RUU larangan kawin siri, setuju?

runyam bgmana? klo niatnya baik ngapain mesti sembunyi2? klo negara dlm keadaan darurat/perang (dmanapun juga) pastinya undang2nya gk berlaku.. silahkan kawin sirri.. wkwkwkwk..
 
wah kalau bicara RUU larangan kawin siri sama saja dengan bicara RUU nikah "di bawah umur", sama saja bicara sahnya cerai menurut agama dan sahnya cerai menurut negara yang harus tercatat juga.
 
maap ni gw belum pernah nikah... tapi kawinnya udah.. wkaka.. bcande..

kawin siri itu bukannya nikah menurut agama mbak yu..??

syarat menikah menurut agama apaan ya..

setau ku, kawin siri dimata agama sah.. tapi dimata hukum tidak..

jadilah hal yang seperti sekarang..
ditanya "kok baru nikah januari 2009 kemarin, juli nya udah melahirkan..??", trus dijawab "saya sudah menikah secara siri sebelumnya pada bulan oktober 2008"..

biasa nikah siri dijadikan tameng seperti itu... mohon pencerahannya bagi yang belum kawin2 ini...


apanya yang iya...??=??=

kawin sirri pada sejarahnya biasa dilakukan pada keadaan perang, sehingga tidak ada pemerintahan (ulil amri). nah apakah negara ini dalam keadaan darurat/perang?? hehehe.. mengikuti perundang2an yg berlaku dlm sbuah negara juga termasuk konteks beragama. jangan dibentur2kan gtu dunkz, kejedot ntar.. :D jayalah negeri ini..

lha.. terus.. kalo dibikinin RUU larangannya.. ntar jadi runyam gak bro..??
kalo misalnya negara lagi darurat.. apa sempet ngapus itu undang undang lagi..??

runyam.. ada yang nikah siri ga disini..? bingung ni..

tante bla_bla_bla.. coba ksh contoh nikah siri dunk.. gw ama tante.. terus ama contoh malam pertamanya...:))
 
tante bla_bla_bla.. coba ksh contoh nikah siri dunk.. gw ama tante.. terus ama contoh malam pertamanya...:))
ok tak kasih contoh, aku ma bayu nikah siri, pas malam pertama tak tungguin mana si bayu ga nongol2, katanya cuma ijin ke kamar mandi bentaran. Karena aku sudah ga sabaran, aku panggil2 n aku gedor gedor pintunya, tapi ga ada suara juga. Akhirnya dengan tenaga kuda yang aku punya, aku dobrak pintunya. Ternyata yang aku dapati cuma seekor serigala belang. Aku jadi inget ini kan malam purnama, pantesan bayu sudah berubah wujud.
 
runyam bgmana? klo niatnya baik ngapain mesti sembunyi2? klo negara dlm keadaan darurat/perang (dmanapun juga) pastinya undang2nya gk berlaku.. silahkan kawin sirri.. wkwkwkwk..

he..he. emang nikah sirri tuh rahasia ya bos..??
bukannya cuma nggak tercatat di negara aja..
kalo yang lain lainnya tetep sama..??
kan ada syarat syarat nikah yang sama aja mau nikah sirri atau nikah yang non sirri

apanya yang iya...??=??=


runyam.. ada yang nikah siri ga disini..? bingung ni..

tante bla_bla_bla.. coba ksh contoh nikah siri dunk.. gw ama tante.. terus ama contoh malam pertamanya...:))

iya nya iya tolong kasih penjelasan bay....

yang gue maksud runyam itu.. adalah.. jangan kita generalisir langsung melarang sesuatu karena ada orang orang yang melakukan pelanggaran..

kalo gitu, kita bisa dong bikin undang undang anti jalur busway.. karena jalur busway banyak menimbulkan kecelakaan.. tapi kan aneh....
or.. undang undang anti pohon besar karena pohon pohon besar pada tumbang ketiup angin lalu menimpa apapun yang ada dibawahnya.. tapi kan super kocak..

