Bagaimana Astronot tiba di luar angkasa?

fa_jar

New member
Jutaan Anak bertanya pada kakaknya 'bagaimana para astronot tiba diluar angkasa?' dan setidaknya inilah jawaban yang saya dedikasikan untuk adik-adik saya..




Luar angkasa atau antariksa merupakan bagian atau ruang yang relatif kosong dari alam semesta yang berada di luar atmosfer dari benda-benda langit. Ruang yang relatif kosong bukan berarti kosong sama sekali. Ruang yang relatif kosong ini memiliki kerapatan dan tekanan yang sangat kecil karena sedikitnya kandungan materi/gas di dalamnya.

Ketinggian 100 km atau 62 mil dari bumi ditetapkan oleh Federasi Aeronautika Internasional sebagai ruang di luar atmosfer bumi atau luar angkasa. Apabila diukur dari planet lain, misalnya Jupiter, jarak luar angkasa ini mungkin berbeda. Yang jelas, luar angkasa berada di luar atmosfer benda langit yang dijadikan sebagai acuan. Waktu yang dibutuhkan para astronot yang berangkat dari bumi untuk tiba di luar angkasa bergantung kepada kecepatan pesawat luar angkasa yang mereka gunakan.

Tentu saja waktu tersebut adalah waktu yang dibutuhkan oleh pesawat Luar angksa untuk tiba di luar atmosfer bumi, yaitu pada jarak 100 km di atas permukaan bumi. Apabila ada sebuah benda, misalnya pesawat luar angkasa, berada pada ketinggian tertentu dari bumi, maka gaya gravitasi bumi yang dialami oleh pesawat tersebut berbanding terbalik dengan kuadrat jarak pesawat dari pusat bumi. Semakin besar jarak antar keduanya, semakin kecil gaya gravitasi yang dialami pesawat.

Dengan demikian, sebenarnya tidak ada ketinggian atau jarak dari bumi sehingga pesawat mengalami gaya gravitasi bumi nol. Namun, gaya gravitasi bumi ini dapat diabaikan atau dianggap nol apabila gaya gravitasi bumi sangat kecil sekali, yaitu ketika jarak pesawat dari pusat bumi sangat jauh sekali.

Adakah pendapat lain yang lebih baik?
 
pesawat ruang angkasa........kirain apaan....hehehe
kata sepupu gw yg msh tk, naek roket pulangnya ganti spaceshuttle
 
Back
Top