Mengenal Suku-Suku Bangsa di Indonesia Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #72   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mengenal Suku-Suku Bangsa di Indonesia

Di seputar sungai Kahayan itu dayak ngaju bukan Lelly?



-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #73   Report Post  

Re: Mengenal Suku-Suku Bangsa di Indonesia

iya, dayak kahayan itu dayak ngaju
lelly
Continent Level

Post: 3.610
 
Reputasi: 239






Reply With Quote     #74   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mengenal Suku-Suku Bangsa di Indonesia

wah sepertinya terlewat...
Nanti ya, aku kumpulin bahan2nya dulu...


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #75   Report Post  

Re: Mengenal Suku-Suku Bangsa di Indonesia

ok kak
lelly
Continent Level

Post: 3.610
 
Reputasi: 239






Reply With Quote     #76   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mengenal Suku-Suku Bangsa di Indonesia

Suku Dayak Ngaju

Suku Ngaju atau Dayak Ngaju (Biadju) adalah suku asli di Kalimantan Tengah. Suku Ngaju merupakan suku baru yang muncul dalam sensus tahun 2000 dan merupakan 18,02% dari penduduk Kalimantan Tengah, sebelumnya suku Ngaju tergabung ke dalam suku Dayak dalam sensus 1930.

Ranying Hatalla Langit

Ranying Hatalla Langit atau Ranying Mahatalla Langit, merupakan sebutan masyarakat Dayak Ngaju kepada Tuhannya, yang berarti Tuhan Yang Maha Esa (http://www.kaskus.us/). Suku Dayak Ngaju (Ot Donum) mayoritas tinggal di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Suku ini konon berasal dari hulu-hulu sungai yang kemudian menyebar menuju ke arah hilir sungai-sungai yang ada di Kalteng (Commmans dalam Maunati, 2006). Suku Dayak Ngaju merupakan Suku Induk dari empat suku besar lainnya, yaitu Suku Ngaju dengan 53 anak Suku, Suku Maayan dengan 8 anak Suku, Suku Lawangan dengan 21 anak Suku dan Suku Dusun dengan 24 anak Suku (Riwut, 1958).

Kisah tentang Ranying Hatalla diceritakan masyarakat Dayak Ngaju dalam sebuah cara unik yang disebut dengan “tetek tatum” (ratap tangis sejati). Asal usul Ranying Hatalla konon bermula sejak munculnya agama nenek moyang Suku Dayak Ngaju, yaitu agama Kaharingan. Agama ini masih dipeluk oleh mayoritas Suku Dayak Ngaju, walaupun sebagian orang Dayak Ngaju pada masa orde baru dipaksa berafiliasi dengan salah satu dari lima agama yang diakui oleh pemerintah, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katholik, Hindu, dan Budha (Maunati, 2006).

Menurut keyakinan orang Dayak Ngaju, Kaharingan telah ada sejak awal penciptaan, sejak Ranying Hatalla Langit menciptakan alam semesta. Dalam bahasa Dayak Ngaju sehari-hari kata Kaharingan berarti “hidup” atau “ada dengan sendirinya” (http://www.kaskus.us/). Dalam versi lain, Kaharingan artinya “kehidupan yang abadi dari Ranying Mahatala Langit” (http://www.nila-riwut.com/).

Bagi Suku Dayak Ngaju, Ranying Hatalla menempati posisi yang sangat vital dalam pola dan perilaku kehidupan mereka. Ranying Hatalla menjadi dasar relasi antara manusia dengan kehidupan. Sehubungan dengan ini Suku Dayak Ngaju mempunyai istilah Penyang Ije Kasimpei, Penyang Ranying Hatalla Langit, artinya beriman kepada Yang Tunggal yaitu Ranying Hatalla Langit (http://www.nila-riwut.com/).

Bahasa
  • Ngaju
  • Bakumpai
  • Melayu Banjar
  • Indonesia
Agama
  • Kaharingan
  • Kristen
  • Islam


Sumber:
Dari berbagai sumber seperti yang tertera di artikel.



-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117

lelly: thanks





Reply With Quote     #77   Report Post  

Re: Mengenal Suku-Suku Bangsa di Indonesia

aku suka acara suku suku di TVRI
rizalolo
Mod

Post: 45.499
 
Reputasi: 260

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #78   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mengenal Suku-Suku Bangsa di Indonesia

Suku Komering



Suku Komering adalah satu klan dari Suku Lampung yang berasal dari Kepaksian Sekala Brak yang telah lama bermigrasi ke dataran Sumatera Selatan pada sekitar abad ke-7 dan telah menjadi beberapa Kebuayan atau Marga. Nama Komering diambil dari nama Way atau Sungai di dataran Sumatera Selatan yang menandai daerah kekuasaan Komering.Sebagaimana juga ditulis Zawawi Kamil (Menggali Babad & Sedjarah Lampung) disebutkan dalam sajak dialek Komering/Minanga:
"Adat lembaga sai ti pakaisa buasal jak Belasa Kapampang, Sajaman rik tanoh pagaruyung pemerintah bunda kandung, Cakak di Gunung Pesagi rogoh di Sekala Berak, Sangon kok turun temurun jak ninik puyang paija, Cambai urai ti usung dilom adat pusako".

