KONDISI ENDOMETRIUM HIPERPLASIA

lawliet12f

New member
Hiperplasia endometrium adalah pertumbuhan berlebih dari lapisan rahim (endometrium) yang dapat berkembang atau hidup berdampingan dengan endometrium (rahim) kanker.

APA PENYEBAB ENDOMETRIUM HIPERPLASIA?
Estrogen dan progesteron adalah hormon yang disekresi oleh ovarium yang mengontrol pertumbuhan dan penumpahan lapisan rahim. Estrogen menyebabkan pertumbuhan lapisan rahim dan progesteron mengimbangi pertumbuhan ini. Jangka panjang produksi dilawan estrogen menyebabkan pertumbuhan berlebih dari dinding rahim dan menyebabkan hiperplasia endometrium.

APA FAKTOR RISIKO UNTUK ENDOMETRIUM HIPERPLASIA?
  • Kegemukan
  • Sindrom ovarium polikistik
  • Terapi estrogen tanpa progesteron
  • Estrogen-mensekresi tumor ovarium
APA BERBAGAI JENIS ENDOMETRIUM HIPERPLASIA?
Jenis hiperplasia berbeda berdasarkan karakteristik sel-sel yang ditemukan dalam sampel biopsi. Hal ini penting untuk mengidentifikasi jenis karena beberapa pasien akan memiliki risiko yang signifikan dari kanker hidup berdampingan rahim.

  • Sederhana tanpa atypia: Satu persen risiko kanker rahim.
  • Kompleks tanpa atypia: Tiga persen risiko kanker rahim.
  • Sederhana dengan atypia: risiko Delapan persen dari kanker rahim.
  • Kompleks dengan atypia: Jenis yang paling signifikan dari hiperplasia endometrium. Dua puluh sembilan persen kasus berkembang menjadi kanker rahim dan 17 untuk 59 persen dari kasus memiliki kanker rahim hidup berdampingan.
GEJALA
Hiperplasia endometrium biasanya menyebabkan perdarahan uterus abnormal dan paling sering terjadi pada wanita pasca-menopause.

DIAGNOSA
Wanita dengan perdarahan abnormal harus dievaluasi dengan USG panggul. Pada wanita pasca-menopause, USG digunakan untuk menilai ketebalan lapisan. Lapisan ketebalan lebih besar dari empat mm yang mencurigakan untuk hiperplasia atau keganasan. Biopsi dari lapisan rahim adalah tes definitif untuk diagnosis hiperplasia. Biopsi dapat dilakukan di kantor atau di ruang operasi dengan menggunakan anestesi.

  • Kantor biopsi tanpa histeroskopi: Ini adalah biopsi buta. Sebuah tabung plastik tipis dimasukkan ke dalam rahim, dan sampel kecil dari lapisan diperoleh. Prosedur ini dilakukan tanpa anestesi dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan. Dalam beberapa kasus, jumlah yang cukup sampel tidak dapat diperoleh, dan prosedur yang berbeda perlu dilakukan. Manfaat dari prosedur ini adalah bahwa hal itu sangat cepat dan tidak memerlukan persiapan atau peralatan khusus.
  • Kantor biopsi dengan histeroskopi melibatkan kamera tipis dipandu ke dalam rongga rahim dan biopsi kecil diperoleh. Mati rasa injeksi leher rahim digunakan untuk mengurangi ketidaknyamanan. Manfaat dari prosedur ini adalah bahwa seluruh rongga divisualisasikan dengan kamera dan kemungkinan sampel cukup kurang dari dengan biopsi buta. Prosedur ini tidak memerlukan peralatan khusus dan mungkin memerlukan pra-obat untuk mengurangi ketidaknyamanan.
  • Histeroskopi, D & C dilakukan di ruang operasi di bawah anestesi. Sebuah mengikis lapisan rahim (kuretase) dilakukan dengan alat khusus. Karena ketidaknyamanan ini tidak menjadi masalah, sebagian besar lapisan menebal dapat dihapus dan sampel besar dari lapisan yang diperoleh untuk analisis.
PENGOBATAN
Pilihan pengobatan untuk hiperplasia endometrium tergantung pada jenis hiperplasia dan apakah pasien keinginan untuk melestarikan rahim untuk kesuburan. Histerektomi(pengangkatan rahim) direkomendasikan untuk pasien yang pasca-menopause atau pasien yang telah menyelesaikan subur.