begitu juga yang terjadi dengan nikah sirri...
jangan nikah sirrinya yang dilarang.. tapi.. perketat aplikasinya..
misalnya.. wali utk perempuan ya harus ada dong..
jangan karena pengen nikah terus hukum diterobos aja.. gak ada wali.. terus langsung pake cara nikah sirri aja.. ya itu juga gak bener nikah sirrinya...

apa karena sebagian besar pejabat di indonesia melakukan korupsi (bahkan sampe berjamaah segala..) terus kita mau rubah Indonesianya..??
kita bikin RUU anti Indonesia gitu...?? kan nggak...
 
pengertian nikah siri itu cuma, cuma, tidak terdaftar di negara saja. Selama syarat nikahnya secara agama itu sah, sah pula di mata agama. Kalau aku sih lebih mendukung kalau negara memasyarakatkan saja untung dan ruginya nikah yang tidak terdaftar di negara. Dan kalau orang itu memang orang baik secara akhlak sebagai insan agama dan sebagai warga negara tentunya setelah dia mempunyai kemampuan untuk mendaftarkannya di negara, ia pasti akan segera mendaftarkannya. Karena ia hidup di negara yang juga harus menghormati negara.
 
hem setuju ruu larangan nikah siri di buat tetapi juga di permudah untuk biaya surat nikah oleh departemen agama kalo perlu gratis gitu,masa nikah mesti bayar kenegara yang ada tuh nikah bayar mahar ke mempelai.
dan juga sebaiknya juga di buat RUU anti/larangan perzinahan dan perselingkuhan akar masalah dari nikah siri yang burukkan ini,kalo perlu di sesuaikan dengan agama yang berlaku bagi mereka yang melakukan perzinahan ato perselingkuhan,(taukah anda sekalian hukum perselingkuhan diindonesia diatur oleh KUHP dengan masa hukuman paling lama 9 bln penjara jk pasangan yang diselingkuhi melaporkan,jika tidak ya cuma ada teguran aja gitu)

padahal kita sering melihat di televisi jika ada pasangan yang selingkuh dampaknya:
1.pasangan selingkuh dengan tega membunuh suami ato istri yang dia selingkuhi.
2.banyaknya aborsi dan pembuangan bayi dan lebih cendurung menuju kematian.
3.istri ato suami yang diselngkuhi memdzalimi ato membunuh pasangan selingkuh jika mengetahui(ada yang bakar,ada yang memotong alat kelamin,etc gitu)
4.perselingkuhan berdampak kepada kekerasan dalam rumah tangga dan juga memiliki andil dalam kekerasan terhadap anak-anak juga.
5.anak-anak menjadi korban broken home,gara-gara perselingkuhan dan perzinahan.
hal ini kalo terjadi bagi masyarakat umum kalo artis pada cuek aja lagi g peduli,entah pemuka agamanya,pemimpinnya apalagi.

ini lah INDONESIA kita yang buruk di pelihara yang baik di injak-injak
 
Last edited:
Merujuk pada sejarah dan perkembangannya, kawin sir pada awalnya merupakan perkawinan yang dilarang dalam Islam karena tidak memenuhi rukun dan syarat perkawinan yang berupa saksi. Ulama besar seperti Abu Hanifah, Malik dan Syafi’I sepakat kalau perkawinan tersebut harus di fasakh. Namun dalam perkembangannya dimasyarakat Islam, kasin sirri merupakan perkawinan yang memenuhi rukun dan syarat-syarat perkawinan sehingga masyarakat memandang sah menurut agama (Islam). Kemudian kawin sirri berkembang kembali ketika dikaitkan dengan aturan-aturan yang ditetapkan pemerintah sehingga kawin sirri bermakna perkawinan yang tidak dicatatkan di KUA (Ramulyo, 2002:239).

