Ujian Nasional 2011
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Ujian Nasional 2011

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Indonesia] Ujian Nasional 2011

Bocoran Soal UN via Facebook-twitter Beredar
Senin, 18 April 2011 10:31 WIB |

Bandung (ANTARA News) - Pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK di Kota Bandung, diwarnai oleh beredarnya kunci jawaban soal via jejaring sosial facebook dan twitter.

"Kunci jawaban via facebook dan twitter itu sudah ada sejak kemarin," kata salah seorang siswa kelas 3 IPA 4 SMA Negeri 3 Bandung Rachma, Senin.

Menurutnya, sore kemarin dirinya mendapatkan pesan singkat singkat berisi dari jawaban dari temannya.

"Terus saya tanya ke teman saya yang ngasih SMS bocoran soal, kamu tahu dari mana. Kan pelaksanaan UN nya belum. Teman saya bilang, bocoran UN itu didapatkan dari sumber terpercaya," kata Rachma.

Hal senada juga diutarakan rekan satu kelas Rachma, yakni Dhiyaa Putri.

"Kunci jawaban itu sudah nyebar di wall facebook kita-kita. Kita dikasih link kunci jawaban soal sama yang lain di wall Facebook kita," kata Dhiyaa.

Namun, meskipun bocoran kunci jawaban UN sudah tersebar kemarin, Rachma dan Dhiyaa tidak mempercayai hal tersebut. "Saya sih ngak percaya, soalnya guru tidak terlibat," ujar Dhiyaa.

Sementara itu, menyikapi merekanya bocoran kunci jawaban di Kota Bandung, Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda, mengimbau agar siswa tidak langsung percaya dengan adanya bocoran soal UN tersebut.

"Saya harap siswa tidak langsung percaya karena itu hanya sebagian dari sabotase sistem pendidikan supaya siswa goyah dan tidak percaya diri," kata Ayi Vivanda usi memantau pelaksanaan UN di SMAN 3 Bandung.
(*)


sumber: Antara


-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Ujian Nasional 2011

Ujian Nasional di Depok Diawasi CCTV
Selasa, 19 April 2011 | 06:55 WIB

TEMPO Interaktif, Depok - Anggota Komisi D Bidang Pendidikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Depok, Ernawati, mengatakan pelaksanaan ujian nasional di Depok pada tahun depan akan diawasi kamera pengintai atau closed-circuit television (CCTV).

"Mudah-mudahan tahun depan tidak hanya di ruang penyimpanan paket soal saja yang dipasangi CCTV, tetapi juga di setiap kelas di sekolah-sekolah," kata Ernawati saat meninjau pelaksanaan ujian nasional tingkat sekolah menengah atas di SMA Negeri 1 Depok, kemarin.

Menurutnya, pemasangan kamera CCTV ini untuk memperketat pengawasan ujian nasional. "Tahun ini," kata Ernawati, "kamera CCTV hanya dipasang di ruang penyimpanan paket soal."

Salah seorang panitia ujian nasional sub-rayon SMA Negeri 1 Depok, Achmadi, mengatakan tingkat pengawasan paket soal di Depok cukup tinggi. Pengawasan dilakukan oleh pihak Kepolisian Resor Depok, Dinas Pendidikan Kota Depok, dan Tim Pengawas Independen dari perguruan tinggi. "Paket soal hanya boleh dibuka jika disaksikan oleh tim pengawas, Dinas Pendidikan, dan kepolisian," ucapnya.

Adapun Dinas Pendidikan DKI Jakarta meluncurkan nomor pengaduan ujian nasional. Nomor hotline pengaduan yang disediakan adalah 083812112112. "Nomor ini terbuka untuk pengaduan dan juga layanan SMS selama 24 jam," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat meninjau pelaksanaan ujian nasional di SMA 109 Jakarta, kemarin.

Format yang harus dipatuhi dalam pengiriman pesan pendek adalah mengetik kata DISDIK dan tanda (*) sebelum isi pesan. Contohnya, DISDIK*Soal Bahasa Indonesia SMA Paket 97 untuk nomor 23 pilihan jawaban a dan e sama.

"Dengan layanan ini, diharapkan permasalahan yang terjadi selama penyelenggaraan ujian nasional segera dapat diketahui dan ditindaklanjuti," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto.

Sumber: Tempo



-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Ujian Nasional 2011

wah udah mulai ujian lagi
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.377
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Ujian Nasional 2011

Kecurangan UN
Dibekuk, Oknum Guru Edarkan Kunci Jawaban
K22-11 | Glori K. Wadrianto | Rabu, 27 April 2011 | 11:47 WIB


Oknum guru dan siswa dimintai keterangan di Mapolres Bone


BONE, KOMPAS.com — Seorang oknum guru SMP di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, MA, dan satu oknum guru honor, WA, diamankan di Mapolres Bone, Rabu (27/4/2011). Keduanya diamankan atas dugaan mengedarkan kunci jawaban Bahasa Inggris saat para siswa SMP tengah mengikuti UN dalam bentuk SMS.

