candi jolotundo, mojokerto
 
Go Back   Home > Travel, Transportasi, Penerbangan & Hotel

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


candi jolotundo, mojokerto

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Tempat Rekreasi] candi jolotundo, mojokerto

MOJOKERTO - Petirtan Jolotundo menjadi salah satu aset sejarah dan wisata bernilai tinggi yang dimiliki Kabupaten Mojokerto. Banyak misteri dan keunikan situs ini yang masih belum diketahui khalayak. Salah satunya adalah kualitas air petirtan yang konon nomor tiga terbaik dunia.

Situs Candi Jolotundo, atau yang kerap disebut Petirtan Jolotundo, adalah salah satu peninggalan sejarah kerajaan sebelum Majapahit. Situs berupa candi dengan air yang mengalir dari berbagai sudut candi itu dibuat pada tahun 997 Masehi. Zaman Airlangga pada masa kejayaan Kerajaan Kahuripan.

Konon waktu itu, bangunan berukuran panjang 16,85 meter dengan lebar 13,52 meter dan tinggi 5,2 meter itu menjadi tempat pemandian para petinggi kerajaan. Dalam sejarah disebut, bangunan ini sengaja dibuat Raja Udayana untuk menyambut kelahiran putranya, Prabu Airlangga.

Jika dilihat lebih detail, bangunan yang terbuat dari batu andesit ini memang menampakkan keistimewaan. Pahatan relief yang halus, menandakan jika proses pembuatannya membutuhkan tenaga terampil. Juga bentuk bangunan yang terkesan tidak biasa dengan 52 pancuran airnya. Ke 52 pancuran itu memuntahkan air jernih yang tanpa henti meski musim kemarau tiba.

Ratusan ikan berbagai jenis, tumbuh liar di kolam bagian bawah. Meski demikian, tak satupun pengunjung yang berani mengambik ikan-ikan itu. Mereka percaya, mengambil ikan di lokasi ini akan berbuntut petaka. Lantaran itu, pengunjung lebih memilih memberi makan ikan dari pada mengambilnya.

Di sisi kiri dan kanan bangunan bagian atas, terdapat dua kolam kecil yang saat ini dimanfaatkan pengunjung untuk mandi dan berendam. Terpisah untuk pengunjung laki-laki dan perempuan, pengunjung tak diperbolehkan untuk mandi menggunakan shampoo dan sabun. Ini untuk menjaga kemurnian air kolam. Juga untuk menjaga ekosistem ikan-ikan yang berada di bagian bawah kolam pemandian.

Berada di lereng gunung Penanggungan, tepatnya di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, lokasi wisata ini terbilang istimewa. Selain bentuk bangunan candi yang memang tak biasa, juga kualitas air yang dimiliki. Dari dua kali penelitian oleh tim arkeolog dari Belanda, kualitas air petirtan Jolotundo ini telah dibuktikan.

"Penelitian tahun 1985, kualitas air di petirtan Jolotundo menduduki rangking 5 dunia," terang Sunaji, juru pelihara yang juga petugas Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan.

Penelitian kedua juga dilakukan arkeolog Belanda pada tahun 1991. Hasilnya, kualitas air petirtan Jolotundo menduduki peringkat 3 dunia. Tentu saja hasil itu bukan main-main. Karena ternyata, kandungan mineral air petirtan ini sangat tinggi. Itupun bisa dibuktikan jika kita menyimpan air ini dalam jangka waktu yang lama.

"Pernah kita uji coba dengan menyimpan air ini selama 2 tahun. Bau, warna dan rasanya tak berubah," tambahnya.

Oleh beberapa kalangan, air petirtan Jolotundo tak hanya diyakini memiliki kandungan mineral yang tinggi. Lebih dari itu, sebagian mereka percaya jika ada obat awet muda di dalamnya. Lagi-lagi, karena kayanya kandungan bahan alami dari air yang bersumber dari pegunungan itu. Sunajipun meyakini, karena dari sumber mata air yang berada di dataran tinggi itu terdapat banyak tumbuhan rempah-rempah.

