Idul Fitri Ditetapkan Senin (29/8/2011)

1769013.jpg


Penentuan kepasita Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriah akan diputuskan Senin 29 Agustus 2011 pada sidang isbath yang digelar Kementerian Agama di Jakarta.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar Marzuki di Padang seperti dikutip INILAH.COM dari Antara, Jumat (26/8/2011).

Menurutnya, sidang isbath akan digelar pada Senin 29 Agustus 2011 pukul 20.00 WIB diikuti jajaran Kementerian Agama, pakar dan akademisi yang menguasai metode hisab dan rukyat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas Islam.

"Sidang isbath tersebut akan menetapkan Idul Fitri 1432 Hijriah berdasarkan hasil rukyatul hilal (melihat bulan) yang dilakukan oleh Badan Hisab Rukyat di 33 provinsi di Indonesia," kata dia.

Berdasarkan perhitungan hisab, Idul Fitri 1432 Hijriah jatuh pada 30 Agustus 2011, namun dalam menetapkannya pemerintah juga melakukan rukyatul hilal.

Di Padang Badan Hisab Rukyat Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat juga akan melakukan rukyatul hilal pada Senin 29 Agustus 2011 di Bukit Putus Kecamatan Lubuk Begalung Padang.

Rukyatul hilal dilakukan pada pukul 18.05 WIB dengan menggunakan sejenis teropong yang dinamakan teodolit.

"Hasil pengamatan akan langsung dilaporkan pada sidang isbath yang digelar Kementerian Agama di Jakarta sebagai salah satu acuan penetapan Idul Fitri 1432 Hijriah," kata dia.

Kepada masyarakat, Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat mengimbau agar melaksanakan Idul Fitri 1432 Hijriah berdasarkan pengumuman dan penetapan yang dilakukan pemerintah.

"Dengan menunggu keputusan pemerintah akan menghilangkan keraguan terhadap penetapan Idul Fitri," kata dia.

Ia juga berharap pelaksanaan Idul Fitri 1432 Hijriah dapat dilakukan dengan serentak sehingga suasananya menjadi lebih khidmat.

Namun jika ada masyarakat yang lebih awal merayakan Idul Fitri mari saling menghormati dan menghargai perbedaan tersebut.

Perbedaan tersebut merupakan rahmat dan momentum lebaran harus dijadikan sarana untuk meningkatkan ukhuwah serta silaturahmi dengan sesama," tandasnya.

sumber:inilah.com
 
Ini sebabnya den Lolo....

Boscha Perkirakan 1 Syawal 1432 H Jatuh pada Hari Rabu
Penulis : Torie Natallova
Senin, 29 Agustus 2011 12:24 WIB

JAKARTA--MICOM: Pusat penelitian Bulan dan Bintang Obserwatorium Boscha yang terletak di Bandung, Jawa Barat telah menentukan 1 syawal 1432 H akan jatuh pada hari Rabu, (31/8) mendatang.

Penetapan tersebut berdasarkan penglihatan hilal secara keilmuan yang diperkirakan akan tampak pada Selasa, (30/8) besok.

Koordinator Teknisi Misi Jejaring Pengamatan Hilal Nasional Deva Octavian mengatakan ada 15 titik pengamatan untuk menentukan hilal akan sulit terlihat di seluruh indonesia.

Hal itu berdasarkan tinggi bulan ketika posisi matahari terbenam kurang dari dua derajat. Sementara, bulan yang berumur masih muda yakni delapan wad berposisi dekat dengan matahari, sehingga hilal pada 29 Agustus tidak terlihat.

Deva juga menegaskan hilal baru akan terlihat pada Selasa besok, sehingga 1 syawal 1432 Hijriah akan jatuh pada hari Rabu (31/8).

Bosscha juga telah menyebarkan 35 petugasnya untuk mengawasi 15 titik hilal yang ada di seluruh Indonesia. Hasil pengamatan dari 15 titik itu, akan diajukan pada sidang isbat yang rencananya akan digelar pukul 16.30 sore nanti.

Perkiraan jatuhnya Idul Fitri pada hari Rabu mendatang juga diperkirakan oleh Nahdlatul Ulama (NU) yang mengatakan kemungkinan jatuhnya 1 Syawal 1432 H jatuh pada hari Rabu, (31/8).
Berbeda dengan NU, PP Muhammadiyah telah menetapkan hari raya Idul Fitri akan jatuh pada hari Selasa besok. (*/X-12)



Media Indonesia



-dipi-
 
Back
Top