Tips mem-Format Flashdisk dengan File system NTFS

Status
Not open for further replies.

anak_dumai

New member
Tips mem-Format Flashdisk dengan File system NTFS

USB_Flash_Disk_JU-007.jpg


Sebagian kita mungkin jarang memperhatikan tipe file sistem yang digunakan Flashdisk kita, apakah itu NTFS, FAT32 atau FAT. Untuk mengetahui file sistem yang digunakan, klik kanan Flashdisk di Windows Explorer dan pilih Properties. Di sana terlihat tipe File System yang digunakan.

Tetapi ketika kita akan mencoba mem-format melalui windows Explorer, mungkin disana tidak ada menu NTFS, adanya hanya FAT32 dan FAT. Bagaimana cara mem-format NTFS dan apa bedanya dengan FAT32 dan juga FAT ?

fat32-file-system.png


Mengapa NTFS ?

NTFS merupakan format file system Windows terbaru setelah FAT32, dan mempunyai beberapa kelebihan seperti kemampuan menyimpan tambahan informasi mengenai file/folder (metadata), fitur keamanan, kompresi data, struktur yang lebih baik dan lainnya.

Selain itu, tipe NTFS bisa digunakan untuk mem-format ukuran yang lebih besar, Untuk FAT hanya 2 GB, FAT32 8 TB ( 8.000 GB), sedangkan NTFS bisa sampai 16 EB ( 16 juta TB ). Meskipun demikian, tetap saja NTFS ada kekurangannya, seperti tidak terbaca di Win9x dan proses baca tulis ke disk yang lebih sering.
Karena tiap file/folder menyimpan informasi yang lebih banyak (metadata), maka proses baca tulis tiap file/folder akan lebih sering daripada tipe FAT32 atau FAT, sehingga untuk flashdisk, mempengaruhi umur (daya tahan). Mengingat Memory Flashdisk mempunyai batasan baca tulis

Mengaktifkan format NTFS di Windows Explorer

Bisa saja kita mem-format USB Flashdisk dengan tipe NTFS dengan bantuan HP USB Format Tools. Tetapi sebenarnya Windows Explorer bisa melakukannya. Untuk mengaktifkannya bisa diikuti langkah berikut
1 Buka System Properties dengan cara Klik kanan My Computer > Properties (atau dengan tombol Keyboard Win + Break )
2 Buka tab Hardware kemudian klik tombol Device Manager
3 Pilih Disk Drive dan pilih Flashdisk yang ingin di format dengan NTFS, klik kanan, pilih Properties.
4 Setelah terbuka pilih Tab Policies
5 Pilih Optimize for performance dan klik OK

usb-device-properties.png


6 Setelah itu coba klik kanan Drive flashdisk di windows Explorer dan pilih menu Format, maka disana seharusnya sudah muncul File System NTFS.

Yang perlu diperhatikan adalah ketika opsi ini diaktifkan, setiap mencabut flashdisk harus selalu melalui Safety Remove Hardware. Jika pilihan adalah “Optimize for quick removal” maka sebenarnya flashdisk bisa langsung dilepas, tanpa Safety Remove hardware

Test antara NTFS, FAT32 dan FAT

Saya telah mencoba beberapa perbandingan (terutama proses meng-copy data) dengan tipe yang berbeda-beda, dan hasilnya sebagai berikut :

* Copy 11 file (ukuran masing-masing sekitar 170 MB) total sekitar 1.8 GB
NTFS 04:44 ( 4 menit 46 detik )
FAT32 05:09 ( 5 menit 9 detik)
FAT 04:46 ( 4 menit 46 detik)
* Copy 1.297 files (ukuran antara 1 KB sampai 23 KB) dengan total 8,23 MB
NTFS 29 detik
FAT32 56 detik
FAT 58 detik
* Kapasitas setelah di Format
NTFS 2.038.044.672 bytes Used space 12.937.216 bytes (12.3 MB)
FAT32 2.046.959.616 bytes Used space 4.096 bytes (4.00 KB)
FAT 2.050.686.976 bytes Used Space 0 bytes

Terlihat proses copy data dengan NTFS, relatif lebih cepat, tetapi ukuran setelah di format sedikit lebih kecil karena memang diperlukan space tambahan yang lebih besar untuk informasi file/folder (metadata). Jika flashdisk sering digunakan untuk proses baca tulis dan tidak begitu memerlukan fitur-fitur NTFS, seperti keamanan data, maka memilih tipe FAT32 mungkin akan lebih baik.
 
nambahin dikit.
di ntfs jangan mengisi disk melebihi 90% volume yg ada(sisa ruang lebih kecil dari 10%)
terutama di hdd portable. gak akan berusia panjang file yg ada! parameter hdd jadi amburadul bahkan bisa gak terbaca.(karena terjadi fregmentasi)
beda kalo fat32. letak fat selalu didepan. meski diisi sampai full, sisa 0 bit gak banyak kendala di hdd.
kendala yg ada di fat32 file maks cuma 4GB.(gak bisa nyimpen 1 file yg gedenya 4,001GB. solusi file mesti di split jadi 2 bagian ntar di join kalo mau menggunakan)

- n1 -
 
Terima kasih atas informasi ini, menarik dan ijin copy-paste untuk jadi bahan pembelajaran buat para siswaku ya
 
wuihhhh... diforum ii ternyata dikunjung pembimbing/guru TI juja ni!
sekalian di share dunk kalo punya pengalaman2 yg ajaib. kemarin2 pernah temen punya flashdisk katanya sih gak bisa diapap2kan. tak coba lihat sekalian mau format eh muncul alert windows cannot perform formating your flashdisk in "GPT partition".
..
tau sampe sekarang masih engga. lapynya minim app. hpusbfd, rufus, app partition juga ga ada.(malah mumet kalo pakai lapy orang!)
ada yg pernah nemuin kek gitu?
pengen tau sebab n solusinya.
 
sakbenernya... kecepatan baca tulis media banyak ter"efek" dari
- media surface.(makin bagus bahan metal makin baik, semakin tinggi faktor demagnetingnya pasti ga banyak dijumpai sektor2 buruk/tak terbaca, dead pixel dll)
- usia pemakaian.(semakin sering digunakan head hdd menurun kualitas bacanya, kristal yg teroksidasi karena panas gesekan dg plat)
- panas permukaan media.(rpm makin tinggi makin cepet naik suhu permukaan karena gesekan)
- procy pc.(clock) makin smart procy kelihatan makin cepat. menggunakan cache! clock makin tinggi juga menaikkan kecepatan baca tulis.
- mood.
----------
dari benchmark speed akses hdd/fd ga ngaruh di fat/nt/ext file system yg digunakan.

- n1 -
jik bermimpi dibuat fat 128 lba buat ngakses hdd 16 TB keatas.(kapan ada hdd portable 4TB.. kira2 displit gak tu partisi kalo pakai ntfs. 1 film blueray 32-40 GiB)
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top