Terjemahannya berarti "Adat Lembaga yang digunakan ini berasal dari Belasa Kepampang (Nangka Bercabang, Sezaman dengan ranah pagaruyung pemerintah bundo kandung di Minang Kabau, Naik di Gunung Pesagi turun di Sekala Berak, Memang sudah turun temurun dari nenek moyang dahulu, Sirih pinang dibawa di dalam adat pusaka, Kalau tidak pandai tata tertib tanda tidak berbangsa".


Sumber: wikipedia



-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #79   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mengenal Suku-Suku Bangsa di Indonesia

Suku Konjo Pesisir

Suku Konjo sebagian besar tinggal di Kabupaten Bulukumba, kurang lebih 209 km dari Kota Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan. Suku Konjo mendiami 4 Kecamatan (Kecamatan Bontotiro, Kecamatan Kajang, Kecamatan Bontobahari dan Kecamatan Herlang), yang kesemuanya berada di wilayah bagian Timur Kabupaten Bulukumba.

Orang Konjo membangun kapal layar pinisi yang biasanya dikira dibuat oleh suku Bugis dan suku Makassar.

Nama lain suku ini adalah Kajang - merupakan perkampungan tradisional khas suku Konjo. Di daerah ini terdapat hutan lindung yang memasuki tempat sakral ini, para pelancong atau pendatang yang akan masuk ke wilayah ini harus memakai pakaian serba hitam. Selain di Bulukumba Suku Konjo juga mendiami wilayah Kabupaten Sinjai (yang berbatasan dengan Kabupaten Bulukumba bagian Utara) dan Kabupaten Barru (beberapa Desa di Kecamatan Pujananting).


Sumber: [notranslate]Wikipedia[/notranslate]



-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #80   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Mengenal Suku-Suku Bangsa di Indonesia

Suku Kubu



Suku Kubu atau juga dikenal dengan Suku Anak Dalam atau Orang Rimba adalah salah satu suku bangsa minoritas yang hidup di Pulau Sumatra, tepatnya di Provinsi Jambi dan Sumatra Selatan. Mereka mayoritas hidup di propinsi Jambi, dengan perkiraan jumlah populasi sekitar 200.000 orang.

Menurut tradisi lisan suku Anak Dalam merupakan orang Maalau Sesat, yang m lari ke hutan rimba di sekitar Air Hitam, Taman Nasional Bukit Duabelas. Mereka kemudian dinamakan Moyang Segayo. Tradisi lain menyebutkan mereka berasal dari Pagaruyung, yang mengungsi ke Jambi. Ini diperkuat kenyataan adat suku Anak Dalam punya kesamaan bahasa dan adat dengan suku Minangkabau, seperti sistem matrilineal.

Secara garis besar di Jambi mereka hidup di 3 wilayah ekologis yang berbeda, yaitu Orang Kubu yang di utara Provinsi Jambi (sekitaran Taman Nasional Bukit 30), Taman Nasional Bukit 12, dan wilayah selatan Provinsi Jambi (sepanjang jalan lintas Sumatra). Mereka hidup secara nomaden dan mendasarkan hidupnya pada berburu dan meramu, walaupun banyak dari mereka sekarang telah memiliki lahan karet dan pertanian lainnya.

Kehidupan mereka sangat mengenaskan seiring dengan hilangnya sumber daya hutan yang ada di Jambi dan Sumatra Selatan, dan proses-proses marginalisasi yang dilakukan oleh pemerintah dan suku bangsa dominan (Orang Melayu) yang ada di Jambi dan Sumatra Selatan.

Mayoritas suku kubu menganut kepercayaan animisme, tetapi ada juga beberapa puluh keluarga suku kubu yang pindah ke agama Islam.



Sumber:
[notranslate]Wikipedia[/notranslate]




-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Suku-Suku Berbudaya Mistis paling Kuat di Dunia Megha Misteri & Supranatural 12
[Budaya] Suku bangsa Indian : Cree uRaN Sejarah & Budaya 1
[Budaya] Ritual Kedewasaan Suku-Suku Terpencil Yang Mengerikan Megha Sejarah & Budaya 12
Soal Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia Gia_Viana SMP/MTs Kelas 8 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.