"Air ini telah melalui penyaringan-penyaringan. Tapi memang, banyak tumbuhan rempah-rempah di atas. Sehingga air ini diyakini bisa menjadi obat awet muda," katanya.

Lokasi seluas 1 hektar ini bukan hanya menjadi tempat wisata sejarah saja. Sebagian orang justru memanfaatkan tempat tersebut sebagai tempat wisata religi. Tak heran pada setiam malam Jumat, akan ada puluhan orang yang memilih berdiam diri di tempat ini hingga pagi. Terlebih malam bulan purnama. Mereka meyakini tempat ini memiliki kelebihan untuk memunculkan berbagai permintaan.

"Paling ramai jika bulan purnama. Banyak yang semedi," tukasnya.

Sayangnya, keistimewaan Petirtan Jolotundo tak banyak dinikmati banyak orang. Terbukti, dalam sebulan, tempat ini hanya dikunjungi sekitar 1.100 orang. Jumlah yang sangat kecil dibanding pesona yang dimiliki sebuah tempat wisata. Memang, banyak kekurangan di sana-sini sehingga tempat ini masih belum memiliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan.

Salah satunya adalah akses jalan menuju lokasi. Selain sempit, kerusakan jalan juga banyak ditemukan. Khususnya jalur dari Kecamatan Pungging melewati Desa Kesemen. Sehingga, wisatawan yang berasal dari Kota Mojokerto harus memutar melewati Kecamatan Ngoro untuk menghindari kerusakan jalan yang memang dalam kondisi yang parah.

Untuk menuju lokasi, wisatawan juga harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk transportasi. Pasalnya, tak ada angkutan umum yang melintas di jalur wisata ini. Bahkan pada malam hari, wisatawan harus rela membayar Rp20 ribu jasa ojek hingga ke lokasi.

"Banyak yang mengeluhkan transportasi," kata Sunaji.

Selain itu, masih belum ada wisata pendukung yang bisa dijadikan wisata alternatif di lokasi itu. salah satunya adalah penjualan suvenir. Satu-satunya kios suvenir yang ada di lokasi itu telah mati. Juga wisata kuliner yang nyaris tak ada di sekitar lokasi. Hanya beberapa warung kecil yang menyediakan makanan dingan. Tak ayal, wisatawan hanya disuguhi pemandangan petirtan, tanpa ada wisata tambahan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mojokerto, Affandi Abdul Hadi mengakui, memang banyak infrastuktur pendukung yang masih belum tersedia di lokasi ini. Sehingga kata dia, lokasi petirtaan masih sulit dilirik wisatawan.

"Kami sedang menunggu investor agar tempat wisata ini bisa memberikan sajian lebih nantinya," terang Affandi.

Dia juga menyadari kondisi jalan yang rusak menjadi salah satu pemicu sepinya pengunjung. Sejauh ini kata dia, pelebaran jalan masih terkendala dengan pihak lain yang juga memiliki wewenang lokasi tersebut.

"Di sini ada Perhutani dan BP3 yang juga ikut andil. Pihak Perhutani keberatan adanya pelebaran jalan jika harus mengorbankan sejumlah pepohonan. Ini masih kita pikirkan," pungkasnya.
(Tritus Julan/Koran SI/hri)

sumber
Attached Thumbnails
candi jolotundo, mojokerto-0-melasti-jolotundo-1-.jpg  candi jolotundo, mojokerto-110927atwoface.jpg  candi jolotundo, mojokerto-pen-14.jpg  
the_gooner
the_gooner the_gooner is offline
City Level

Post: 357
 
Reputasi: 9

Dipi76:
__________________
:unibrow:apa yang bisa dilakukan pemain MU dengan bola,
pemain Arsenal bisa melakukannya dengan jeruk............................................. ...........
Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: candi jolotundo, mojokerto

Tempat ini kalo nggak salah bisa dicapai lewat Batu, Malang ya?
Kalo sama Pacet masih jauh kah?



