Rancangan Kota Masa Depan
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Rancangan Kota Masa Depan

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Rancangan Kota Masa Depan

Jumat, 16 Februari 2007
Rancangan Kota Masa Depan


SUARA MERDEKA
NEW YORK - Para mahasiswa bisa bertindak lebih maju ketimbang ilmuwan dan pemerintah. Sementara para ilmuwan baru sebatas memperingatkan pemerintah soal pemanasan global, sekelompok mahasiswa Brooklyn sudah merancang kehidupan masa depan pada kondisi perubahan cuaca.

Para mahasiswa itu memandang 60 tahun ke depan. Dengan skenario bahwa pemanasan global akan menaikkan permukaan air laut dan menenggelamkan kawasan Brooklyn, mereka mendesain sebuah kawasan permukiman bawah laut. Proyek itu mereka sebut ''Dumbo Under Water'' dan dipamerkan di galeri Brooklyn bulan ini.

''Kami mengamati isu-isu mikro dari pemanasan global,'' kata Abhijit Shinde (25), satu dari empat mahasiswa yang menggarap rancangan itu. ''Kami memang hanya membuat desain untuk satu kawasan, tetapi ini bisa menjadi acuan untuk seluruh kawasan pesisir di dunia.''

Mereka menggunakan proyeksi NASA mengenai naiknya permukaan air laut akibat mencairnya gunung es di kutub. Dari proyeksi itu, mereka merancang ulang bangunan dan lanskap. Dengan rancang ulang semacam itu, warga tidak perlu dievakuasi akibat permukaan air laut naik.

Dalam rancangan tersebut, jalan-jalan ditinggikan, gedung-gedung dibangun di atas Brooklyn Queens Expressway, yakni sebuah pulau yang terbuat dari bahan-bahan bongkaran gedung sekaligus menghubungkan jembatan-jembatan pedestrian.

''Kita tidak bisa membendung air, jadi kita harus hidup bersamanya, dan dengan itu kita ciptakan lanskap baru,'' kata Shinde. Rencana suplai energi alternatif untuk kawasan masa depan itu antara lain diperoleh dari tenaga air, dengan turbin-turbin di atas jembatan Brooklyn dan Manhattan yang digerakkan oleh aliran air.

Kendati pameran itu masih dalam lingkup kecil, Shinde berharap salah satu museum New York bersedia memamerkan desain itu atau bahkan memperluas cakupan rancangan tersebut.

Dalam rangkaian pameran itu, diputar film yang berkisah tentang dunia setelah dampak pemanasan global, seperti antara lain The Day After Tomorrow dan film dokumenter Al Gore An Inconvenient Truth. Film itu menggambarkan kawasan New York yang tenggelam akibat permukaan air laut naik.(rtr-gn-25)



http://click.adbrite.com/mb/click.ph...eyword_id=3193
gupy15
gupy15 gupy15 is offline
Mod

Post: 2.771
 
Reputasi: 131

Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.