Google doodles Today
 
Go Back   Home > Umum & Tidak Masuk Kategori Lain

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Google doodles Today

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #321   Report Post  

Re: Google doodles Today

Google Doodle Hari Ini Peringati Hari Sumpah Pemuda


Halaman utama Google hari ini, Jumat (28/10/2016) tampil beda. Logo Google kali ini dihiasi ilustrasi enam pemuda dan pemudi dari beragam suku di Indonesia, antara lain mengenakan baju adat Jawa, Bali, dan Betawi.

Keenam orang digambarkan sedang membacakan kalimat "Satu Tanah Air", "Satu Bangsa", dan "Satu Bahasa" yang muncul bergantian di bagian atas doodle.

Setiap kalimat tersebut merujuk pada ikrar yang diucapkan oleh pemuda dari berbagai suku bangsa Indonesia pada momen Sumpah Pemuda di masa lalu.

Ya, Google Doodle hari ini merupakan persembahan terhadap peringatan Sumpah Pemuda ke 88. Hari Sumpah Pemuda sendiri diikrarkan pada 28 Oktober 1928 silam dan menjadi tonggak berdirinya Indonesia.

Dilansir KompasTekno dari Wikipedia, Sumpah Pemuda merupakan keputusan yang diambil dalam Kongres Pemuda Kedua. Isinya menegaskan pengakuan dan cita-cita akan adanya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan berbahasa Indonesia.

Pada saat terjadinya, ikrar bersama itu berlum dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Istilah Sumpah Pemuda justru baru digunakan pasca kongres selesai. Berikut ini, selengkapnya isi Sumpah Pemuda berdasarkan putusan kongress tersebut.

1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
2. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia
3. Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia

~kompas
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 71.280
 
Reputasi: 1792

Loading...
       





Reply With Quote     #322   Report Post  

Re: Google doodles Today

Hari Ibu Diperingati Google dengan Doodle Sepatu


Mesin pencarian Google menampilkan doodle unik hari ini, Kamis (22/12/2016). Tampak dua pasang sepatu, satu berukuran besar dan satu lagi berukuran kecil. Seperti sepatu seorang ibu dan putra/putrinya.

Doodle tersebut tak lain untuk memperingati "Hari Ibu", sebagaimana pantauan KompasTekno. Di Indonesia, hari spesial bagi perempuan tersebut diperingati secara nasional.

Tanggal 22 Desember sendiri ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno di bawah Dekret Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia.

Sementara itu, di negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, Jerman, Italia, dan Jepang, Hari Ibu diperingati pada Minggu kedua bulan Mei.

Mulanya, Hari Ibu dirayakan dengan membebastugaskan sang ibu dari berbagai tugas domestik. Selama satu hari, masyarakat diajak merenungkan betapa besar peran seorang ibu untuk anak, suami, dan lingkungan sosialnya.

Lalu seiring perkembangan zaman, perayaan Hari Ibu telah banyak dimodifikasi. Ada yang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara serta kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Pada dasarnya, esensi hari ibu tak jauh-jauh dari penghargaan pada sosok ibu dan kaum perempuan pada umumnya.

spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 71.280
 
Reputasi: 1792






Reply With Quote     #323   Report Post  

Re: Google doodles Today



Hari Ini dalam Sejarah: Penemu Bola Lampu Pijar, Thomas Alva Edison, Meninggal Dunia

Hari ini 89 tahun lalu, tepatnya 18 Oktober 1931, Thomas Alva Edison meninggal dunia.

Seperti diketahui, Thomas Alva Edison merupakan salah seorang penemu yang paling produktif sepanjang sejarah. Dia memberikan kontribusi besar bagi dunia berkat temuannya yakni lampu pijar, selain generator listrik, perekam suara, maupun film.

Edison meninggal dunia di West Orange, New Jersey, pada usia 84 tahun. Saar muda, Edison mengenyam pendidikan formal seperti kebanyakan orang Amerika saat itu.

Mengalami masalah pendengaran pada usia dini

Lahir di Milan, Ohio, pada 1847, Edison mengalami masalah pendengaran serius pada usia dini. Namun, hal itu justru memberikan motivasi bagi banyak penemuannya. Pada usia 16 tahun, ia mendapatkan pekerjaan sebagai operator telegraf dan mencurahkan pikirannya untuk memperbaiki sistem telegraf itu.

Pada 1876, Edison pindah ke laboratium dan toko mesin di Menlo Park. Eksperimen Edison dipandu oleh intuisinya yang luar biasa, tetapi dia juga berhati-hati untuk mempekerjakan asisten yang memberikan keahlian matematika dan teknis yang dia kurang. Di Menlo Park, ia masih menekuni pekerjaannya sebagai operator telegraf.

Edison akhirnya mampu menemukan salah satu penemuan besarnya, yaitu fonograf pada 1877, sambil mengerjakan cara untuk merekam komunikasi telepon. Setelah melakukan demonstrasi fonograf di depan publik, ia pun dijuluki sebagai Wizard of Menlo Park atau "Penyihir Menlo Park". Fonograf hanya satu dari deretan penemuannya yang mampu mengubah kehidupan pada akhir abad ke-19.

Penemuannya akan cara untuk merekam dan memutar ulang suara menempatkan namanya dalam sejarah.

Penemuan penting

Di antara penemuan-penemuannya yang penting adalah mengembangkan bola lampu pijar praktis pertama pada 1879. Edison juga menjadi pelopor kamera film dan proyektor pada akhir tahun 1880-an. Pada 1887, ia membuka laboratorium penelitian industri pertama di West Orange.

Laboratorium ini menjadi yang pertama di dunia dan mempekerjakan puluhan pekerja untuk mempelajari beberapa subjek. Namun, kontribusi terbesar Edison bagi dunia industri modern berasal dari pekerjaannya di bidang kelistrikan. Ia berhasil mengembangkan sistem distribusi listrik secara lengkap untuk cahaya dan listrik, mendirikan pembangkit listrik pertama di New York.

Tak hanya itu, ia juga sukses menemukan baterai alkaline, kereta api listrik pertama, dan sejumlah penemuan lain yang menjadi pondasi bagi dunia listrik modern. Dia terus bekerja hingga usia 80-an dan memperoleh 1.093 paten selama hidupnya.

Edison meninggal dunia di rumahnya, di New Jersey, pada 18 Oktober 1931.


spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 71.280
 
Reputasi: 1792

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 2
rohman_suratman
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.