Jakow Trachtenberg

Qaeiou

New member
Jakow Trachtenberg (17 Jun 1888 - 1953) adalah seorang matematikawan Rusia keturunan Yahudi yang mengembangkan mental calculation techniques yang disebut sistem Trachtenberg.

Lahir di Odessa di Krimea, di Kekaisaran Rusia (kini Ukraina ). Ia lulus dengan penghargaan tertinggi dari Mining Engineering Institute in St. Petersburg dan kemudian bekerja sebagai insinyur di pabrik senjata Obukhov. Di awal usia dua puluhan, ia menjadi Chief Engineer dengan 11.000 orang di bawah pengawasannya. Pemerintah Tsar memberinya tanggung jawab mengawasi pembentukan pengembangan angkatan laut.

Setelah Revolusi Rusia tahun 1917, Trachtenberg pindah ke Jerman di mana ia menjadi kritis terhadap kebijakan Nazi. Ia dipenjarakan di sebuah kamp konsentrasi Nazi selama Perang Dunia II. Dia mengembangkan sistem mental aritmatikanya selama di penjara. Dengan bantuan istrinya yang menggadaikan perhiasannya untuk menyuap para penjaga, Trachtenberg berhasil melarikan diri dari kamp konsentrasi dan pergi ke Swiss, dimana ia mengembangkan sistemnya lebih lanjut.

Pada tahun 1950, Trachtenberg mendirikan Institut Matematika di Zürich tempat ia mempublikasi/mengajar-kan sistemnya.


sumber: http://mathforum.org/dr.math/faq/faq.trachten.html
 
Back
Top