APAKAH PENGOBATAN NON-BEDAH UNTUK BENIGN TANPA ATYPIA?
Terapi progesteron dapat digunakan untuk mengobati hiperplasia endometrium tanpa atypia. Oral progesteron, Depo Provera (injeksi) atau IUD (Intrauterine device) adalah semua pilihan pengobatan yang mungkin. Progesteron melawan efek estrogen dan menipiskan lapisan rahim. Endometrium pengambilan sampel setelah perlakuan progesteron harus digunakan untuk menilai resolusi. Resolusi hiperplasia terjadi pada hampir 80 persen kasus. Jika hiperplasia berlanjut atau atypia berkembang, histerektomi harus menjadi langkah berikutnya.

APAKAH PENGOBATAN NON-BEDAH UNTUK BENIGN DENGAN ATYPIA?
Jika biopsi jaringan diperoleh di kantor, D & C harus dilakukan untuk mengkonfirmasi adanya kanker sebelum mempertimbangkan pengobatan non-bedah. Dosis tinggi terapi progesteron oral (Megace) seharusnya hanya ditawarkan kepada wanita yang belum selesai melahirkan anak atau wanita yang tidak dapat menjalani operasi untuk alasan medis. Efek samping dari progesteron dosis tinggi meliputi peningkatan nafsu makan dan berat badan. Tiga bulan setelah memulai pengobatan, D & C dilakukan untuk mengevaluasi respon terhadap pengobatan. Jika hiperplasia masih ada, dosis progesteron meningkat dan lain D & C dilakukan dalam tiga bulan.

BAGAIMANA JIKA PROGESTERON PENGOBATAN TIDAK EFEKTIF?
hiperplasia persisten setelah perawatan selama sembilan bulan dianggap gagal pengobatan dan histerektomi harus dipertimbangkan.

BAGAIMANA JIKA PROGESTERON PENGOBATAN IS EFEKTIF?
Jika hiperplasia menyelesaikan, pasien harus melanjutkan dengan subur sesegera mungkin. Jika subur tertunda, terapi pemeliharaan progesteron dan biopsi endometrium setiap enam sampai 12 bulan dianjurkan.

APAKAH PENGOBATAN BEDAH UNTUK ENDOMETRIUM HIPERPLASIA DENGAN ATYPIA?
Histerektomi total (pengangkatan rahim dan leher rahim) adalah pengobatan pilihan untuk hiperplasia dengan atypia pada pasien yang telah menyelesaikan subur.histerektomi Supracervical sebaiknya tidak dilakukan karena sel-sel uterus abnormal dapat hadir dalam leher rahim.

Penghapusan tabung bilateral dan ovarium harus dilakukan pada wanita pasca-menopause. Lima persen wanita pasca-menopause dengan kanker rahim memiliki sel kanker pada ovarium. Sejak 17-59 persen dari hiperplasia kompleks dengan kasus atypia memiliki kanker hidup berdampingan, pengangkatan ovarium diperlukan.

Pada wanita pre-menopause, keputusan untuk menghapus ovarium pada saat histerektomi adalah lebih sulit. Dua puluh lima persen kanker rahim pada wanita pra-menopause memiliki sel kanker pada ovarium. Dalam beberapa kasus masuk akal untuk menghapus rahim saja dan menunggu patologi akhir untuk mengidentifikasi apakah rahim berisi kanker. Jika kanker ditemukan, operasi kedua akan diminta untuk menghapus ovarium.
 
Back
Top