-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: candi jolotundo, mojokerto

bisa non dipi,betul tempat ini deket sama pacet. non dipi orang jatim juga ya?kok tau. lokasinya di Dukuh Bale Kambang, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto Propinsi Jawa Timur.
the_gooner
the_gooner the_gooner is offline
City Level

Post: 357
 
Reputasi: 9

__________________
:unibrow:apa yang bisa dilakukan pemain MU dengan bola,
pemain Arsenal bisa melakukannya dengan jeruk............................................. ...........





Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: candi jolotundo, mojokerto

Bukan orang Jatim den...:D

Cuma karena pekerjaan, jadi sering ke sana kemari... termasuk ngubek2 Jatim...
Juga sempet sekolah SMA di Malang walau cuma setahun doang....



-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: candi jolotundo, mojokerto

hehehehe..........kirain....jadi gitu, pantesan kok ngerti daerah mojokerto. mungkin kalau sempat bisa langsung jalan2 ke jalatunda.
the_gooner
the_gooner the_gooner is offline
City Level

Post: 357
 
Reputasi: 9

__________________
:unibrow:apa yang bisa dilakukan pemain MU dengan bola,
pemain Arsenal bisa melakukannya dengan jeruk............................................. ...........





Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: candi jolotundo, mojokerto

sepertinya tempatnya angker juga ya? :D
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.519
 
Reputasi: 155

__________________
INDBONEKSIA





Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Re: candi jolotundo, mojokerto

Kutip:
Oleh nizhami View Post
sepertinya tempatnya angker juga ya? :D
wah kayaknya den nizhami pernah ke sini. menurutku c tempatnya emang agak angker, di bawah2 pohon juga banyak dupa di bakar. kalau pacaran di sana gak boleh mesum, soalnya ini tempat suci bagi orang hindu.
the_gooner
the_gooner the_gooner is offline
City Level

Post: 357
 
Reputasi: 9

__________________
:unibrow:apa yang bisa dilakukan pemain MU dengan bola,
pemain Arsenal bisa melakukannya dengan jeruk............................................. ...........





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: candi jolotundo, mojokerto

Kutip:
Oleh the_gooner View Post
wah kayaknya den nizhami pernah ke sini. menurutku c tempatnya emang agak angker, di bawah2 pohon juga banyak dupa di bakar. kalau pacaran di sana gak boleh mesum, soalnya ini tempat suci bagi orang hindu.
wah gak pernak kesitu, apalagi pacar2an, palingan ke pacet doang atau palingan klo pas ke surabaya lewat trowulan liat candi apa itu yang di pinggir jalan, bajang ratu atau candi tikus?
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.519
 
Reputasi: 155

__________________
INDBONEKSIA





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: candi jolotundo, mojokerto

Aku mau tinjau dari sisi sejarahnya bisa nggak nih den? :D
Karena dari artikel yang ditulis oleh Okezone di atas sepertinya ada hal yang perlu diluruskan....



-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Re: candi jolotundo, mojokerto

yang mana non dipi?dijelasin dong. yang ini ya?

Kutip:
Situs Candi Jolotundo, atau yang kerap disebut Petirtan Jolotundo, adalah salah satu peninggalan sejarah kerajaan sebelum Majapahit. Situs berupa candi dengan air yang mengalir dari berbagai sudut candi itu dibuat pada tahun 997 Masehi. Zaman Airlangga pada masa kejayaan Kerajaan Kahuripan.

Konon waktu itu, bangunan berukuran panjang 16,85 meter dengan lebar 13,52 meter dan tinggi 5,2 meter itu menjadi tempat pemandian para petinggi kerajaan. Dalam sejarah disebut, bangunan ini sengaja dibuat Raja Udayana untuk menyambut kelahiran putranya, Prabu Airlangga.
the_gooner
the_gooner the_gooner is offline
City Level

Post: 357
 
Reputasi: 9

__________________
:unibrow:apa yang bisa dilakukan pemain MU dengan bola,
pemain Arsenal bisa melakukannya dengan jeruk............................................. ...........
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
tempat wisata di sekitar mojokerto anak_dumai Travel, Transportasi, Penerbangan & Hotel 4


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.