Lg Cdma 2330

Status
Not open for further replies.

andro_meda

New member
LG CDMA 2330
(Rabu, 30 Agustus 2006) (2037)

LG akhirnya mulai memasarkan handphone CDMA nya yang pertama ke Indonesia, LG sebenarnya telah mengeluarkan banyak handphone CDMA tapi belum pernah ada yang masuk ke Indonesia hanya di Korea dan negara lainnya, LG lebih berpengalaman dibidang pembuatan handphone CDMA dibanding GSM karena jumlah model dan jenis handphone CDMA nya lebih banyak, LG 2330 adalah handphone CDMA single band (800 Mhz), tanpa RUIM (inject), layar STN monochrome (hitam putih) dengan warna backlight layar dan keypad kuning, LG 2330 ini dipasarkan dengan bundel paket nomor prabayar Talktime Esia senilai Rp 20.000 yang gratis 50 SMS setiap bulan selama 6 bulan.

Harga yang ditawarkan LG untuk handphone CDMA low-end 2330 ini sangat terjangkau, dengan uang Rp 525.000 maka anda sudah bisa membawa pulang handphone CDMA mungil ini yang bisa langsung digunakan, LG menyebut 2330 ini sebagai "Ultra Slim Mobility". Pada saat pembelian handphone ini, nomor prabayar Esia nya tidak bisa dipilih karena nomor tersebut sudah diinjekan kedalam handphonenya.


LG 2330 memiliki ukuran body yang cukup kecil yaitu 103 x 42 x 15 mm dengan berat 65.3 gram, layar nya memiliki 5 buah baris tapi saat menulis SMS hanya tersedia 3 baris saja dan pada pengisian SMS ada fasilitas menu Smiley yang menggunakan 2 atau 3 karakter untuk mengexpresikan wajah (perasaan), kapasitas SMS yang diberikan adalah Inbox (SMS yang masuk) 30 buah, Outbox (SMS yang terkirim) 30 box, Draft (SMS yang masih belum terkirim) 30 buah dan Archive (SMS yang telah masuk lalu disimpan agar tidak memenuhi kotak Inbox) 30 buah. Ada fasilitas T9En (fasilitas T9 bahasa Inggris) yang dapat dipilih ketika menu berada dalam pilihan bahasa Inggris, tapi pada saat menu sedang berada pada pilihan bahasa Indonesia maka fungsi T9Spa akan keluar, apa yang dimaksud dengan kata "Spa" masih kurang jelas mungkin adalah petunjuk penggunaan bahasa Spanish (Spayol) yang pasti hal ini adalah sebuah error karena pada saat testing menulis SMS bahasa Indonesia tidak dikenali satu kata pun yang berarti memang LG 2330 tidak memiliki kamus bahasa Indonesia atau ada masalah error yang bisa dibetulkan hanya dengan upgrade firmware saja.

Untuk memori phone book, LS 2330 menyediakan sebanyak 600 buah dan setiap buah tersedia 4 field, walaupun terlihat sedikit dibanding handphone CDMA lainnya tapi jumlah ini rasanya cukup untuk kebanyakan orang yang memilih handphone low-end, hal ini karena jika sang pengguna memerlukan phone book yang lebih besar maka biasanya sudah langsung memilih handphone kelas mid-end atau high-end dan sangat jarang calon pembeli handphone low-end yang sangat mementingkan kapasitas phone book yang banyak.

LG 2330 telah memiliki 30 buah ringtone polyphonic yang sudah disediakan dan untuk merubah ringtone hanya cukup menekan tombol navigasi ke arah bawah lalu pilihan ringtone dapat terdengar dan dapat langsung dirubah, jenis suara polyphonic ringtone yang disediakan sedikit kurang ngejreng. Ada fungsi Vibrate (getar) yang dapat diaktifkan jika anda sedang berada di bioskop, perpustakaan, meeting atau dalam tempat yang tidak boleh berisik, fungsi Vibrate ini dapat diaktifkan dan di non-aktifkan dengan mudah hanya dengan menekan dan menahan tombol "#" untuk 3 detik. Tombol keypad dapat dikunci hanya dengan menekan dan menahan tombol 0 (nol) lalu cara untuk membukanya juga sama.


