraan anda berhenti mendadak di rel kereta api. Bunyikan klakson dan coba starter terus menerus. Karena beberapa para “ahli” mengungkapkan bahwa klakson dapat memutuskan aliran listrik dan magnet yang mengakibatkan mesin kendaraan mati.
  3. Usahakan Jangan panic
    Faktor tersebut sering di derita oleh pengemudi yang mengalami kejadian tersebut. Usahakan jangan panic , coba terus dan tetap tenang.
  4. Segera keluar jika waktu tidak sempat, dan kereta api sudah dekat
    Segera keluar secepat mungkin dari kendaraan anda, Lebih baik kehilangan mobil daripada kehilangan nyawa. Mobil bisa di beli lagi sedangkan nyawa hanya satu. Jika hal ini terjadi secepat mungkin keluar dari kendaraan anda dan menjauh ke tempat aman Hal – hal seperti itu harus diperhatikan oleh pengendara. Karena banyak para pengendara yang tidak mengetahui hal tersebut. Sebisa mungkin periksakan kendaraan anda di bengkel untuk mengetahui kerusakan mesin yang akan anda derita jika dalam keadaan ketika kendaraan mati mendadak.
Hal – hal seperti itu harus diperhatikan oleh pengendara. Karena banyak para pengendara yang tidak mengetahui hal tersebut. Sebisa mungkin periksakan kendaraan anda di bengkel untuk mengetahui kerusakan mesin yang akan anda derita jika dalam keadaan ketika kendaraan mati mendadak.

Sumber:
cara merawat mobil yang baik dan cara mencuci mobil yang baik disini :)
 
Last edited by a moderator:
pernah sih ngalami ini di perlintasan yang gak ada palang pintunya.. sumpah dahh.. merinding disko.. tapi untungnya mesin dpt menyala kembali, gak tau kenapa.. :D
 
Nice share...:)

Soal teori impedansi sendiri jika dihubungkan dengan kecelakaan di perlintasan rel kereta karena matinya mesin masih perlu pembuktian lebih lanjut, dan selama ini baru tahap hipotesa. Jika kendaraan berbahan bakar bensin, mungkin masih bisa "dipaksakan" teori ini, karena masih menggunakan platina dan CDI. Jika terkena medan magnet, maka pengapiannya akan terpengaruh sehingga mesin susah dihidupkan. Selain itu kekuatan accunya masih 12 volt. Sedangkan kendaraan dengan berbahan bakar solar berbeda. Selain accunya di atas 12 volt juga tidak menggunakan platina.

Dan sebenernya-pun hal itu tidak akan berpengaruh kalo mesin tidak mati. Jadi tidak semua yang melintasi rel ketika kereta akan lewat otomatis akan mati, tapi lebih karena dipicu oleh matinya mesin terlebih dahulu karena banyak sebab, lalu sulit dihidupkan kembali karena disebabkan oleh medan magnet dari rel. Tapi sekali lagi ini baru dalam taraf hipotesa.

Dan jikapun hipotesa itu benar, cara mencegahnya juga teramat sangat mudah, yaitu pemasangan ground pada setiap perlintasan kereta, dan ini sepertinya sudah dilakukan dibanyak perlintasan kereta yang ada.



-dipi-
 
kalaupun memang kasusnya mobil kita berhenti ditengah rel kereta, apakah kereta yang akan melintas itu bisa Rem mendadak?

ah pertanyaan konyol :D
 
kalaupun memang kasusnya mobil kita berhenti ditengah rel kereta, apakah kereta yang akan melintas itu bisa Rem mendadak?

ah pertanyaan konyol :D

Kalau elu mah mobil mogok santai aja, elu bisa angkat tuh mobil... ( kalau lagi ngamuk aja, kereta mogok elu dorong... :p )
 
Sebuah hal yang cukup mendebarkan gan, sehingga bisa dikondisikan dengan baik agar mobil tidak mogok. Sangat bahaya kalau demikian, hati-hatilah.
 
Back
Top