Memakai Kemeja Batik yang Sesuai

sinici

New member
1443997_kemejabatikcowo.jpg


Batik adalah warisan budaya indonesia yang memang harus terus di lestarikan dan anda harus bangga memakai baju batik sebagai ungkapan rasa cinta terhadap budaya indonesia dan taukah anda batik pekalongan sudah terkenal kebeberapa negara, oleh karena itu kita harus bangga memakai batik, berikut ini ada beberapa tips untuk anda bila ingin memilih kemeja batik:


1. Pilih kemeja batik sesuai kebutuhan.

Buat apa mengikuti tren kalau tidak sesuai dengan kebutuhanmu. Lebih parah lagi, kalau sebenarnya kamu tak menyukainya. Saat hendak membeli kemeja batik, pastikan tujuanmu.

2. Sesuaikan dengan budget.

Baju batik mahal belum tentu sesuai dengan kebutuhanmu. Umumnya, harga baju batik yang mahal dipengaruhi oleh proses pembuatan dan jenis bahannya. Baju dari batik tulis atau batik dari bahan sutra jelas berharga di atas rata-rata.

Jika ingin baju yang terkesan mewah dengan harga lebih terjangkau, baju dari batik cap juga tak kalah bagus. Yang perlu dicermati adalah jahitannya, rapi atau tidak.
3. Pilih bahan yang tepat untuk kemeja batik Anda.

Untuk ke pesta, kamu bisa memilih kemeja batik lengan panjang dari bahan sutra. Jika tak sesuai budget, pilih saja kemeja dari bahan satin. Kesan mewah yang ditimbulkan kain satin mirip dengan sutra karena permukaannya yang licin dan berkilau. Penjual batik di pasar Pekalongan kerap menyebut batik berbahan satin sebagai sutra kecewa.

Lain ke pesta, lain pula untuk ke kantor. Pilihlah bahan yang mudah dirapikan dan menyerap keringat dengan baik seperti katun.

4. Pilih motif yang sesuai.

Ada motif-motif tertentu yang membuat pemakainya tampak berwibawa. Almarhum Iwan Tirta, sang maestro batik Indonesia, mempunyai kiat jitu untuk menonjolkan wibawa pemakai batik. Beliau memperbesar motif-motif batik pada kain rancangannya. Efeknya sangat kentara. Pemakai batik terlihat gagah dan elegan. Nah, kamu bisa mencoba memakai batik bermotif besar di acara-acara yang sangat formal dan istimewa.

Motif kemeja batik untuk ke kantor sebaiknya yang terkesan rapi. Motif dengan bentuk-bentuk geometris yang banyak ditemukan pada batik Solo dan Yogya bisa kamu pertimbangkan.

Sementara itu, kemeja dengan motif-motif batik pesisiran yang luwes dan bergaya ceria cocok kamu kenakan dalam kesempatan yang lebih santai. Hang out bersama teman-teman pun tak masalah memakai kemeja batik. Sebab, batik saat ini tampil lebih trendy dan friendly.

5. Warna kemeja yang cocok dengan warna kulit dan sesuai kepribadian.

Apa warna kesukaanmu? Memakai baju dengan warna favorit akan membuatmu tampil percaya diri. Tapi harus diingat, cocokkan dengan warna kulitmu. Jangan sampai warna kemeja batik yang kamu pakai membuat kulitmu terlihat lebih kusam.

Kemeja Batik

6. Coba, dan/atau amati ukurannya.

Tak masalah jika kamu datang langsung ke toko. Kamu bisa mencoba batik pilihanmu di kamar pas sehingga benar-benar yakin untuk membelinya. Tapi, kalau kamu membeli di toko online, perhatikan baik-baik detil ukurannya, ya. Sedikit cerewet pada costumer service tak mengapa. Yang penting, kamu mendapat baju yang pas di tubuh, juga pas di hati.



Semoga tips di atas bermanfaat untuk anda dalam memilih pakaian kemeja batik.
 
tapi sebelum memilih n memakai batik, tidak ada salahnya juga mengetahui sedikit arti dari beberapa corak batik .. soalnya ada beberapa corak batik yg emang memiliki arti dan khusus digunakan untuk acara tertentu. seperti untuk melayat, atau khusus untuk lingkungan keraton...dll, biar ga salah pakai gitu.. hehe.. kecuali untuk batik yg modern, udah fleksibel..
 
wuih.... tipsnya maknyos gan...

kebetulan ane kalo beli or milih batik asal-asalan, belum begitu ngerti selera batik dan corak nya :D
 
tapi sebelum memilih n memakai batik, tidak ada salahnya juga mengetahui sedikit arti dari beberapa corak batik .. soalnya ada beberapa corak batik yg emang memiliki arti dan khusus digunakan untuk acara tertentu. seperti untuk melayat, atau khusus untuk lingkungan keraton...dll, biar ga salah pakai gitu.. hehe.. kecuali untuk batik yg modern, udah fleksibel..
memangnya coraknya kaya gimana non bla bla bla yang biasa di gunakan untuk melayat dan nikahan?
 
Back
Top