Memperbaiki backlight ( Lampu )LCD yang Mati Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Komputer

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Memperbaiki backlight ( Lampu )LCD yang Mati

Setelah sebelumnya saya post tentang Mengecek dan Memperbaiki Dead Pixel Monitor LCD maka kali ini akan saya post tentang bagaimana cara memperbaiki Lampu LCD yang Mati. berikut tutorialnya :




Sekarang ini sudah mulai banyak orang yang beralih menggunakan monitor jenis LCD bahkan sekarang sudah ada teknologi baru yaitu monitor LCD dengan menggunakan LED sebagai backlight nya sehingga menciptakan gambar yang benar benar tajam.

Kerusakan pada monitor umumnya sering terjadi pada blok regulator. Pada blok ini di masing masing merk memiliki tegangan output masing masing. Untuk monitor LCD yang tidak bermerk (tidak terkenal) biasanya hanya menggunakan tegangan 5volt saja, namun untuk merk lain biasanya ada dua buah tegangan yaitu 5volt dan 12volt.

Yang sering saya temui adalah kerusakan monitor di bagian regulator atau sering disebut power supply. Jika pada bagian ini rusak, maka hal yang akan timbul adalah monitor seolah mati total padahal mungkin yang mati hanya regulator yang menyuplai tegangan ke rangkaian backlight.

Tegangan untuk main board dari monitor itu sendiri adalah 5volt selain tegangan itu biasanya adalah tegangan untuk backlight. Jika pada saat kamu menyalakan monitor tapi tidak muncul sama sekali gambar, jangan langsung memvonis mati total. Cek apakah lampu power indikator menyala. Jika menyala maka ada kemungkinan yang mati hanyalah backlight nya saja. Tapi jika lampu indikator menyala tidak wajar atau remang remang maka yang patut kita curigai adalah elco regulator yang kemungkinan sudah berubah nilai.

http://www.youtube.com/v/HGrb7kpsv8M...embedded&versi

Saran saya jika anda kebingungan untuk memperbaiki rangkaian regulator karena saking rumitnya, dan tidak ingin keluar biaya banyak, kamu bisa mengganti rangkaian regulator monitor kamu dengan rangkaian regulator DVD player asalkan tegangan yang terpasang ke mainboard dan backlight sama.

Semoga pengalaman saya bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah terhadap monitor LCD.



anak_dumai
Mod

Post: 4.855
 
Reputasi: 136

__________________
Killer-Banned

 

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Mau tau ga penyebab mati lampu?? lelly Humor 35


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.