Desa di bawah batu
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Desa di bawah batu

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post  

Re: Desa di bawah batu

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
Tradisi pembuatan rumah seperti ini awalnya karena faktor turun temurun semenjak jaman pra sejarah...
Yang kemudian di abad masehi di mana orang sudah menemukan cara membuat rumah yang lebih 'modern' hal seperti ini masih diteruskan dengan pertimbangan sebagian atap dan bagian belakang rumah sudah disediakan oleh alam.. dan juga karena faktor suhu, di mana 'batu2' tersebut berfungsi sebagai pendingin buatan alam pada suhu sepanas apapun...

Setenil sendiri itu kota dengan gabungan 2 nama ... Setenil sendiri dan Bodegas...
Setenil seperti yang sudah disebutkan oleh TS, berasal dari kata latin septem nihil, mengacu pada sejarah bahwa selama 7 tahun kota yang dulu dibawah kekuasaan bangsa Moor ini adem ayem dari serbuan pasukan Kristen, sebelum akhirnya takluk pada tahun ke 7 semenjak penyerbuan .. Sedangkan Bodegas diperkirakan berasal dari bahasa Arab yang menyatakan sebagai tempat penyulingan anggur dan minyak Olive ..

Memang kota ini terkenal karena anggurnya...

Kalo dari sisi sejarah arsitekturnya, mungkin Second_sister lebih paham karena kalo nggak salah dia pernah bikin tesis soal bangunan2 di kota ini ... termasuk soal kenapa itu rumah semuanya bercat putih... ada yang sadar nggak? :D



-dipi-
Hal seperti ini nih... yang buat aku betah di ii.com, banyak dapat tambahan ilmu dari orang-2 pintar seperti non dipi...
thanks banget ya non... infonya
btw benar juga ua setelah di amati dalam gambar semua rumah di desa itu bercat putih....
agen_pale
agen_pale agen_pale is offline
World Level

Post: 22.080
 
Reputasi: 490

__________________
The Legend's

Mau Repu? Klik ini
Loading...
       





Reply With Quote     #12   Report Post  

Re: Desa di bawah batu

indah tapi ada resiko juga ya...
misal batu nya gupil trus jatuh/longsorr begimana yak??
ditambah lagi kalo gempa bumi....
hehehehe....
hockeyflashbussines
hockeyflashbussines hockeyflashbussines is offline
Village Level

Post: 59
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #13   Report Post  

Re: Desa di bawah batu

Warna putih itu memang ciri khas bangunan di Spanyol, khususnya bangunan-bangunan Spanyol Andalusia. Warna putih sendiri itu bukan berasal dari cat, tapi dari kapur bangunan. Setiap tahunnya bangunan-bangunan itu (yang nggak hanya di Setenil aja) dilabur dengan kapur supaya warna putihnya bisa terjaga, dengan tujuan warna putih ini bisa membuat suasana rumah lebih adem. Ini adalah tradisi masyarakat Andalusia semenjak jaman dulu kala. Kalau di Indonesia mungkin bisa disamakan dengan kebiasaan suku Sasak yang melabur rumahnya dengan kotoran sapi/kerbau setiap tahunnya.

Sebenarnya bangunan yang memanfaatkan keberadaan batu ini nggak hanya ada di Setenil. Di Spanyol sendiri ada beberapa pueblo (kota kecil) yang memanfaatkan keberadaan batu untuk bangunan, baik rumah, kastil ataupun tempat penyimpanan anggur. Contoh lainnya adalah Arcos de la Frontera di Pena Nueva, Ronda di El Tajo Canyon, Cuenca di Castilla-La Mancha ataupun Castellfollit de la Roca di Catalonia.

Kalau di luar Spanyol, orang jaman dulu juga memanfaatkan keberadaan batu untuk bangunan, seperti beberapa bangunan semacam kuil di Afghanistan, yang beberapa diantaranya dihancurkan oleh pejuang Mujahidin (atau Taliban?) atau kalau yang sempat menonton film Transformer 2, ada juga tuh contoh bangunan yang semacam itu.
Kalau dari tinjauan arsitektur, hal ini banyak dikerjakan oleh orang-orang jaman dulu karena 'mengukir' batuan terhitung lebih murah dan mudah dibandingkan dengan membuat batu bata ataupun membuat blok batu.

