TIPS mudik

andy_baex

New member
Mudik atau pulang kampung saat libur panjang terutama saat hari raya Idul Fitri selalu punya arti tersendiri bagi kita, selain bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman yang telah lama tidak berjumpa, mudik juga merupakan sarana untuk mengekspresikan keberadaan diri kita.

Sebagai rider, pecinta sepeda motor mudik dengan mengendarai sepeda motor secara bersama-sama atau sendiri pasti menambah menambah kesan yang berbeda.

Tapi tahukah anda bahwa perjalanan jauh dengan mengendarai sepeda motor perlu persiapan dan trik khusus, Tentu kita tidak ingin perjalanan yang seharusnya dapat kita nikmati menjadi sangat menyedihkan karena kondisi kesehatan fisik atau motor kita ??

Nah berikut adalah tips yang bisa bro pakai untuk melakukan mudik dengan sepeda motor.

PERTAMA

Mempersiapkan diri Ketika bro semua menyiapkan diri untuk riding, Maka semua hal yang tidak berhubungan dengan riding harus dibuang, sifat agresif, stress akibat tekanan pekerjaan, ataupun masalah-masalah lainnya, dengan begitu bro semua dapat menyiapkan diri lebih santai dan rileks serta safely.

Fisik,
Pastikan kondisi tubuh kita benar-benar fit, baik pengendara maupun penumpang, karena mudik biasanya dilakukan pada saat Ramadhan, hitung kembali waktu untuk memulai perjalanan anda, sehingga anda merasa benar benar fit.

Feeling well, riding well !!,
Adalah penting bagi anda untuk selalu berkonsentrasi selama mengendarai
sepeda motor, jika pikiran anda mulai memikirakan sesuatu yg tidak berhubungan dengan roding anda, anda mungkina akan telambat untuk bereaksi yang diperlukan untuk mencegah kecelakaan.

Helm,
Gunakan helm yang telah memenuhi standard, serta menutupi seluruh wajah anda, pastikan kaca helm anda cukup jernih untuk melihat dimalam hari jika anda melakukan perjalanan mudik di malam hari.Check list helm, sebaiknya tidak digunakan helm yang telah berusia lebih dari 5 tahun.

Sepatu,
Selain berfungsi untuk menahan panas dari mesin motor, sepatu juga melindungi anda dari udara buruk disekitar anda, pastikan juga sepatu anda cukup nyaman untuk memindahkan transmisi motor.

Pakaian,
Gunakan pakaian yang tepat untuk mengendarai sepeda motor jarak jauh, pakaian yang tepat akan melindungi anda dan mengurangi resiko kerusakan fisik akibat kecelakaan.

Sebaiknya pakaian yang digunakan dapat menyerap keringat bila perjalanan siang hari dan memberikan rasa hangat bila menempuh perjalanan malam hari. Gunakan juga celana berbahan jeans karena jika anda menggunakan celana yg berbahan biasa, kibasan angin akan cukup mengganggu.

Sarung Tangan,
Gunakan sarung tangan yang menutupi seluruh tangan untuk menghindari dari cuaca panas siang hari dan udara dingin pada malam hari.

Jaket,
Gunakan Jaket yang pas dengan ukuran dan nyaman

Jas Hujan,
Sebaiknya memilih Jas Hujan dengan model baju & celana.

Dan tentu saja, Obat-obatan P3K dan multi vitamin, anda juga sebaiknya membawa tas untuk menyimpan perlengkapan pribadi lainnya misalnya : oleh-oleh


KEDUA

Begitu banyak kemungkinan buruk yang dapat terjadi di jalan raya, dan tentu kita tidak ingin menjadi salah satunya untuk itu persiapkan sepeda motor kita sebaik-baiknya, selain pemeriksaan dan perawatan yang teratur lakukan juga hal dibawah ini :

Lakukan Tune&Up dan pengecekan motor secara keseluruhan untuk memastikan kondisi motor dalam keadaan fit.

Bahan Bakar, pastikan kondisi bahan bakar anda penuh dan cukup menempuh jarak ke Pompa Bensin berikutnya.

Ban, periksa keausan dan tekanan angin. Waspadalah ( pinjam istilah bang Napi neeh ) karena ban memberikan merupakan salah satu bagian terpenting dalam keamanan selama berkendara.

Rem, periksa dengan seksama fungsi dan keausan dari rem.

Kopling (untuk motor berkopling), untuk mengetahui kelayakan pelat kopling, tak perlu bongkar-bongkar. Cara cepat dan mudah, masukkan gigi paling tinggi lalu lepas kopling pelan-pelan. Kalau motor mati berarti pelat kopling masih tebel. Tapi kalau motor bergerak perlu mengganti dengan pelat kopling baru.

Oli, pastikan menggunakan oli yang masih segar dan permukaan oli sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

Busi, periksa kondisi busi.

Lampu-lampu, pastikan bahwa lampu sein, lampu berhenti, dan lampu utama berfungsi dengan baik.

Rantai, pastikan kondisi rante dalam keadaan baik dan layak dan dalam keadaan terlumasi.

Klakson, pastikan klakson berfungsi dengan baik.

