Tempat Tempat wisata di kota bandung

anak_dumai

New member
Kawah Ratu – Gunung Tangkuban Parahu​

Salah satu tujuan utama di obyek wisata alam Gunung Tangkuban Parahu adalah Kawah Ratu. Obyek yang berjarak sekitar 30 km dari kota Bandung ini dapat ditempuh dengan mudah melalui jalur Bandung–Ledeng–Lembang (15 km) dan Lembang–Tangkuban Parahu (15 km).

Bagi pengguna kendaraan roda dua, ada jalur alternatif Bandung-Lembang yaitu melalui Dago dan Pagerwangi yang berjarak sekitar 5 km, tembus di La Oma Cafe dan Pasar Lembang. Jalan telah teraspal dengan baik, namun terdapat beberapa tikungan tajam nan curam. Asiknya kita akan menemukan pemandangan baru kota Bandung dari ketinggian.

DSC_2262.JPG


Dari Lembang, kita akan menempuh jarak sekitar 11 km ke arah Subang untuk mencapai gerbang utama obyek wisata. Untuk dapat masuk kawasan wisata, per orang akan dikenakan tarif Rp 12.500 dan Rp 9.000 untuk mobil, Rp 4.000 untuk sepeda motor, dan Rp 17.500 untuk bus. Setelah membeli karcis kita akan menempuh jarak 4 km untuk sampai kawah utama yaitu Kawah Ratu.

Di pelataran parkir, kita mungkin akan mendapati prasasti dengan relief seperti terlihat di dalam foto. Kira-kira cerita mengenai apa ya, apakah cerita mengenai Sangkuriang dan Dayang Sumbi ibunya?

DSC_2318.JPG


Foto berikut ini adalah pemandangan Kawah Ratu yang dilihat dari pelataran parkir dan dari sisi berlawanan. Sangat indah bukan? Meskipun kelihatannya kita dapat menuruni kawah namun sangat dilarang karena munculnya gas beracun sewaktu-waktu yang dapat membahayakan keselamatan.

DSC_2334.JPG


DSC_2403.JPG


Nah kalau sudah puas menikmati alam indah nan segar pegunungan, kita dapat belanja oleh-oleh khas Tangkuban Parahu seperti pakaian, boneka, aneka kerajinan tangan, jajanan seperti aneka gorengan dan ketan bakar, atau obat-obatan tradisional belerang untuk gatal-gatal dan akar kayu naga untuk rheumatik atau sakit gula.

DSC_2317.JPG


Akhirnya selamat menikmati wisata alam Gunung Tangkuban Parahu. Saya sendiri sudah berkali-kali datang ke tempat ini lho.

Kawah Domas – Gunung Tangkuban Parahu

Sekitar 1 km sejak meninggalkan gerbang utama obyek wisata alam Gunung Tangkuban Parahu, kita akan menemui parkiran pertama yang ramai oleh pengunjung. Ya .. para pengunjung hendak mengunjungi salah satu kawah Gunung Tangkuban Parahu yaitu Kawah Domas. Untuk menuju ke sana dari tempat ini, pengunjung harus jalan kaki sejauh 1.2 km.

Alternatif lain adalah dengan jalan kaki yang juga sejauh 1.2 km dari pelataran parkir obyek utama Kawah Ratu. Pengalaman saya bersama Om Yosi ke Kawah Domas adalah melalui jalan ini. Jalan menuju Kawah Domas sangat sepi, jarang sekali berpapasan dengan pengunjung lain, didominasi oleh jalan menurun. Pengunjung lebih suka melalui jalur pertama karena kondisi jalan relatif lebih datar.

P1010339.JPG


Tidak jauh dari pertemuan kedua jalur menuju Kawah Domas, kita akan sampai di warung yang menjual makanan, karya seni, dan juga telur ayam mentah bagi pengunjung yang ingin merebusnya di kawah. Sambil beristirahat kita dapat menikmati pemandangan kawah dari atas. Memandang jauh ke depan, kita dapat menikmati pemandangan kebuh teh di wilayah Kabupaten Subang.

P1010344.JPG


Yuk kita turun ke kawah sana. Rupanya banyak pengunjung yang mendatangi kawah berasap itu. Oh ternyata sebuah kawah kecil dengan semburan air panas. Di sinilah pengunjung dapat merebus telur ayam untuk kemudian dapat dinikmati di tempat. Asik ya ..

P1010064.JPG


P1010035.JPG


Nah jika kita sudah puas bermain di tengah kawah, kita dapat beristirahat di warung-warung makan di samping kawah, tentunya sambil menikmati pemandangan alam Kawah Domas, Gunung Tangkuban Parahu

P1010023.JPG


SUMBER : ayowisata.wordpress.com
 
Ciwidey dan Alam Bandung Selatan​


Ciwidey adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung. Ciwidey merupakan salah satu tujuan wisata utama di Bandung karena kekayaan wisata alamnya seperti Wisata Petik Strawberry, Kawah Putih Gunung Patuha, Bumi Perkemahan Ranca Upas, Penangkaran Rusa Ranca Upas, Pemandian Air Panas Walini, Kolam Renang Air Panas Cimanggu, Perkebunan Teh Ranca Bali, Perkebunan Teh Gambung, Telaga atau Situ Patengan.