Oh iya, kota-kota di Spanyol yang sering disebut pueblo itu secara umum sering disebut dengan Pueblo Blancos atau Kota putih. Dan itu jumlahnya sangat banyak di Spanyol sana.

Sedikit koreksi untuk Kak Dip. Setenil itu memang terkenal dengan anggur/wine-nya, tapi itu terjadi pada jaman medieval dan sekarang ini sudah nggak ada lagi industri wine di sana karena kebun anggurnya sudah lama punah dari Setenil saat ada serangan hama anggur besar-besaran di Eropa pada tahun 1860-an.
Second_Sister
Second_Sister Second_Sister is offline
Continent Level

Post: 3.117
 
Reputasi: 350

spirit:
__________________
~ The ink of the scholar is more holy than the blood of the martyr ~
My Prophet Muhammad.





Reply With Quote     #14   Report Post  

Re: Desa di bawah batu

Kutip:
Oleh Second_Sister View Post
Warna putih itu memang ciri khas bangunan di Spanyol, khususnya bangunan-bangunan Spanyol Andalusia. Warna putih sendiri itu bukan berasal dari cat, tapi dari kapur bangunan. Setiap tahunnya bangunan-bangunan itu (yang nggak hanya di Setenil aja) dilabur dengan kapur supaya warna putihnya bisa terjaga, dengan tujuan warna putih ini bisa membuat suasana rumah lebih adem. Ini adalah tradisi masyarakat Andalusia semenjak jaman dulu kala. Kalau di Indonesia mungkin bisa disamakan dengan kebiasaan suku Sasak yang melabur rumahnya dengan kotoran sapi/kerbau setiap tahunnya.

Sebenarnya bangunan yang memanfaatkan keberadaan batu ini nggak hanya ada di Setenil. Di Spanyol sendiri ada beberapa pueblo (kota kecil) yang memanfaatkan keberadaan batu untuk bangunan, baik rumah, kastil ataupun tempat penyimpanan anggur. Contoh lainnya adalah Arcos de la Frontera di Pena Nueva, Ronda di El Tajo Canyon, Cuenca di Castilla-La Mancha ataupun Castellfollit de la Roca di Catalonia.

Kalau di luar Spanyol, orang jaman dulu juga memanfaatkan keberadaan batu untuk bangunan, seperti beberapa bangunan semacam kuil di Afghanistan, yang beberapa diantaranya dihancurkan oleh pejuang Mujahidin (atau Taliban?) atau kalau yang sempat menonton film Transformer 2, ada juga tuh contoh bangunan yang semacam itu.
Kalau dari tinjauan arsitektur, hal ini banyak dikerjakan oleh orang-orang jaman dulu karena 'mengukir' batuan terhitung lebih murah dan mudah dibandingkan dengan membuat batu bata ataupun membuat blok batu.

Oh iya, kota-kota di Spanyol yang sering disebut pueblo itu secara umum sering disebut dengan Pueblo Blancos atau Kota putih. Dan itu jumlahnya sangat banyak di Spanyol sana.

Sedikit koreksi untuk Kak Dip. Setenil itu memang terkenal dengan anggur/wine-nya, tapi itu terjadi pada jaman medieval dan sekarang ini sudah nggak ada lagi industri wine di sana karena kebun anggurnya sudah lama punah dari Setenil saat ada serangan hama anggur besar-besaran di Eropa pada tahun 1860-an.
mantab nih non, sejak kemarin aku udah nunggu penjelasan lanjutan dari non dipe seperti yang dibilang non dipi... benar-2 amazing nih kota....

eh iya... non dipe mau tanya yang di foto itu kelasnya Desa atau Kota ya...?
kalau desa koq kayaknya udah modern banget sih..
agen_pale
agen_pale agen_pale is offline
World Level

Post: 22.080
 
Reputasi: 490

__________________
The Legend's

Mau Repu? Klik ini
Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2021, Jelsoft Enterprises Ltd.