BenQ Siemens EL71

andro_meda

New member
BenQ Siemens EL71
(Kamis, 7 September 2006) (1206)

BenQ Siemens EL71 adalah sebuah handphone triple band GSM (900, 1800, 1900 Mhz) yang memiliki tombol navigasi musik di bagian depan, resolusi layar TFT besar 240 х 320 pixels dengan ukuran 31 х 42 mm yang sanggup menampilkan 262,144 warna (18 bits) disertai dengan casing aluminium sekilas terlihat sangat macoh dan akan membuat pria lain yang melihat akan sedikit bertanya, EL71 memiliki ukuran bodi 90 x 46.3 x 16.5 mm dan berat 94 gram akan terasa sedikit kurang cocok buat kaum wanita.

Pada bagian sisi atas ada lubang speaker dan sebuah tombol untuk membuka tutup bagian belakang, pada bagian kiri ada tombol pengaturan volume suara, pada bagian kanan ada lubang tipis untuk headset dan chargeran lalu juga ada tombol untuk mengaktifkan kamera serta tombol shortcut, pada bagian bawah tidak ada apa apa.


EL71 hanya mendukung koneksi data pada jaringan GPRS/EDGE, sayang tidak mendukung WCDMA, sedangkan untuk konektifitas data jarak pendek, EL71 hanya mengandalkan Bluetooth saja, seperti kebanyakan vendor handphone sekarang ini sudah meninggalkan konektifitas Infrared kecuali pada smartphone yang telah menggunakan fasilitas Infrared bukan hanya untuk transfer data saja tapi juga untuk difungsikan sebagai remote control, walaupun jarak jangkaunya pendek tapi para pemilik masih suka.

Memang tidak bisa terelakan lagi bahwa hampir semua vendor handphone saat ini mendorong produk mereka agar dapat menggantikan fungsi perangkat MP3 player yang hingga sekarang masih terus membanjiri pasar, EL71 memiliki kualitas suara yang sangat bagus dan dinamika frekuensi rendah hingga tinggi terdengar sangat harmonik, suara bass yang terdengar keluar dari speaker kecil yang terletak di sebelah lensa kamera akan dapat dirasakan dengan baik, hal ini membuat EL71 dapat benar-benar menggantikan MP3 player, kualitas suara headset yang mungkin akan diberikan dalam paket penjualan cukup baik, tapi sayang kabel headset tersebut tidak terdiri dari dua bagian (colokan konektor dan headset kuping) hal ini mengharuskan pengguna untuk selalu menggunakan headset milik BenQ Siemens, kecuali jika digunting dan ingin membuat sendiri.


Hingga saat review ini ditulis, EL71 masih belum dipasarkan didalam maupun diluar negeri, BenQ Siemens juga masih belum memberikan informasi jelas tentang kapan akan masuk pasaran, berapa harga yang akan diberikan untuk handphone kelas mid-end ini lalu juga masih kurang jelas apa yang disertakan dalam paket penjualan.

Kamera EL71 sanggup menangkap foto beresolusi maksimal 1280 x 1024 pixels (1.3 MP), kualitas foto terlihat sama seperti rata rata handphone berkamera 1.3 MP, pada saat testing memfoto benda benda yang berwarna warni hasilnya terlihat okay, Cellular Diary tidak bisa menyertakan hasil foto dalam review ini karena alasan gambar gambar nya mungkin akan membuat browsing terlalu pelan. Rekaman video yang dihasilkan berformat 3GP dan beresolusi 176 x 144 pixels @ 8 fps (terlihat pada player Quick Time pada komputer), kualitas video ini sama seperti kebanyakan handphone lainnya seperti Nokia 6600 dan Nokia Communicator 9500, waktu durasi perekaman video tidak dibatasi dan tergantung kapasitas kosong memori MicroSD yang digunakan pemiliknya.