Kaca Spion, pastikan dapat berfungsi dan digunakan selama berkendara, sebaiknya gunakan kaca spion standar.

Cadangan spare parts, siapkan spare part penting seperti : Sekring, Ban dalam, Busi, Tali Gas, Sambungan Rante, Tali Kopling (motor berkopling) dan kunci-kunci.

KETIGA

Ini adalah fase terpenting mudik anda, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan :
- Patuhi aturan lalu-lintas, untuk hal yang satu ini, tidak perlu dijelaskan lagi. Lihat sekitar anda, tidak selalu sesama pengguna jalan melihat anda, untuk itu anda yang harus memiliki inisiatip melihat sekitar anda, ingat :a Good rider is always looking for trouble. Saat melihat sekitar anda, perhatikan juga resiko adanya kemungkinan bahaya yang muncul seperti : permukaan jalan yang licin, lubang, posisi kendaraan anda diantara kendaraan lainnya atau apapun juga yang membahayakan anda.

- Head checks, sepeda motor juga memiliki area blind spot, untuk itu biasakan anda menolehkan kepala anda kearah mana anda akan menikung atau memutar, jangan andalkan spion !

- Jaga Jarak anda dengan kendaraan lainnya, jarak yang tepat memberikan kesempatan lebih banyak buat anda untuk bereaksi lebih baik.

- Teknik mengerem, Atur jarak pengereman, dan gunakan selalu pengereman dengan menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan untuk menghindari Slip. Menggunakan teknik pengereman rem depan dan belakang bersamaan dilanjutkan dengan menggunakan Enginee Brake (menurunkan persnelling) sangat dianjurkan untuk memperpendek jarak pengereman.

- Perjalanan Malam Hari. Yang terutama dalam perjalanan malam hari, adalah anda harus dapat cukup melihat dan harus juga cukup terlihat. Jika lampu utama anda putus atau mati, gunakan sistim penerangan lainnya yang dapat digunakan pada kesempatan pertama, seperti lampu sein.

Ikuti lampu mobil didepan anda sebagai petunjuk kondisi jalan.Jangan gunakan kaca helm yang tergores, karena akan memberikan bayangan yang kabur, jika anda tidak pasti kondisi jalan kurangi kecepatan.

- Kondisi jalan basah dan licin. Jangan melakukan pengereman mendadak (locking brakes). Hindari menggunakan pengeremen dengan Rem Belakang karena akan membuat motor slip dan jatuh.

- Kurangi Kecepatan, Kita semua tahu bahwa ada makin sedikit daya cengkeram kalau jalan basah. Turunkan kedua kaki untuk menahan kendaraan jika slip masih terjadi walaupun sudah menggunakan teknik pengereman yang benar.

PENUMPANG

Membawa penumpang bisa mempengaruhi cara sepeda motor dikemudikan. Beban berat lebih akan menyulitkan dan mengurangi kemampuan kecepatan. Lebih banyak ruang dan waktu akan diperlukan. Juga mungkin bertambahnya jarak pengereman. Stabilitas mungkin akan juga berpengaruh.

Beberapa cara membawa penumpang. Atur kekerasan shockbreaker dan tekanan angin ban menurut buku petunjuk. Pastikan penumpang memakai pakaian yang cocok. Jaga dgn baik kaki di tanah maupun di rem ketika penumpang naik.

Hindari mengebut dan rem mendadak, khususnya dengan penumpang yang tidak berpengalaman.

Sementara itu penumpang sebaiknya:
- Memeluk pinggang atau pinggul pengemudi
- Menjaga kaki agar tetap di injakan kaki setiap kali berhenti.
- Penumpang hanya melihat dari balik bahu pengemudi tiap arah belokan.
- Tidak duduk bersandar atau tengak tengok dan tidak membuat gerakan mendadak yang mungkin mempengaruhi stabilitas.
- Waktu meghadapi macet, pegang dan tahan pegangan ( percepatan mendadak sebaiknya dihindarkan).

KONDISI DITIKUNGAN & JARAK PANDANG TERBATAS

SANGAT BERBAHAYA mendahului ditingkungan atau pada kondisi terbatasnya Jarak Pandang karena cuaca, kabut dan lain-lain, Kurangi kecepatan dengan menggunakan teknik pengereman yang benar. Miringkan sedikit badan pada saat menikung untuk menambah daya cengkeram Ban terhadap Jalan.

Letih.
Mengendari sepeda motor akan membuat badan kita letih, jika anda merasa letih tetapi tetap memaksakan perjalanan anda, maka anda akan kehilangan daya konsentrasi dan refleks anda, beberapa gejala fisik yang menunjukan anda mengalami keletihan adalah :
- Merasa kaku dan pegal, biasanya pada jarijari,persendia ataupun lutut.
- Susah untuk berkonsentrasi dalam mengendalikan sepeda motor.
- Mata pegal dan mengantuk.

Jika anda mengalami gejala keletihan, segeralah beristirahat.

Selamat mudik, kami tunggu kopdar anda bersama kami kembali.
 
Harus mudik dengan cara yang aman bre, seperti naik kereta api. Tapi sayangnya sudah ludes tiketnya kemarin.
 
Back
Top