Tradisi menyetrika payudara di Kamerun
 
Go Back   Home > Sejarah & Budaya

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Tradisi menyetrika payudara di Kamerun

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Kultur] Tradisi menyetrika payudara di Kamerun

Setiap pagi sebelum sekolah, Terisia Techu seorang gadis berusia sembilan tahun ini harus menjalani prosedur budaya yang menyakitkan. Ibunya akan mengambil alu panas yang terbakar langsung dari api dan menggunakannya untuk menekan payudaranya. >8o

Dengan air mata di matanya saat ia ingat bagaimana rasanya, Terisia memberitahu CNN bahwa suatu hari alu itu begitu panas, terbakar, meninggalkan bekas. Sekarang usianya sudah 18 tahun, tetapi ia masih trauma jika mengingat peristiwa tersebut.

Ibunya, Grace, membantah insiden tersebut. Tapi dia bangga menunjukkan metode yang ia lakukan kepada putrinya selama beberapa minggu, ia mengatakan tujuannya adalah untuk membuat dia kurang disukai anak laki-laki - dan mencegah kehamilan.

Sebuah studi menemukan bahwa satu dari empat gadis di Kamerun telah dipengaruhi oleh praktek yang menyakitkan tersebut.

Menurut laporan hak asasi manusia luar negeri Amerika Serikat di kamerun pada tahun 2010 membenarkan bahwa "sejumlah gadis telah menjadi korban tradisi di negara ini" dan dalam beberapa kasus "mengakibatkan luka bakar, cacat, dan masalah psikologis."

Ada lebih dari 200 kelompok etnis di Kamerun dengan norma-norma dan kebiasaan yang berbeda. Menyetrika payudara dipraktekkan oleh mereka semua.

Beberapa ibu menggunakan batu panas atau batok kelapa untuk meratakan dada putri mereka.

Dokter percaya hal ini dilakukan oleh masyarakat setempat untuk mencegah kehamilan pada usia pubertas.

Terisia pernah hamil pada usia 15 tahun. Namun anaknya meninggal saat lahir.

Dia mengatakan kepada CNN bahwa setrika payudara tidak cukup efektif. Dia membenci praktek dan keinginan ibunya bukan bicara tentang seks dan mencegah kehamilan.

Grace Techu berpendapat bahwa jika tidak menyetrika payudara, Terisia akan hamil pada usia lebih muda.

Techu memiliki empat anak perempuan, dan ia menggunakan prosedur pada dua anak pertamanya. Ketiga dihindari karena payudaranya tumbuh pada tingkat yang dapat diterima, kata Techu, dan anak gadisnya yang keempat masih terlalu muda.

Para ibu yang ingin anak-anak mereka menyelesaikan sekolah sebelum menjadi orang tua telah menggunakan tindakan drastis ini, dan banyak melihat contoh tersebut dari orang terdahulu.

Pada tahun 2006, sebuah organisasi non pemerintah Jerman terkena praktek, yang pada waktu itu dilakukan secara rahasia.

Sekarang, badan amal telah memulai kampanye untuk mendidik ibu-ibu di Kamerun bahwa pendidikan seks - tidak menyetrika payudara - adalah solusi untuk mengakhiri kehamilan remaja.

Dr Sinou Tchana, seorang ginekolog di Kamerun, telah melihat kelenjar payudara yang hancur. Dia juga melihat satu kasus kanker, meskipun ia mengatakan hal itu tidak dapat ditetapkan apakah menyetrika disebabkan atau hanya memperburuk kanker.

"Seorang ibu datang dengan luka bakar sekunder karena batu ia gunakan untuk melakukan hal ini menyetrika payudaranya," kata Tchana.

Salah satu pasien Tchana berusia 23-tahun memiliki bekas luka yang masih menyakitkan sejak 14 tahun lalu setelah payudaranya disetrika. Dia telah melakukan upaya untuk menyadarkan para ibu tentang efek dari tindakan mereka.

