Adu Irit Konsumsi BBM Honda Mobilio dengan Grand New Veloz

allodie

New member
Perbandingan Konsumsi BBM Honda Mobilio Melawan Gran New Veloz - PT Toyota Astra Motor, sebagai agen pemegang merek Toyota di Indonesia, melakukan pembaruan pada Toyota Avanza, pertengahan Agustus silam. Sebagai pembeda dari generasi sebelumnya, nama Avanza diberi embel-embel Grand New, dan diberikan desain eksterior dan penambahan fitur interior. Melengkapinya, Toyota bahkan memberi teknologi mesin Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligent) ke dalam jantung mekanis Avanza. Tujuannya, membuat mesin semakin efisien dan ramah lingkungan.

Sistem Dual VVT-i Grand New Veloz terdapat pada kepala silinder dan merupakan mekanisme pengatur waktu bukaan katup pada mesin. Dengan penerapan VVT-i, waktu bukaan katup (valve timing) bisa disesuaikan kebutuhan mesin. Sistem ini awalnya diaplikasi pada katup masuk (intake) saja yang melahirkan tenologi VVT-i. Seiring perkembangan teknologinya, katup buang (exhaust) pun juga ikut dikontrol, sehingga lahirlah Dual VVT-i.



Dengan mengatur waktu bukaan katup masuk dan buang, pengontrolan udara masuk, maupun gas buang pada segala kondisi kerja mesin jauh lebih baik. Misal pada saat start, pengaturan dimaksimalkan agar mesin segera mendapat suhu ideal. Keuntungannya, tenaga dan torsi mesin segera tersedia. Pun demikian, suhu catalytic converter juga lebih cepat panas sehingga mampu bekerja maksimal menyaring gas buang agar hasilnya lebih ramah lingkungan.

Saat mesin sudah mencapai suhu kerja, pengaturan waktu bukaan katup bisa disesuaikan dengan putaran mesin. Setelannya tentu berbeda saat harus bekerja dalam kondisi macet atau saat berlari dengan putaran mesin tinggi pada jalan bebas hambatan.

sumber: autocarindonesia.com
 
Back
Top