Cara Perkembangbiakan Makhluk Hidup

agen_pale

New member
Salah satu ciri makhluk hidup adalah mampu berkembang biak. Berkembang biak artinya menghasilkan makhluk baru yang sama jenisnya. Makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan keturunannya. Apakah kamu pernah melihat hewan dan keturunannya?

Makhluk hidup yang mampu berkembang biak adalah makhluk hidup yang telah dewasa. Ciri-ciri tertentu akan tampak pada perkembangan makhluk hidup menuju dewasa. Apa ciri-ciri tersebut pada manusia? Bagaimana perkembangbiakan hewan dan tumbuhan? Untuk memahaminya, pelajari uraian berikut ini.


Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia dari Bayi sampai Lanjut Usia

Coba kamu perhatikan adikmu, dirimu sendiri, dan orangtuamu. Perbedaan apakah yang dapat kamu lihat? Perbedaan yang paling mencolok dapat kamu lihat adalah tinggi badan. Tinggi badanmu biasanya lebih tinggi daripada adikmu. Orangtuamu badannya lebih tinggi daripada dirimu. Selain itu, bentuk tubuhmu pun berbeda dengan orangtuamu.

Perubahan tinggi dan bentuk badan terjadi karena tubuh manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan manusia sejak bayi dalam rahim ibu sampai lanjut usia melalui beberapa tahapan berikut ini.
  1. Masa fetus, yaitu sejak terbentuk zigot sampai bayi dalam rahim ibu.
  2. Masa balita yaitu sejak bayi lahir sampai anak-anak umur 5 tahun.
  3. Masa anak-anak sekitar umur 5 tahun sampai 10 tahun.
  4. Masa remaja sekitar umur 10 tahun sampai 17 tahun.
  5. Masa dewasa sekitar umur 17 tahun sampai 20 tahun ke atas.
  6. Masa tua sekitar umur 50 tahun ke atas.


Untitled-2%20copy.jpg



Apakah kamu mempunyai adik yang masih bayi? Pada saat bayi lahir, kamu akan mendengar tangis permulaan bayi. Secara perlahan-lahan bayi akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan, misalnya bayi mulai memiliki kemampuan mengisap, menelan, merentangkan tangan, dan memegang. Tahap perkembangan berikutnya seperti tengkurap, duduk, berbicara, dan berjalan.

Proses ini memakan waktu berbulan-bulan sampai umur 2 tahun. Peristiwa ini terjadi disertai dengan pertambahan tinggi badan dan berat badan, juga perubahan bentuk tubuh.

Berapa tinggi badanmu sekarang? Apakah tinggi badanmu bertambah terus? Mengapa demikian? Tubuh seseorang berubah dengan cepat pada masa anak-anak dan remaja. Selanjutnya proses pertumbuhan dan perkembangan akan terus berlangsung sampai masa remaja dan dewasa. Proses berikutnya adalah proses penuaan. Kulit tubuh seorang anak tampak kencang dan licin, tetapi jika orang itu sudah tua, otot-ototnya menjadi lemah dan kulitnya menjadi keriput.


Perubahan Fisik Manusia pada Masa Pubertas

Berapa usiamu sekarang? Apakah termasuk anak-anak atau remaja? Setelah masa bayi, manusia akan memasuki tahapan anak-anak, remaja, dewasa, dan tua.

smp.jpg

Anak-anak akan berkembang menjadi dewasa. Masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa dikenal dengan masa remaja atau masa pubertas.

Tanda-tanda masa remaja pada laki-laki, antara lain bahu menjadi bidang, tumbuhnya jakun, kumis, dan jambang serta tumbuhnya rambut di ketiak dan betis. Tanda-tanda pubertas pada perempuan, antara lain pinggul melebar, payudara membesar, dan tumbuhnya rambut di ketiak.

Anak-anak gadis tumbuh hampir sempurna pada usia 16 1/2 tahun meskipun dapat terus tumbuh sedikit sampai usia 20 atau 21 tahun. Untuk anak laki-laki tumbuh hampir sempurna pada usia 17 1/2 dan 23 atau 25 tahun.