Pada saat penggunaan semua fungsi dan fasilitas terasa sangat sederhana dan tidak akan membuat anda bingung walaupun anda pertama kali memakai handphone. Sinyal penerimaan dan suara yang terdengar dinilai cukup bagus dan kurang lebih sama seperti rata rata handphone CDMA lainnya. Salah satu kelebihan handphone low-end korea (Samsung, LG dan lainnya) dibanding handphone low-end Nokia pada umumnya adalah desain keypadnya yang enak dipakai dan terbuat dari material yang enak disentuh, sedangkan banyak handphone low-end Nokia yang tombol keypadnya kebanyakan terbuat dari karet plastik yang umurnya cukup pendek dan seperti selalu mengundang pemiliknya untuk sering sering mengganti keypad dengan casingnya sekalian.

Karena LG 2330 adalah handphone low-end maka anda tidak akan menemukan fungsi multimedia apapun karena TIDAK ADA memori penyimpanan yang disediakan, jadi anda tidak akan bisa mengisi ringtone, wallpaper atau aplikasi tambahan bahkan fasilitas radio FM pun tidak ada, jadi benar benar hanya untuk ber SMS ria dan berbicara saja.


Pada bagian bawah ada dua buah lubang yang sebelah kanan adalah lubang charger yang ukurannya sedikit mirip dengan lubang charger Nokia N70, lalu bagian bawah sebelah kiri adalah lubang kabel data lalu bagian sisi kanan atas ada lubang colokan handsfree, sedangkan sisi bagian atas dan kanan tidak ada apa apa, ada sedikit yang disayangkan karena pada paket pembelian tidak ada diberikan kabel data dan kabel handsfree, yang ada hanya handphone, baterai, chargeran dan buku manualnya saja.


Dalam menu organiser (agenda) ada fungsi Jadwal, Memo, Alarm, Stopwatch, Kalkulator, Konversi Mata Uang dan Waktu Dunia. Ada 2 buah game built-in yang tidak bisa ditambah lagi dengan J2ME (MIDP), game tersebut adalah Special Force (game tembak tembakan) dan Tris Tris (game klone tetris), LG 2330 hanya mendukung 2 buah bahasa saja yaitu Inggris dan Indonesia. Ada sesuatu yang dapat dinilai positif yaitu layar monochrome handphone ini tidak pernah mati hanya lampu backlight nya yang padam tapi isi layar masih dapat terlihat jelas dan tidak pelu menekan salah satu tombol untuk menyalakannya kembali, hal ini akan mengakibatkan daya tahan baterai lebih berkurang sedikit. LG 2330 juga memiliki fasilitas Airplane Mode (flight mode) yang sebenarnya fasilitas ini jarang ada untuk handphone kelas low-end karena jika sinyal dimatikan maka handphone low-end biasanya tidak ada fungsi lain yang bagus tapi LG tetap membuat fasilitas ini agar bisa 2330 tetap bisa digunakan untuk main game dan ngurusin agenda (organiser).

Kesimpulan dari review handphone CDMA 2330 pertama milik LG di Indonesia ini adalah sebuah handphone yang sederhana dan sangat cocok bagi pelajar, anak remaja muda dan orang tua yang tidak memerlukan fasilitas multimedia dan hanya perlu ber SMS ria atau langsung bicara saja. Harganya tidak mahal dan memang ada pilihan lain yang harga dan fungsinya sebanding di pasaran tapi setidaknya LG 2330 ini telah lulus testing operator dan mendapat ijin dari Postel Indonesia.

diambil dari : Cellular Diary :: Indonesian Mobile Portal : Berita, Spesifikasi Lengkap Handphone, Iklan Handphone Dan Lelang Nomor Cantik Gratis Tanpa Batas Waktu
 
boss apa betul 2330 tuh dah ada nomornya? :masaseh: gw punya dapat dr kantor...itu barang dari jakarta. tapi coz LG pasang iklan tmpat gw (lampung) mereka kasih barang jg, trus nomornya? nomor mana ya? abis di chasenya ama di SPC NAMnya masih 000-000000 ....gmana?
 
Produk ini memang kayaknya bagus pada masa itu, dan sekarang sudah tidak ada lagi. Berhubung memang semua itu hal yang bisa membuat manfaat dalam bisnis terutama.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top