Sebelum ditangkap, WA diketahui mengirimkan jawaban pada salah seorang siswa. Si siswa yang menerima SMS saat itu lantas berkerumun melihat kunci jawaban bersama peserta UN lain. Sial, aksi para siswa tersebut dilihat oleh polisi yang tengah bertugas, yang kemudian melacak pengirim SMS tersebut.

WA kemudian ditangkap saat bertugas mengawasi siswa di SMP Negeri 5 Watampone beserta barang bukti ponsel yang di dalamnya terdapat kunci jawaban. "WA mengaku mendapatkan kunci jawaban dari MA, yang merupakan guru Bahasa Inggris. Mereka juga mengajar di sekolah yang sama di Watampone," ungkap Kepala Polres Bone AKBP Zarialdi.

"Tunggu info selanjutnya karena prosesnya sementara berjalan, dan kami berharap agar para siswa jangan mengandalkan kunci jawaban," ungkap Zarialdi.

================

Ujian Nasional
Disdik Pasrah Soal Guru Pemberi Contekan
K22-11 | Glori K. Wadrianto | Rabu, 27 April 2011 | 16:11 WIB

BONE, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bone, Sulawesi Selatan, Taswin Arifin pasrah dan menyerahkan kasus oknum guru yang diduga mengedarkan kunci jawaban ke dalam proses hukum.

Menurut Taswin, ia belum bisa menentukan sikap apakah kedua oknum guru tersebut akan diberikan sanksi, ataupun pengulangan Ujian Nasional (UN) seperti yang terjadi dua tahun lalu di Bone.

"Kalau itu kunci jawaban hanya perkiraan dari oknum guru kami, maka tidak ada salahnya. Tetapi jika terbukti melakukan pembocoran rahasia negara, maka harus diproses secara hukum," ungkap Taswin, Rabu (27/4/2011).

Dia mengimbau kepada para siswa, agar tidak mudah percaya dengan kunci jawaban. Peserta pun diminta tidak membawa ponsel saat ujian, karena itu dapat mengganggu konsentrasi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Bone AKP Trihanto Nugroho mengatakan, hingga saat ini kedua oknum guru, masih dimintai keterangan. "Kami juga belum bisa memastikan masuk ke pidana atau tidak karena masih berproses, yang jelasnya penyelidikan masih tetap berjalan dan hingga saat ini anggota kami masih melakukan pemeriksaan," ungkap Tri.

Selain kedua oknum guru itu, polisi juga telah mengamankan dua orang siswa, berinisial IL dan KH, yang kedapatan menerima kunci jawaban dari oknum guru WA dan MA. Dari tangan kedua siswa itu, polisi juga mengamankan ponsel dan secarik kertas yang diduga berisi kunci jawaban.


sumber : kompas



-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Ujian Nasional 2011

ya ngak apa kali sama sama tahu aja antara guru dan murid
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.377
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Ujian Nasional 2011

setelah selesai UN para siswa SMP/SMU melakukan konvoi sepeda motor d sertai aksi corat coret baju. Ini budaya yang tak patut d pertahankan







spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 70.722
 
Reputasi: 1772






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Ujian Nasional 2011

ya tradisi seperti ini lagi
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.377
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Ujian Nasional 2011

ada2 aja yg suka bikin heboh ya....
nnatea
nnatea nnatea is offline
City Level

Post: 182
 
Reputasi: 0

__________________

Bali Accommodation





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Ujian Nasional 2011

hari ini pengumuman UN Nasional, bagaimana hasil dari adik adik kita untuk tahun ini?

semoga bertambah dari tahun lalu. . .. . . . ...

*aku dulu juga pernah corat coret dan sekarang baju itu pun masih ada, kenangan yang tak terlupakan. . . .
zoeratmand
zoeratmand zoeratmand is offline
Continent Level

Post: 6.485
 
Reputasi: 226

__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua





Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Ujian Nasional 2011

sebenarnya ya, kalau ada kecurangan dan lulus semua toh itu nantinya buat nama baik sekolah juga. Kebanyakan muna juga sekolah yang pake pasang cctv, dan pake nerima wartawan ngeliput pas ujian, nantinya kalau banyak siswa yang ketahuan n nyontek juga bakal nurunin kualitas n nama sekolah itu juga.

kalau aksi pas hari pengumuman. disini ada beberapa sekolah mungkin emang inisiatif, orangtuanya yang mengambil amplop surat kelulusan, jadi siswanya dilarang kesekolah, kalau ada gak boleh masuk pagar. Mungkin bagus juga, supaya mencegah aksi brutal corat-coret, sama tangisan/isak teriak yang menundang media untuk meliput bagi yang seketika itu gak lulus.
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.822
 
Reputasi: 374

__________________
Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.