Susu Kedelai untuk Penderita Autisme

chickenfighter

New member
Bila buah hati Anda menderita autisme ataupun alergi susu sapi, susu kedelai bisa menjadi pilihan. Di antara jenis kacang-kacangan, kedelai merupakan sumber protein, mineral, lemak, dan serat yang paling baik. Karena itu, susu kedelai bisa menggantikan susu sapi.

Susu kedelai memiliki banyak kandungan gizi yang tak kalah dengan susu hewani. Bahkan, berdasarkan berbagai penelitian ilmiah, terbukti bahwa susu kedelai mampu mengatasi penyakit kanker (usus, payudara, dan prostate), menurunkan kadar kolesterol, menghambat menopause, mencegah osteoporosis, dan mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Sebagaimana disebutka di atas, susu kedelai bisa menjadi alternatif sumber protein bagi anak penderita autisme. Autisme adalah gangguan perkembangan yang terjadi pada masa anak-anak, sehingga membuat seseorang tidak mampu mengadakan interaksi sosial dan seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri.

Penderita autisme sebaiknya tidak mengkosumsi makanan yang mengandung kasein (protein susu) dan glutein (protein tepung). Selain sulit dicerna, makanan yang mengandung kedua jenis protein tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi otak. Jika dikonsumsi perilaku penderita autisme akan menjadi lebih hiperaktif.

Sumber Kasein berasal dari susu hewani (susu sapi) serta berbagai macam produknya, seperti keju dan krim. Bagi penderita autisme, susu sapi dapat diganti dengan susu kedelai, karena tidak mengandung kasein dan glutein. Dengan demikian, para penderita autisme tetap memperoleh masukan protein, vitamin, dan mineral yang cukup.

Khusus untuk balita, susu kedelai sebaiknya diberikan setelah anak berumur di atas satu tahun. Porsinya cukup 250-500 ml atau 1–2 gelas perhari. Dua gelas susu kedelai mampu memasok 30% kebutuhan protein perhari bagi balita. Susu kedelai dapat diberikan setelah atau sebelum makan, tergantung kebiasaan dan selera anak.
(Sehatsukses/dila)
 
emmm kayaknya masih lebih baek susu kedelai tapi klo susu kacang ijo lebih enak dari susu kedelai apalagi susu kacang goreng wah paling ga enak tuh
 
pada prinsipnya diet autisme Diet bebas gluten dan casein (Gluten free, casein free) Diet ini dengan cara menghindarkan semua produk yang mengandung gluten seperti biskuit, mi, roti, kue, makaroni, spageti, cake atau makanan kemasan lain dari terigu. Sedangkan casein diperoleh dari makanan atau minuman yang mengandung susu sapi, seperti keju, mozarella, butter, atau permen, mentega dan yogurt.tujuannya untuk tidak merangsang sel otak tidak aktif (jangan berikan makanan yang dapat merangsang sel otak

Kandungan Gizi Susu Kedelai dan Susu Sapi per 100 Gram

Energi (kalori) Susu Kedelai 44 Susu Sapi 59
Air (g) Susu Kedelai 90,8 Susu Sapi 88,5
Protein (g) Susu Kedelai 3,6 Susu Sapi 3,2
Lemak (g) Susu Kedelai 2,0 Susu Sapi 3,5
Karbohidrat (g) Susu Kedelai 2,9 Susu Sapi 4,5
Kalsium (mg) Susu Kedelai 15 Susu Sapi 100
Fosfor (mg) Susu Kedelai 49 Susu Sapi 90
Besi (mg) Susu Kedelai 1,2 Susu Sapi 0,1
Vitamin B1 (mg) Susu Kedelai 0,03 Susu Sapi 0,04
Vitamin B2 (mg) Susu Kedelai 0,02 Susu Sapi 0,15
Niacin (mg) Susu Kedelai 0,50 Susu Sapi 0,20
Kolesterol (mg) Susu Kedelai 0 Susu Sapi 9,24 - 9,90
Asam Lemak (mg) Susu Kedelai 40 - 48 Susu Sapi 60 - 70
 
Lemak (g) Susu Kedelai 2,0 Susu Sapi 3,5
jadi gak bikin ndut

Karbohidrat (g) Susu Kedelai 2,9 Susu Sapi 4,5
gak kenyang donk

Kalsium (mg) Susu Kedelai 15 Susu Sapi 100
ga bikin tulang kuat....sungguh ironis

Fosfor (mg) Susu Kedelai 49 Susu Sapi 90
gak tau artinya........

Vitamin B1 (mg) Susu Kedelai 0,03 Susu Sapi 0,04
Vitamin B2 (mg) Susu Kedelai 0,02 Susu Sapi 0,15
kurang bervitamin ya?

Kolesterol (mg) Susu Kedelai 0 Susu Sapi 9,24 - 9,90
cocok banget buat penderita diabetes

Asam Lemak (mg) Susu Kedelai 40 - 48 Susu Sapi 60 - 70
gak tau artinya




wah makasih tante her
 
Fosfor merupakan zat penting dari semua jaringan tubuh. Fosfor penting untuk fungsi otot dan sel-sel darah merah, pembentukan adenosine trifosfat (ATP) dan 2,3-difosfogliserat (DPG), dan pemeliharaan keseimbangan asam-basa, juga untuk sistem saraf dan perantara metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Kadar normal serum fosfor berkisar 2,5 dan 4,5 mg/dl dan dapat setinggi 6 mg/dl pada bayi dan anak-anak. Fosfor merupakan anion utama dalam cairan intraseluler. Sekitar 85% fosfor terletak dalam tulang dan gigi, 14% dalam jaringan lunak, dan kurang dari 1% dalam cairan ekstraseluler.
 
tp gw pernah minum susu kedelai rasanya agak gk enak....campur coklat baru enak x ya ato stroberi?
 
tp gw pernah minum susu kedelai rasanya agak gk enak....campur coklat baru enak x ya ato stroberi?

memang rasa susu kedelai bau langu atau bau kacang, rasa pahit
dan rasa seperti kapur.
susu Kedelai juga mengandung sejenis oligosakarida
yang tidak bisa dicerna oleh tubuh dan dapat menyebabkan flatulensi
(perut kembung). Selain itu kedelai juga mengandung antinutrisi
(antitripsin, fitat, saponin, hemaglutinin), yang membatasi kapasitas protein untuk diserap oleh tubuh. Untunglah senyawa-senyawa tersebut mudah diatasi dengan proses perendaman, perebusan atau fermentasi, sehingga aman untuk dikonsumsi manusia.
 
Back
Top