Bandung%20Selatan%20-%20P101006507.jpg


:: Alam persawahan yang sangat indah di Bandung Selatan :

Bandung%20Selatan%20-%20P101006516.jpg

:: Perkebunan Strawberry, salah satu obyek wisata menarik di Bandung Selatan ::

Kawah%20Putih%20-%20P1010114.jpg

:: Indah pemandangan di jalan utama menuju berbagai obyek wisata Ciwidey :

Kawah%20Putih%20-%20P1010117.jpg

:: Asrinya alam pegunungan di Bandung Selatan ::

Catatan – Di Ciwidey juga terdapat jalan menuju obyek wisata Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, yang merupakan situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara.

Jalan Mendaki ke Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih adalah salah satu obyek wisata alam yang sangat terkenal di Bandung Selatan. Tidak hanya wisatawan dari luar Bandung, warga yang tinggal di Bandung pun barangkali akan sering berekreasi di tempat ini. Di Kawah Putih pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti hunting foto pemandangan yang luar biasa indah, berekreasi bersama keluarga, berfoto pre-wedding, atau aktivitas alam lainnya.

Kawah Putih berada sekitar 45 km di sebelah selatan Kota Bandung, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam karena rutinitas kemacetan yang terjadi di Kopo Sayati – Industri Ketapang – Pasar Tumpah Soreang khususnya pada hari Minggu. Namun kondisi ini bukanlah hambatan bagi para penikmat alam untuk berwisata di Kawah Putih. Sebelum sampai di Perkebunan Teh Ranca Bali, pengunjung akan sampai di lokasi obyek wisata Kawah Putih dengan gerbang yang cukup kas seperti terlihat di dalam foto.

Kawah%20Putih%20-%20P1010118.jpg


Sampai di sini, pengunjung yang berkendaraan roda dua dan mobil kecil sedang dapat meneruskan perjalanan menuju lokasi kawah yang berjarak 5 km. Untuk kendaraan besar seperti bus akan parkir di tempat parkir yang telah disediakan. Para pengunjung yang tidak (ingin) membawa kendaraan pribadi pun dapat naik mobil khusus dari lokasi parkir ini.

Kawah%20Putih%20-%20P1010121.jpg

:: Lokasi parkir di Kawah Putih dan tempat peristirahatan

Kawah%20Putih%20-%20P1010122.jpg

:: Pemandangan di kanan kiri jalan menuju Kawah Putih ::

Jalan menuju lokasi kawah tidak cukup lebar dengan beberapa titik tanjakan yang curam. Para pengendara diharapkan berhati-hati menyusuri jalan yang tidak 100% mulus, selain karena adanya beberapa belokan tajam menanjak. Mungkin akan terlihat mobil khusus penuh penumpang seringkali meraung-raung ketika memilih bagian jalan yang relatif baik dan menanjak. Mohon berhati-hati.

Kawah%20Putih%20-%20P1010126.jpg


Setengah perjalanan kemudian, pengunjung akan mulai mencium bau belerang yang cukup tajam. Aroma ini seringkali akan mengganggu sejuk segarnya udara pegunungan menuju lokasi kawah. Jika di antara pengunjung ada yang merasa alergi terhadap bau belerang, sebaiknya mempersiapkan diri dengan tisu penutup hidung. Selain di lokasi kawah bau belerang akan sangat akrab dengan para pengunjung.

Tidak lama kemudian pengunjung akan sampai di pelataran parkir yang cukup luas. Tempat ini persis bersebelahan dengan kawah, pengunjung tidak perlu khawatir harus berjalan menuruni atau mendaki jalan ke kawah. Hampir datar saja. Di sini pengunjung akan mudah menemukan beberapa warung makanan termasuk aneka minuman, aneka jajanan dan gorengan, mie rebus goreng, sampai jagung bakar. Juga terdapat tempat peristirahatan termasuk mushola dan kamar kecil serta area taman yang asri untuk menemani makan siang pengunjung.

Kawah%20Putih%20-%20P1010132.jpg

:: Tempat peristirahatan termasuk mushola dan kamar kecil ::

Kawah%20Putih%20-%20P1010133.jpg


Kawah%20Putih%20-%20P1010130.jpg


:: Lokasi parkir di samping kawah dengan beberapa warung makanan dan pemandangan sekitar ::
 
Pesona Kawah Putih Ciwidey​

Kawah Putih berada di puncak Gunung Patuha, Jawa Barat yang merupakan gunung berapi tipe stratovolcano yang memiliki ketinggian 2.434m di atas permukaan air laut. Kawah Putih merupakan salah satu kawah Gunung Patuha yang terletak di bagian timur laut (SE), selain kawah kering yang berada lebih tinggi di bagian barat daya (NW). Kawah Putih lebih menyerupai danau dangkal dengan airnya yang berwarna putih kehijauan.

Kawah%20Putih%20-%20P1010137.jpg

:: Mengintip Kawah Putih sesaat sebelum tiba di lokasi kawah ::

Kawah%20Putih%20-%20P1010142.jpg


Kawah%20Putih%20-%20P1010144.jpg


Kawah%20Putih%20-%20P1010147.jpg

:: Indah pemandangan di Kawah Putih Gunung Patuha
 
wedewwwwwwwwwwwwwww,sangat indah sekali aku paling suka tempat yang masih alami dan perawan yang belum terjamah tangan tangan jahil
 
Back
Top