Jepang Tahan Kapten Kapal Korsel

louisiana

New member
SEOUL, kompas.com

Penjaga pantai jepang, kamis(13/1/2011) mengatakan telah menangkap seorang kapten kapal nelayan korea selatan(korsel) setelah menolak perintah berhenti saat ditemukan di yang oleh jepang dianggap sebagai zona ekonomi eksklusifnya.

Sejumlah pejabat korsel mengatakan sebelumnya bahwa korsel dan jepang akan mengadakan penyelidikan bersama mengenai apakah kapal nelayan itu melanggar perairan jepang dekat kepulauan yang disengketakan yang sama jauhnya dari kedua negara tersebut.

Tahun lalu, jepang menahan kapal kapten nelayan China setelah menabrak kapal patroli jepang dekat kepulauan yang disengketakan antara tokyo dan beijing. hubungan kedua negara menegang setelah kejadian tersebut.

Pengakuan tokyo atas kedaulatan pada kepulauan yang juga diklaim oleh seoul, yang dikenal sebagai Dokdo oleh Korsel dan Takeshima oleh Jepang, pada masa lalu telah menyulut unjuk rasa di Korsel, yang masih mengingat kenangan buruk kolonialisasi semenanjung Korea pada 1910-1945 oleh Jepang.

"Kami masih melakukan penyelidikan dan masih menunggu hingga hasilnya keluar. kru kapal mengaku bahwa karena kerusakan operasional, kapal jadi menyimpang,"kata juru bicara penjaga pantai Korsel.

Kantor berita Korsel, Yonhap, mengatakan, kapal patroli terlibat dengan kebuntuan, Tapi pejabat dari pihak Jepang dan Korea meringankan laporannya. Yonhap mengatakan, insiden tersebut melibatkan kapal nelayan berbobot 29ton dan terjadi di perairan sekitar 70 kilometer barat daya pulau yang disengketakan.
 
Back
Top