Asyiknya terbang diangkasa luar

Idadanunu

New member
Dari pelajaran kalian disekolah, ada yang bisa ngejelasin engga secara ilmiah, Tolong jelasin ke aku dong :

1. kenapa orang bisa mengambang di langit (diluar atmosfer) ?
2. Kenapa pesawat ulang alik bisa memercik api yang panas ketika menembus atmosfer?
3. Kenapa satelit buatan bisa punya posisi statis diatas belahan bumi yang ditentukan. Jika memang bumi itu berputar, berarti satelit juga berputar dong bersama bumi untuk tetap exist diatas bumi yang ditentukan?

Tuh, aku yakin engga semua orang dapat ngejawab dengan mudah pertanyaanku diatas, kecuali orang kutu buku. Saya akan selalu panen bintang deh buat yang ngejawab :finger:
 
Bls: Asyiknya terbang diangkasa luar

1. itu dikarenakan nilai gaya gravitasi disana = 0
bukannya benda-benda di luar angkasa itu engga memiliki gaya gravitasi, tapi karena,
- jarak antara sumber gaya dengan obyek yang lain terlalu jauh. sehingga gaya yang dimiliki oleh benda-benda itu tidak mampu untuk menarik obyek benda yang ada di sekitarnya.
- besar kecilnya gaya yang ada pada tiap-tiap benda di angkasa sangat bervariasi. bumi termasuk salah satu planet yang memiliki gaya gravitasi yang tinggi, sedangkan mars memiliki gaya gravitasi yang sangat rendah.

2. Atmosfer memberi perlindungan gratis terhadap kehidupan bumi dari insolasi tincoming salur radiatoni yang kuat dan dari meteorid yang jatuh ke bumi.

Kita dapat ambil contoh terhadap Meteorid yang jatuh akibat gaya tarik bumi, benda tersebut akan terbakar dan berpijar sebagai meteor (\"bintang jatuh\") yang menukik ke dalam atmosfer dengan kecepatan antara 11 dan 72 krn/sekon. Adakalanya meteorid tidak terbakar habis oleh gesekan atmosfer dan mencapai permukaan bumi dalam bentuk meteorit yang merupakan batu gelap.

3. ada beberapa macam tipe satelit menurut orbitnya...

29339.jpg

pertama, tipe statik: jenis satelit ini dibuat sedemikian rupa sehingga posisinya tetap relatif terhadap suatu posisi/tempat di bumi. Untuk mendapatkan karakteristik ini satelit bergerak searah rotasi bumi, dengan kecepatan sedemikian rupa sehingga gaya sentrifugal hasil pergerakannya sebanding dengan gaya tarik bumi terhadapnya sehingga dia tidak jatuh atau "lepas" ke luar angkasa, dan tentunya harus diluncurkan pada ketinggian tertentu untuk mendapatkan efek "statik" ini

kedua, tipe dinamik: jenis satelit ini "lincah" banget kalau dilihat dari bumi, ini terutama satelit² "imaging", satelit² pemindai cuaca, dan tentunya satelit² mata² milik militer. Satelit tipe ini biasanya mengambil lintasan yg memotong arah rotasi bumi, sehingga kalau di"plot" maka garis lintasannya membentuk zig-zag menyelimuti permukaan bumi
 
Bls: Asyiknya terbang diangkasa luar

Weeehh.... jaDi banyak tau deh. Kalo kita diluar atmosfer bisa terpental engga?
 
Bls: Asyiknya terbang diangkasa luar

Satelit tipe dinamik ini sering dijadikan konsumsi pembuatan film action den. Seperti film yang diperankan oleh Steven Seagel dalam film Under Siege 2: Dark Territory. Seagal berperan sbg Casey Ryback, melawan ilmuwan jahat yang membajak senjata satellite di KA.

Sip den, pelajaran kayak begini yang aku suka.
 
Back
Top