Meskipun kawin sirri sah menurut Islam tapi hal tersebut kurang sesuai dengan ajaran Islam karena Nabi Muhammad SAW bersabda: “Umumkanlah perkawinan itu” dan firman Allah yang artinya: “ Hai orang-orang yang beriman, taatlah kalian kepada Allah dan taatlah kalian kepada rasul dan kepada pemerintah yang sah (ulil ‘amri minkum). Berdasarkan firman tersebut, maka orang yang melakukan kawin sirri berarti tidak taat pada pemerintah yang telah menetapkan untuk mencatatkan perkawinan pada KUA
 
Yup.. spt yg dijelaskan pakde devson dan miss Mizbeau.. hrs lewat pemerintah (ulil amri). Banyak tuh yg nikah siri, katanya sih akan segera dinikahi secara sah (secara tdk sadar masy mngakui nikah yg sah adl lewat pmerintah toh?), tp hbs itu lakinya kabur wkwkwkwk sapa yg rugi..?
 
nikah siri

mnurut agama = boleh dikatakan sah (asal sesuai dengan syariat)

mnurut pemerintah = ga sah (karena tidak menaati peraturan yang berlaku)

keduanya tidak bersebrangan

ingat bahwa menaati peraturan dalam sebuah negara (pemerintah) termasuk diwajibkan dalam agama...

lebih baik mana ???
menaati keduanya, ato cman asalah satu aja
 
SETUJU BUANGEETZZZ... tapi apa bisa RUU itu direalisasikan???? Pesimis ma kinerja nak" di DPR... mana mau mereka bikin RUU itu... tar mereka pd susah nikah siri lagil.... heu...
 
duh jangan pesimis donk yang merasa ingin nyalurin aspirasi ato pengaduan tentang sesuatu ke DPR kan udah di fasilitasi;

nih linknya: http://www.dpr.go.id (moga g di apus ma moderator)

nah di situs ini ad 2 pilihan buat nyampein pendapat:
1 ,aspirasi:(dibagian forumnya klik aja):
nih gambarnya: (sory unregistri punya printscreennya)
Click Image to Enlarge Image Hosting

2.laporan/pengaduan ato uneg-uneg lah
nih gambarnya: (sory unregistri punya printscreennya)
Click Image to Enlarge Image Hosting

nah idealnya kalo kita melapor ya kasih tau identitas resmi kita kayakno. ktp or apa gitu jadi terlihat kalo kita serius,nama kita juga

jadi penuhi mail box DPR kalo ampe g diperduliin parah banget.

nb:sayang aj uneg-uneg cuma bisa lewat situs ini aja tapi buat langsung ke fraksi-fraksinya(buat yang merasa punya partai) g bisa,situsnya fraksi cuma info aja.

JANGAN PERNAH LELAH MEMPERJUANGKAN BANGSA KITA
 
Last edited:
eh kalau semisal ada yang selama pendidikan atau selama masa training kerja ga boleh nikah dulu, tapi dia sudah siap nikah terus gimana yah?

kalau poligami kan ada peraturan, kalau PNS tidak boleh poligami, kalau nikah siri begitu juga po? heheh..
 
Bls: Re: RUU larangan kawin siri, setuju?

stju,... kasian cwe`nya tu,..

qw kan orngnya ga tega gtu ma cwe`,...









;))
 
Bls: RUU larangan kawin siri, setuju?

he..he..he..
dapet artikel nih.. yang masih berhubungan sama nikah nikahan..

nih.. gue copas disini ya...

