NASA Temukan Bukti Air Mengalir di Mars

nizhami

New member
pgmjmdedqeaetw0nbh.jpg



Los Angeles - Para ilmuwan NASA mendapatkan bukti adanya aliran air di planet Mars. Temuan ini meningkatkan harapan kehidupan bisa muncul di Planet Merah itu.

Gambar terbaru dari satelit Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA menunjukkan gambar gelap, tampak seperti jari yang memanjang ke dataran yang menurun dan kawah-kawah di planet tersebut saat musim panas. Citra ini menghilang saat musim dingin melanda Mars.

"Ini adalah bukti terbaik saat ini bahwa ada air yang cair saat ini di Mars," kata pakar geofisika Arizona State University, Philip Christensen, dalam keterangan tim NASA di Washington, seperti diberitakan Reuters, Jumat (5/8/2011).

Para ilmuwan NASA percaya ada air yang cair di Mars, air itu akan sangat asin dan berada di bawah permukaan planet. Itu sebabnya air itu tidak membeku akibat suhu ekstrem di permukaan planet yang dinginnya mencapai -128 derajat Celcius.

"Air ini mungkin mengalir seperti sirup," kata Alfred McEwen, peneliti lain dari Universitas Arizona.

Mereka menekankan, air yang mengalir ini lebih penting keberadaannya ketimbang es. Air yang cair ini lebih mungkin membawa kehidupan dari pada es. Sebelumnya, NASA pernah menemukan ada bekas garis pantai dan tepian sungai di Mars. Ada juga kandungan mineral segar yang menandai pernah ada air.

Gambar terbaru soal air mengalir ini juga mengindikasikan hal serupa bisa banyak ditemukan di daerah katulistiwa atau equator dari Planet Mars. Air yang cair ini kemungkinan besar berada di bawah permukaan tanah karena atmosfer Mars sangat tipis sehingga air mudah menguap di permukaan.

Pakar biogeokimia Universitas Indiana, Lisa Pratt, berteori, jika ada mahluk hidup di Bumi yang hidup di bawah tanah, hal serupa bisa saja terjadi di Mars. Tim ilmuwan mengakatan mereka akan meneliti lebih jauh di tujuh lokasi lain di Mars untuk mencari keberadaan air yang mengalir.

"Ini kesempatan pertama untuk melihat sebuah lingkungan di Mars yang mungkin menunjukan proses biologi aktif, kalau memang ada kehidupan masa kini di Mars," kata Pratt.

Fitraya Ramadhanny - detikNews
 
jangan jangan di mars adalah pangkalan alien dan ufo

aku sangat yakin bahwa di mars ada kehidupan seperti di bumi
 
kayaknya sih mungkin aja ada air tapi kalau kehidupan sih gak percaya..
soalnya di al quran gk pernah disebutin ada kehidupan lain selain manusia
 
Itulah kenapa setiap ada penemuan benda langit yang baru ataupun penelitian dari benda langit yang sudah lama ditemukan, selalu berusaha mengetahui apakah obyek tersebut mengandung air atau enggak, karena kalo mengandung air sudah pasti ada oksigen, terlepas berapa banyak kandungan oksigennya...
Tujuannya adalah melihat apakah ada kemungkinan terdapat kehidupan karena menurut Ilmu pengetahuan yang kita punya (Makhluk yang hidup di bumi) air dan oksigen adalah unsur paling penting untuk hidup...



-dipi-
 
Back
Top