Dengan adanya perubahan fisik tersebut, kamu harus menjaga kesehatan, antara lain menjaga kebersihan organ perkembangbiakan (organ reproduksi). Untuk menjaganya, mandi sebaiknya dilakukan dua kali sehari. Pada saat mandi, kamu harus membersihkan seluruh bagian tubuh sehingga kebersihan organ perkembangbiakan terjaga. Begitu pula jika kamu buang air kecil. Selain itu, pakaian dalam yang digunakan harus menyerap keringat dan tetap dalam keadaan bersih. Oleh karena itu, pakaian dalam kita harus sering diganti setiap kamu mandi.


Perkembangbiakan Manusia


Pernahkah kamu melihat seorang ibu yang sedang hamil? Apa yang terjadi di dalam perut ibu tersebut? Berapa bulan biasanya seorang ibu hamil?

Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan. Hal ini terjadi karena sel telur dibuahi oleh sperma di dalam rahim ibu. Artinya terjadi pembuahan di dalam tubuh ibu. Jika sel telur dibuahi oleh sperma maka akan terbentuk zigot, kemudian berkembang menjadi embrio (janin). Janin Selama dalam rahim, janin mendapatkan makanan dari tubuh ibu melalui tali pusat (plasenta).
 
Den, agen_pale, apakah benar kalau hormon anak laki-laki itu lebih besar daripada anak perempuan? saya melihat perbedaan ini pada saat jam pelajaran olahraga, keringat anak laki-laki lebih banyak daripada keringat dibaju anak perempuan.

dina, kelas 6 SD
 
Kalau ukurannya seperti itu aku rasa jawabannya tidak non, jumlah keringat anak laki-laki lebih banyak dari pada anak perempuan itu tidak di pengaruhi oleh hormon secara langsung, tetapi akibat tingkat aktivitas anak laki-laki jauh lebih tinggi daripada anak perempuan...,

Keringat itu terjadi karena terjadi pembakaran lemak di dalam tubuh akibat aktivitas fisik dalam bentuk gerakan-gerakan yang kita lakukan non...
 
age_pale saya mau tanya kenapa pertumbuhan tulangku lebih lambat dari pada teman ku yg sekarang tingginya 165 dan aku 150 cm
 
age_pale saya mau tanya kenapa pertumbuhan tulangku lebih lambat dari pada teman ku yg sekarang tingginya 165 dan aku 150 cm
coba misa jawab, untuk pengetahuan umumnya, mungkin kamu kurang kalsium kali tuh, kalsium itu nutrisi untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang, jadi banyak-banyak nerima kalsium supaya cepat tumbuh aja tulangnya :D
btw memang umur aden berapa? batas usia pertumbuhan tinggi badan 20 tahun, atau seperti yang dikutip sama pak agen_pale diatas
Anak-anak gadis tumbuh hampir sempurna pada usia 16 1/2 tahun meskipun dapat terus tumbuh sedikit sampai usia 20 atau 21 tahun. Untuk anak laki-laki tumbuh hampir sempurna pada usia 17 1/2 dan 23 atau 25 tahun.
kalau kamu dibawah itu mungkin masih bisa berkembang, semangat ya mengkonsumsi kalsiumnya :D
 
aku besok ujian mid semester 1 kk mis chan mata pelajaran ujian aku tentang
pertumbuhan mahluk hidup kk... tlg kasih tau dong yg kk ketahui utk aku plisss......??
 
makanan yang berkalsium apaan sih kk mis chan

aku besok ujian mid semester 1 kk mis chan mata pelajaran ujian aku tentang
pertumbuhan mahluk hidup kk... tlg kasih tau dong yg kk ketahui utk aku plisss......??


so selain seperti yang telah dijelaskan non misa, mungkin asupan makanan yang mengandung gizi juga akan membantu proses pertumbuhan dan perkembangan badan den, dan banyaknya beraktifitas seperti olahraga secara rutin dan teratur agar bisa mengimbangi asupan gizi yang diterima oleh tubuh dan tidak mengendap menjadi lemak jenuh yang malah mengakibatkan obesitas (kegemukan)
 
Back
Top