NIKAH MUT’AH



Nikah mut’ah adalah sebuah bentuk pernikahan yang dibatasi dengan perjanjian waktu dan upah tertentu tanpa memperhatikan perwalian dan saksi, untuk kemudian terjadi perceraian apabila telah habis masa kontraknya tanpa terkait hukum perceraian dan warisan. (Syarh Shohih Muslim hadits no. 1404, karya An-Nawawi dengan beberapa tambahan)



Gambaran Nikah Mut’ah Ala Syi’ah Rofidhoh



1. Akad Nikah

Di dalam Al Furu’ Minal Kafi 5/455 karya Al-Kulaini, dia menyatakan bahwa Ja’far Ash-Shodiq pernah ditanya seseorang: “Apa yang aku katakan kepada dia (wanita yang akan dinikahi, pen) bila aku telah berduaan dengannya?” Maka beliau menjawab: “Engkau katakan: Aku menikahimu secara mut’ah berdasarkan Kitabulloh dan Sunnah Nabi-Nya, namun engkau tidak mendapatkan warisan dariku dan tidak pula memberikan warisan apapun kepadaku selama sehari atau setahun dengan upah senilai dirham demikian dan demikian.” Engkau sebutkan jumlah upah yang telah disepakati baik sedikit maupun banyak.” Apabila wanita tersebut mengatakan: “Ya” berarti dia telah ridha dan halal bagi si pria untuk menggaulinya. (Al-Mut’ah Wa Atsaruha Fil-Ishlahil Ijtima’i hal. 28-29 dan 31)



2. Tanpa Disertai Wali Si Wanita

Sebagaimana Ja’far Ash-Shodiq berkata: “Tidak apa-apa menikahi seorang wanita yang masih perawan bila dia ridha walaupun tanpa ijin kedua orang tuanya.” (Tahdzibul Ahkam 7/254)



3. Tanpa Disertai Saksi (Al-Furu’ Minal Kafi 5/249)



4. Dengan Siapa Saja Nikah Mut’ah Boleh Dilakukan?



· Perempuan Majusi. (Tahdzibul Ahkam 7/254)

· Perempuan Nashoro dan Yahudi. (Kitabu Syara’i’il Islam hal. 184)

· Perempuan pelacur. (Tahdzibul Ahkam 7/253)

· Perempuan pezina. (Tahriirul Wasilah hal. 292 karya Al-Khumaini)

· Perempuan sepersusuan. (Tahriirul Wasilah 2/241 karya Al-Khumaini)

· Perempuan yang telah bersuami. (Tahdzibul Ahkam 7/253)

· Istrinya sendiri atau budak wanitanya yang telah digauli. (Al-Ibtishor 3/144)

· Perempuan Hasyimiyyah atau Ahlul Bait. (Tahdzibul Ahkam 7/272)

· Sesama pria yang dikenal dengan Liwath (homoseksual). (Lillahi … Tsumma Lit-Tarikh hal. 54)



5. Batas Usia Wanita Yang Dimut’ah

Diperbolehkan bagi seorang pria untuk menjalani nikah mut’ah dengan seorang wanita walaupun masih berusia sepuluh tahun atau bahkan kurang dari itu. (Tahdzibul Ahkam 7/255 dan Lillahi … Tsumma Lit-Tarikh hal. 37)



6. Jumlah Wanita Yang Dimut’ah

Kaum Rofidhoh mengatakan dengan dusta atas nama Abu Ja’far bahwa beliau membolehkan seorang pria menikahi walaupun dengan seribu wanita karena wanita-wanita tersebut adalah wanita-wanita upahan. (Al-Ibtishor 3/147)



7. Nilai Upah

Adapun nilai upah ketika melakukan nikah mut’ah telah diriwayatkan dari Abu Ja’far dan putranya, Ja’far yaitu sebesar satu dirham atau lebih, gandum, makanan pokok, tepung, tepung gandum, atau kurma sebanyak satu telapak tangan. (Al-Furu’ Minal Kafi 5/457 dan Tahdzibul Ahkam 7/260)



8. Berapa Kali Seorang Pria Melakukan Nikah Mut’ah Dengan Seorang Wanita?

Diijinkan bagi seorang pria untuk melakukan mut’ah dengan seorang wanita berapa kali dia kehendaki. (Al-Furu’ Minal Kafi 5/460-461)



