Contact Lens Elektrik Akhirnya Berhasil Dipasang di Makhluk Hidup!

crdeikon

New member
Lensa kontak buatan dengan sentuhan elektronik sudah berhasil dipasang ke kelinci!

Profesor Babak Parvis dari Universitas Washington memulai percobaannya dengan memasangkan lensa kontak di kelinci. Namun, lensa kontak yang dipasangnya bukan lensa kontak biasa, tapi lensa kontak elektronik. Alat ini hanya menampilkan 1 piksel, namun bisa dikembangkan untuk penyediaan informasi yang lebih kompleks nantinya; menjadi ratusan pixel yang bisa berguna untuk menampilkan email singkat ataupun pesan teks.

lens1.jpg


Lensa ini akan mendapatkan energi dari sumber dari luar yang diterima melalui sebuah chip sapphire. Sayangnya, jarak tampilannya hanya sekitar 1 meter dan akan dikurangi jika dipasangkan di mata.

Sebuah tantangan baru dalam menciptakan mata Terminator adalah jarak fokus mata manusia yang hanya beberapa sentimeter. Hal ini menyebabkan informasi yang ditampilkan akan buram. Untuk menghadapi hal ini, digunakan lensa Fresnel untuk memperbesar tampilan.

Banyak penelitian perlu dilakukan agar proyek ini bisa benar-benar terwujud. “Kami perlu mengembangkan desain antena dan jaringan yang cocok serta mengoptimalkan transmisi frekuensi,” kata Parvis, co-author dalam penelitian ini.

Setelah ini, misi selanjutnya adalah memungkinkan sebuah teks bisa terbaca melalui lensa kontak tersebut.

Sumber: http://www.jagatreview.com/2011/11/lensa-kontak-elektronik-berhasil-dipasang-di-makhluk-hidup/
 
Back
Top