Kenapa hanya adzan Maghrib & Subuh yang ditampilkan di TV ?

the-jama-masjid-in-old-delhi-the-largest-mosque-in-india-built-by-shah-jahan-delhi-india-photographic-print-c12893045.jpg



Apakah temen2 pernah tahu ; Kenapa hanya waktu sholat Maghrib & Subuh yang di tampilkan di TV?
Sedangkan waktu2 sholat lainnya spt Zuhur, Asar & Isya tidak ditampilkan? Sebenernya kalo agan pikir2 jawabannya tidak terlalu sulit...
Dibawah ini ada 5 alasan yang saya pikir kenapa ;


1. Waktu Maghrib & Subuh hanya sebentar. Sedangkan waktu lainnya mungkin memiliki paling tidak 3 jam ato lebih.
Indonesia kan negara dgn agama Islam terbanyak. Jadi harus dikasi tau tentunya warga Indonesia kapan sholat Maghrib dan Subuh.
Juga mungkin buat mereka yang rumahnya jauh dari mesjid supaya tahu udah waktunya Maghrib


2. Untuk mengingatkan mereka yang "lalai". Mungkin aja orang2 yang lalai sholat pas lagi ga ada kerjaan nonton tv jadi bisa melakukan sholat. Ato juga utk mereka yang baru belajar 'getol' sholat. Kalo ada di TV ato Radio, jadi lebih gampang kan buat mereka yang baru belajar rajin sholat? Dan mungkin buat mereka yang lagi nonton sinetron jadi tau deh waktunya Maghrib


3. Kita beralih ke Subuh. Kenapa Subuh juga ditayangkan di tv? jawabannya tak jauh berbeda dgn Maghrib, waktunya hanya sedikit.
Tapi ada sedikit tambahan disini. Untuk mereka yang ketiduran di depan tv, bagi orang yang pendengaran nya peka saat tidur mungkin akan terbangun ketika adzan Subuh dikumandangkan di TV, lalu melakukan sholat segera. Itung2 juga buat Alarm kita bangun subuh lalu melakukan aktifitas


4. Tentunya buat yang lagi Puasa... jadi tahu kan kapan waktu buka puasanya ketika lagi santai2 nonton tv nunggu adzan
Mayoritas orang skrg melihat waktu buka puasa lewat tv.
Kalo ga ada di tv, gimana nasib mereka yg jauh dari mesjid? Mungkin berkeliaran bertanya2 "udah buka puasa belum?". Dan yang paling PENTING, memberi tahu waktu Imsak pada saat sahur. Pasti orang2 liat waktu imsak lewat TV kan?


5. Andaikan bukan cuma Maghrib & Subuh yang dikumandangkan di TV, melainkan Zuhur, Asar, dan Isya juga? Stasiun TV akan kewalahan karena waktu tayang akan terpotong setiap adzan. Walau membantu warga Indonesia yang ingin tahu waktu Sholat, mungkin sedikit mengganggu juga bagi yang non muslim kalo begini jadinya



gimana? moga2 nambahin pengetahuan yang baca ini

Kalo ada salah ya maaf sebesar2nya...

sumber
 
Maaf.. menurut pengkajian saya sedikit berbeda.. (perbedaan pendapat itu wajar)

Karena didalam Al-Quran banyak sekali penjelasan tentang "Pagi dan Petang"
Pagi = Subuh. Petang = Magrib..
Perpisahan antara jarak cahaya timur dan barat sejauh-jauhnya..

Juga yang membedakan rakaat sholat adalah magrib dan subuh..
Subuh 2 rakaat, magrib 3 rakaat, sedangkan sholat fardhu lainnya? Dzhuhur, Ashar, dan Isya, 4 rakaat semua kan? sama kan? :)

nih ayat-ayat penjelas..
Al-An'am 52 "Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya dipagi dan petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaan-Nya....."

Al-A'raf 205 "Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, diwaktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai".

Hud 114 "Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam".

Al-Ra'd 15 "Hanya kepada Allah lah sujud (patuh) segala apa yang dilangit dan bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya diwaktu pagi dan petang hari".

Maryam 11 "Maka ia (Zakaria) keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu ia memberi isyarat kepada mereka; Hendaklah kamu bertasbih diwaktu pagi dan petang.".

Maryam 62 "Mereka (para penghuni surga 'Adn) tidak mendengar perkataan yang tak berguna didalam surga, kecuali ucapan salam. Bagi mereka rezekinya di surga itu tiap-tiap pagi dan petang".

serta di Al-Furqan ayat 5, Al-Ahzab 42, Ghafir 46, Al-Fath 9, dan Al-Insan 25.

Assalamualaikum..
 
sebenernya memang begitu.. tapi setidaknya dari pada tidak ada sama sekali lebih baik subuh dan magrib..
tapi kalo saya penguasa media, Insya Allah tiap waktu sholat akan saya tayangkan adzan di TV.. hehehehe..
 
Rata rata orang islam saat ini malas melakukan sholat...
Saat adzan pasti chanel di ganti ama sinetron.
Truz abis itu kembali kira kira adzan dah abis..
Nah bagi orang kaya gitu yang dia tau sholat hanya 2 subuh ma magrib dan lama kelamaan karna sedikitnya orang yang mau mempelajari agama cuma s'dikit adzan subuh and maghrib pun jarang sekali di tonton.
 
Saya pikir stasiun TV cuma memberi tanda/penanda dari pergantian waktu/hari atau istilah Islamnya pergantian siang dan malam. Karena di Indonesia memiliki periode waktu yg sama antara siang dan malam, maka penanda adzan di TV bertepatan dgn waktu sholat Magrib atau Subuh. Kalo di beberapa negara yg memiliki perbedaan waktu siang dan malam, tentu tdk sama dgn di Indonesia. Seandainya di eropa timur pergantian siangnya bertepatan dgn Ashar (WIB) ya bisa jadi Azan Ashar-lah yg dikumandangkan, atau malamnya bertepatan dgn Dzuhur, maka azan Dzuhur-lah yg dikumandangkan. Jadi tergantung periode waktu di wilayah masing2. Kalo Indonesia siang 12 jam, malam 12 jam, dan kalo di bnyk wilayah lain didunia ini beraneka ragam, ada yg cuma 4 jam siangnya, ada yg cuma 4 jam malamnya, dsb. Begitulah kira2.

Issued by : Hacker4Cheater @2011.
 
Kalau menurut saya..
karena maghrib dan shubuh itu antara penutup dan pembuka.. maghrib menutup hari dan membuka malam sedangkan shubuh membuka hari dan menutup malam.. dan kemungkinan besar waktu maghrib dan shubuh orang2 banyak melaksanakan shalat di bandingkan waktu shalat lainya.. karena tidak sedang beraktivitas.. gitu kali ya. :D:D
 
Back
Top