9. Bolehkah Seorang Suami Meminjamkan Istri Atau Budak Wanitanya Kepada Orang Lain?



Kaum Syi’ah Rofidhoh membolehkan adanya perbuatan tersebut dengan dua model:



a. Bila seorang suami ingin bepergian, maka dia menitipkan istri atau budak wanitanya kepada tetangga, kawannya, atau siapa saja yang dia pilih. Dia membolehkan istri atau budak wanitanya tersebut diperlakukan sekehendaknya selama suami tadi bepergian. Alasannya agar istri atau budak wanitanya tersebut tidak berzina sehingga dia tenang selama di perjalanan.



b. Bila seseorang kedatangan tamu maka orang tersebut bisa meminjamkan istri atau budak wanitanya kepada tamu tersebut untuk diperlakukan sekehendaknya selama bertamu. Itu semua dalam rangka memuliakan tamu.



(Lillahi … Tsumma Lit-Tarikh hal. 47)



10. Nikah Mut’ah Hanya Berlaku Bagi Wanita-Wanita Awam. Adapun Wanita-Wanita Milik Para Pemimpin (Sayyid) Syi’ah Rofidhoh Tidak Boleh Dinikahi Secara Mut’ah. (Lillahi … Tsumma Lit-Tarikh hal. 37-38)



11. Diperbolehkan Seorang Pria Menikahi Seorang Wanita Bersama Ibunya, Saudara Kandungnya, Atau Bibinya Dalam Keadaan Pria Tadi Tidak Mengetahui Adanya Hubungan Kekerabatan Di Antara Wanita Tadi. (Lillahi … Tsumma Lit-Tarikh hal. 44)



12. Sebagaimana Mereka Membolehkan Digaulinya Seorang Wanita Oleh Sekian Orang Pria Secara Bergiliran. Bahkan, Dimasa Al-‘Allamah Al-Alusi Ada Pasar Mut’ah, Yang Dipersiapkan Padanya Para Wanita Dengan Didampingi Para Penjaganya (Germo). (Lihat Kitab Shobbul Adzab hal. 239)



Ali Bin Abi Tholib, Menentang Nikah Mut’ah

Para pembaca, bila kita renungkan secara seksama hakikat nikah mut’ah ini, maka tidaklah berbeda dengan praktek/transaksi yang terjadi di tempat-tempat lokalisasi. Oleh karena itu di dalam Shohih Al-Bukhori dan Shohih Muslim diriwayatkan dari Ali bin Abi Tholib (yang diklaim oleh kaum Syi’ah Rofidhoh sebagai imam mereka) bahwa beliau menentang nikah mut’ah.



Ali Bin Abi Tholib ra, mengatakan: “Sesungguhnya Nabi Shollollohu alaihi wasallama telah melarang nikah mut’ah dan daging keledai piaraan pada saat perang Khoibar.” Beliau (Ali) juga mengatakan bahwa hukum bolehnya nikah mut’ah telah dimansukh (dihapus) sebagaimana di dalam Shohih Al-Bukhori hadits no. 5119.



Hadis riwayat Ali bin Abu Tholib Rodhiyollohu ta’ala ’anhu: Bahwa Rosululloh Shollollohu alaihi wasallama melarang untuk menikahi wanita secara mut`ah dan memakan daging keledai piaraan ketika perang Khoibar. (Shohih Muslim No.2510)



wollohu a'lam bish showab



Janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (QS. Al-Isro’ [17] : 36)


ini ngebahas tentang NIkah Mut'ah yang dikenal di aliran syi'ah..

mungkin yang ditakutkan temen temen di post post diawal tadi ya nikah mut'ah ini..
yang gak pake saksi lah.. yang ga perlu wali lah.. yang wanitanya dirugikan dsb...
padahal nikah siri gak gitu deh.. sama aja sama nikah yang di kua..
cuma gak daftar di kua aja...

inget aja yang di Al Isro ayat 36 tadi..
...jangan ikuti yang kita tidak punya pengetahuan tentangnya...
 
Back
Top