Apa yang menyebabkan api kadang berwarna biru??

robot-gedek

New member
pernah liat api berubah warnanya selain merah, saya pernah liat api berwarna biru, kenapa sebabnya ya?? faktor apa yang membuatnya berwarna biru.. ;)
 
api yang berwarna biru itu biasanya aku lihat di kompor gas, bener juga ya.. kenapa apinya bisa berwarna biru? sedangkan api yang dihasilkan oleh pembakaran sumbu lilin, kompor minyak dan bakar sampah berwarna merah atau kuning?
 
Karena faktor tingkat suhu, spektrum warna, gravitasi, zat kimia, ataupun reaksi kimianya....



-dipi-
 
Kalau saya jujur ya belum pernah, tapi mungkin kalau pun ada itu disebabkan karena bahan yang terbakar seperti yang dibilang mba dipi di atas, kalau pun ada jarang2, malah mungkin perbandinganya satu di antara seribu.. hehe Orang dipanggilnya juga si "jago merah"..

Untuk OP jangan lupa tekan tombol solve answer ya, Jika ada jawaban yang menurut anda terbaik atau menyelesaikan masalahnya. ^-^ :)
 
Karena faktor tingkat suhu, spektrum warna, gravitasi, zat kimia, ataupun reaksi kimianya....



-dipi-
setuju sama non dipi.. yg Tia tau juga karena tingkat suhunya lebih tinggi, coba aja lihat Api pada tukang las... pasti bitu.. soalnya suhunya tinggi beda sama suhu api lilin
 
Faktor yang mempengaruhi warna nyala api adalah faktor fisika (yaitu suhu) dan faktor kimia (yaitu zat yang megalami reaksi). Api merah umumnya bersuhu di bawah 1000 derajat celsius. Api biru, bersuhu lebih tinggi dari api merah, tapi masih di bawah 2000 derajat celcius.
 
Back
Top