Tantangan bagi semua orang yang mencoba untuk menghentikan praktek tersebut kepada para orang tua seperti Techu di berbagai desa sebelum ritual yang mereka katakan adalah dimotivasi dengan kasih sayang bahwa perbuatan tersebut dapat menghancurkan lebih banyak kehidupan.


dari CNN







Jadi ngilu ngebayanginnya |>:(
Megha
Megha Megha is offline
World Level

Post: 16.425
 
Reputasi: 547

__________________

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Tradisi menyetrika payudara di Kamerun

Aku pernah dengar cerita dari Depe soal ini ketika dia dulu ke sana...
Mungkin nanti dia bisa menambahkan artikel soal ini...


-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Tradisi menyetrika payudara di Kamerun

The Ironed Maiden.
Eww.
Second_Sister
Second_Sister Second_Sister is offline
Continent Level

Post: 3.117
 
Reputasi: 350

__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Tradisi menyetrika payudara di Kamerun

Kebiasaan seperti ini udah dimasukkan ke dalam kategori Violance againts Women.

Di Kamerun sendiri praktek menyetrika payudara ini lebih dari 50 persen dilakukan saat masih anak-anak, yaitu sebelum usia 9 tahun. Biasanya mereka menggunakan semacam ulekan (temennya cobek itu lho) atau dengan bantuan alat lain semacam pisang yang dipanaskan, tempurung kelapa, dan palu.

Kalau data yang gw punya dari Unicef, ada sekitar 3,8 juta wanita yang didominasi oleh anak-anak, menjadi korban penyetrikaan ini, tapi itu bukan hanya di Kamerun tapi untuk wilayah afrika barat dan afrika tengah semacam Chad, Togo, Benin dan Guinea-Conakry.

Di Kamerun, yang paling banyak ada di wilayah perkotaan, sedangkan di desa-desanya justru jarang dilakukan. Hal ini nggak lepas dari pandangan kaum laki-laki di sana yang menganggap saat payudara tumbuh saat itu pulalah perempuan siap untuk melakukan hubungan seks, karenanya banyak ibu yang khawatir anaknya akan melakukan seks sebelum waktunya atau hamil di luar nikah yang merupakan hal sangat tabu di tradisi Kamerun.

Pada wilayah Kamerun bagian selatan adalah wilayah yang banyak menerapkan tradisi ini, dimana mayoritas penduduknya beragama kristen dan animisme, sedangkan di bagian utara yang mayoritasnya beragama islam hanya sedikit sekali yang mempraktekkannya.

Waktu gw tugas ke sana, gw pernah dapet pasien bayi yang dalam keadaan kritis karena ibunya nggak bisa menyusui padahal di tempat dia tinggal keadaannya sangat memprihatinkan sehingga hanya ASI lah andalan utamanya untuk asupan si bayi, tapi karena si ibu dulu adalah korban tradisi ini, maka suplai ASI nya terganggu.

Di Kamerun sepertinya saat ini sudah dibikin UU nya untuk mencegah penyetrikaan payudara, tapi sayangnya hukuman hanya bisa diberikan jika ada dokter yang membuat pernyataan bahwa seseorang yang mengalami penyetrikaan terganggu kesehatannya secara fisik, padahal secara mental hal semacam ini juga cukup mengganggu untuk para wanita di sana.
depe_3rd
depe_3rd depe_3rd is offline
National Level

Post: 1.334
 
Reputasi: 262

__________________
Berani Sumpah!!
Gw itu lucu!!!





Reply With Quote     #5   Report Post  

Re: Tradisi menyetrika payudara di Kamerun

ya ampun, tragis banget. Gak ada yang menyuarakan kepada mereka bahwa itu benar-benar berdampak negatif apalagi buat kesehatan ya? Seharusnya mereka yang melakukannya melihat kenyataan yang terjadi dengan anak-anaknya
:( miris
misa_chan
misa_chan misa_chan is offline
Mod

Post: 13.822
 
Reputasi: 374

__________________


loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Tradisi menyetrika payudara di Kamerun

wedewwwwwwwwwwwwwwwwwwww,baca nya aja uda nyilu badan ku

apalagi di setrika ngak bisa di bayangkan rasa nya
rizalolo
rizalolo rizalolo is offline
Mod

Post: 46.377
 
Reputasi: 269

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Tradisi menyetrika payudara di Kamerun

semoga sekarang makin besar rasa kesadaran akan bahayanya menyetrika payudara ya
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.601
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Tradisi-Tradisi Tawuran di Indonesia Megha Sejarah & Budaya 20


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.