EL71 bukan sebuah smartphone karena tidak memiliki Operating System (OS), penggunaan EL71 sangat sederhana, menu yang disediakan tidak sulit untuk dimengerti dan respon yang dihasilkan cukup cepat. Ada dua buah game yang disediakan yaitu Brick Challenge yang merupakan game klonan Arkanoid, dan game kedua adalah New York Nights yang merupakan game RPG, Cellular Diary menilai game NY Nights ini sangat baik dan membuat EL71 mendapatkan nilai lebih, selain kedua game tersebut EL71 juga memiliki beberapa aplikasi lainnya dan ada satu aplikasi yang sangat unik yaitu PhotoEditor yang memiliki fungsi sederhana untuk pengeditan image, seperti fungsi cropping (potong dan rubah ukuran foto) dan fungsi brushing untuk menggambar diatas foto yang sedang diedit, hal ini sama seperti aplikasi Paint Brush pada komputer, hanya saja pada saat penggunaan tidak bisa efisien dan makan waktu lama karena tidak pakai mouse untuk navigasi.


EL71 dapat digunakan untuk browsing Internet yang menggunakan halaman WAP 2.0, xHTML serta HTML dengan menggunakan aplikasi HTML web browser sudah disediakan dalam EL71, jadi pemilik tidak perlu install browser Opera Mini lagi walaupun jika aplikasi browser yang built-in ini masih terasa kurang fasilitasnya maka EL71 ada runtime J2ME MIDP 2.0 yang bisa digunakan agar pemilik dapat menginstall banyak aplikasi dan game lainnya.


Seperti pada kebanyakan handphone handphone terbaru dari BenQ Siemens, EL71 juga mendukung banyak bahasa dalam menunya, seperti bahasa Inggris, India, Indonesia, Melayu (Malaysia), Arab (??), Tagalog (Filiphine), Thailand dan Tieng Viet (Vietnam), sedangkan untuk penulisan SMS hanya ada beberapa bahasa saja seperti Inggris (T9), Belanda, Prancis, Indonesia (T9), Thailand (T9) dan Vietnam (T9). BenQ Siemens tetap tidak memberikan fasilitas bahasa China untuk EL71 yang dirasakan aneh karena BenQ adalah perusahaan asal Taiwan.


Pada saat review dilakukan telah ditemukan beberapa bug (error) pada saat pemakaian yang mungkin dikarenakan firmware yang dipakai masih kurang stabil dan pihak BenQ Siemens mungkin masih terus mengembangkan firmwarenya, error yang selalu terjadi sering kali pada saat pemutaran lagu lagu yang membuat handphone hang lalu mati dan harus dihidupkan lagi.

Kesimpulan dari review EL71 ini adalah sebuah handphone yang memiliki bentuk dan desain yang baik dan menarik, casing bodinya yang terbuat dari aluminium akan sedikit lebih tahan goresan kuku dibanding handphone handphone lain, dan para pemilik dianjurkan untuk memasang screen protector ketika membeli agar layarnya tidak langsung tergoser. Pihak BenQ Siemens pasti akan mendorong marketingnya untuk mempromosikan fungsi dan kualitas MP3 playernya karena kualitas suara speaker phone EL71 dirasakan lebih baik dari saudaranya BenQ Siemens E61. Jika harganya pada saat keluar nanti sekitar 2 juta kebawah maka kemungkinan handphone EL71 ini akan cukup laku dan tentu saja hal ini akan terjadi jika BenQ Siemens dapat mengeluarkan EL71 secepat mungkin kepasaran sebelum vendor vendor lain mengeluarkan banyak handphone musik yang sama murah.

Keunggulan:
+ Desain dan kualitas bahan material bodi yang baik.
+ Tombol navigasi audio player sangat membantu.
+ Kualitas suara dari speaker sangat baik.
+ Ada slot external memori MicroSD (Transflash).

Kejelekan:
- SIM card sangat sulit untuk dibuka (butuh penjepit kecil untuk mengeluarkan SIM card).
- Tidak ada radio
- Baterai tidak tahan lama.
- Bukan smartphone.


diambil dari : Cellular Diary :: Indonesian Mobile Portal : Berita, Spesifikasi Lengkap Handphone, Iklan Handphone Dan Lelang Nomor Cantik Gratis Tanpa Batas Waktu
 
Kalau model ini dulu tahun 2007 belum pernah dengar. Hanya saja nama benQ sudah sangat terkenal waktu itu. Sekarang sudah redup dan berganti dengan yang lain.
 
Back
Top