Smartphone: Linux OS 2nd Round

andro_meda

New member
Smartphone: Linux OS 2nd Round



Beberapa vendor handphone yang sebagian besar dari Jepang, seperti NTT DoCoMo, NEC, Panasonic, Samsung dari Korea dan Motorola telah membentuk suatu group baru yang tujuan utamanya adalah untuk lebih memperbanyak pembuatan smartphone yang ber-basis Linux, mereka akan menggabungkan para developer dan resource mereka agar dapat lebih mengembangkan API (Application Program Interface) Linux untuk smartphone.

Mereka akan membuat standarisasi spesifikasi API, arsitektur bahasa pemrograman, memberi dukungan dalam source code untuk membuat referensi pengimplementasian komponen dan program program tool, yang dimaksudkan agar lebih memperbanyak keuntungan dari hasil perkembangan secara bersama.

Motorola yang telah memasarkan beberapa model smartphone berbasiskan Linux dalam beberapa tahun belakang ini masih belum melihat perkembangan atau mendapatkan keuntungan yang berarti, tapi dengan adanya group yang baru terbentuk ini maka terlihat adanya tanda tanda bahwa hal ini akan berubah.

Vendor besar dan market-leader handphone seperti Nokia dan Sony Ericsson tidak ikut bergabung. Kedua vendor ini, terutama Nokia yang telah memberi nilai investasi yang sangat besar untuk menggunakan software Symbian, telah menolak untuk berexperimen dalam mengembangkan dan memasarkan produk yang menggunakan Operating System Microsoft atau Linux.

Juga yang tidak ikut serta adalah PalmSource, yang sekarang dimiliki oleh Access, sebuah perusahaan pembuat browser dari Jepang. PalmSource sedang mengharapkan agar Palm (perusahaan pembuat PDA yang mengambil "license" OS dari PalmSource) akan menggunakan OS Linux sebagai platform produknya. Jika PalmSource tidak ingin ikut bergabung maka PalmSource harus mengambil banyak langkah untuk mengimbangi hasil dari perkembangan group yang baru terbentuk tersebut jika tidak ingin ketinggalan dan kehilangan pasar.

sumber: Cell Phone Reviews and News - Welcome to Mobiledia
 
Smartphone ini cukup unik tentunya dengan sistem operasi linux. Tapi memang kurang begitu menarik mengingat hal ini merupakan software yang tidak familier.
 
Back
Top