'Cracker China Hantam 5 Perusahaan Minyak Global'

Redbastard

New member

crackerchina150(CNN).jpg



Para cracker asal China mengacak-acak jaringan komputer milik lima perusahaan minyak global untuk menggaet informasi berharga. Demikian dilaporkan oleh vendor keamanan komputer, McAfee.

"Dimulai pada November 2009, serangan cyber tersembunyi dan dengan target tertentu telah dilakukan pada perusahaan minyak, energi dan petrokimia global," demikian disebut McAfee.

Selain perusahaan, para cracker juga menyasar para eksekutifnya di Taiwan, Yunani dan AS. Tujuannya untuk mendapat informasi penting dan rahasia tentang produksi minyak serta dokumen finansial yang amat berharga jika jatuh ke tangan pesaing. Ada 5 perusahaan minyak diserang, namun nama mereka tak disebutkan.

McAfee memaparkan, semua bukti yang ada menunjukkan bahwa para penyerang berbasis di China. Mereka mengidentifikasi tool, teknik dan aktivitas network yang digunakan para cracker berasal dari negara Tirai Bambu itu.

Menurut McAfee, tools untuk melakukan hacking memang tersedia secara luas di dunia bawah tanah China. Serangan pada perusahaan minyak ini dilakukan beberapa orang, namun aktor utamanya diduga seorang individu yang tinggal di wilayah Shandong.

Vendor keamanan komputer asal Amerika Serikat ini menambahkan, serangan dilakukan secara rutin pada jam kerja. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa serangan dilakukan bukan oleh cracker amatiran, tapi profesional yang biasa bekerja sesuai jam kantoran.

Para cracker asal China sudah sering dituding menyerang jaringan komputer negara-negara lain. Bahkan diduga, pemerintah China sendiri yang menjadi dalangnya meski mereka selalu membantah.


sumber : detikinet.com
 
Back
Top