Nokia 6270

andro_meda

New member
Nokia 6270



Nokia 6270 sebuah handphone yang bukan dalam jajaran smartphone karena tidak memiliki OS, tapi jika tampilan menunya dilihat secara sekilas maka hampir semua icon menu menunya sedikit mirip dengan Nokia N90 yang menggunakan OS Symbian, jadi pertama kali orang yang pernah menggunakan N90 pasti akan langsung menebak bahwa handphone ini adalah sebuah smartphone berbasis Symbian juga. Ukuran resolusi layar Nokia 6270 adalah 240 x 320 pixels atau QCIF (seperempat VGA) dengan ketajaman warna hingga 262 ribu warna atau 18 bits.

Resolusi kamera N6270 adalah 2MP (1600 x 1200 pixels), hasilnya fotonya cukup memuaskan dengan warna yang kontras dan detail dengan asumsi bahwa telah digunakan pada kondisi pencahayaan yang baik, walaupun begitu masih tetap dirasakan kurang tajam (berbintik bintik) dibanding kamera digital asli yang memiliki resolusi yang sama. Hasil rekaman video hanya memiliki resolusi maksimum 176 x 144 pixels, 15 fps dengan format 3gp dan format suara adalah AMR mono 8000hz, jadi jika diputar dalam komputer terlihat sedikit kaku dan terlalu pecah jika diplayback secara fullscreen dalam monitor 1024 x 768 pixels. Format video ini masih sama seperti hasil video handphone Symbian v6 lainnya seperti N7650, N6600 dan lainnya. Hal ini sangat disayangkan karena mengingat resolusi kamera nya adalah 2MP, setidaknya ukuran rekaman video bisa dibesarkan lagi sehingga ukuran VCD atas setidak sama seperti ukuran layarnya sendiri (240 x 320 pixels), dan ini lebih disayangkan lagi karena N6270 bukan smartphone Symbian yang berarti tidak mungkin menggunakan aplikasi perekam video dari perusahaan lain seperti Philip CamPro untuk Series60 yang sangat berguna bagi N6600 untuk memaksimalkan kualitas rekaman videonya.


Pada saat pengambilan foto dan video, fungsi digital zoom bisa digunakan hingga 5x, pemakaian zoom digital dalam pengambilan foto dan video dinilai baik karena tidak membuat hasil pengambilan jadi pecah atau berkualitas rendah hanya sedikit lebih buruk jika dibanding tanpa pemakaian digital zoom, Lampu flash juga dapat digunakan untuk merekam video, jarak efektif yang menerima cahaya yang masih baik sangat pendek yaitu sekitar setengah meter saja, jadi lampu flash hanya cocok jika digunakan untuk pengambilan foto atau video secara close-up.

Theme original N6270 ini sangat bagus, hal ini tentunya dikarenakan dukungan resolusi layar besar TFT 262 ribu warna yang terang dengan kekontrasan yang baik. Navigasi menu sangat sederhana dan jelas yang disertai keterangan bantuan yang akan keluar jika cursor ditaruh pada suatu icon hingga kira kira 10 detik. Ada dua buah game yang disertai yaitu Snake III yang cukup asyik untuk dimainkan oleh anak anak, lalu juga ada permainan Golf Tour yang memberikan betapa bagus layar N6270 ini karena dalam game Golf Tour ini kualitas animasi image yang sangat cakep.

Menu Organiser (agenda) nya N6270 ini cukup lengkap seperti Alarm-Clock, Calender, To-Do List, Notes, Countdown Timer, Stopwatch dan yang terakhir yang tidak kalah penting adalah Dictionary (kamus), bahkan fungsi kamus ini lah yang membuat handphone ini memiliki nilai tambah yang baik, kamus ini hanya mencakupi kosa kata English-Chinese, jumlah kosa kata nya cukup lengkap tapi sayangnya tidak ada kamus Indonesian-English jadi hanya English-Chinese dan Chinese-English saja, untuk mengaktifkan kamus Chinese-English maka sebelumnya menu handphone harus dirubah ke Chinese lebih dahulu agar bisa mengisi huruf-huruf China.


Dari segi bentuk dan beratnya, N6270 ini dirasakan cukup besar dan sedikit berat, jadi sepertinya hanya cocok untuk kaum pria. Keypadnya berukuran besar dan enak untuk dipencet-pencet, tombol navigasi panah 4 arah serta tombol tengahnya sangat enak digunakan bahkan untuk bermain game Snake III pun sangat enak.

Konektifitas N6270 sudah komplit, dari Infrared, Bluetooth dan USB Pop-port sudah ada, jadi tidak akan ada masalah pemindahan data atau pengisian ringtone dan data lainnya dari komputer atau dari handphone lain.

Fungsi multimedia N6270 sangat baik, terutama dari ukuran memori external miniSD nya yang dalam paket pembelian sudah disertakan yang berukuran 512MB (ukuran memori internalnya hanya 8,2MB), fungsi radio FM bekerja dengan baik dan kualitas suara milik N6270 adalah sebuah poin yang paling sangat baik dan harus ditonjolkan karena suara stereo 3D nya sangat baik, volume suara nya yang cukup keras, jernih dan halus. Pemutaran lagu MP3 dan AAC dirasakan sangat enak untuk didengar berlama lama. Suara game juga lumayan baik.

Ada beberapa masalah atau bug yang ditemui pada saat testing N6270 ini, versi firmware yang digunakan ini adalah v03.65, 19-12-05 RM-56, pada saat penggunaan menu bahasa Indonesia, nama aplikasi kamus tidak ada alias hanya terlihat icon saja tanpa keterangan, N6270 bisa menerima transferan data berupa file apa saja melalui Bluetooth dan Infrared, tapi N6270 tidak bisa mengirim file format apapun melalui Infrared nya kepada Nokia Communicator 9500, jadi hanya bisa mengirim file melalui Bluetoothnya saja, kemungkinan masih ada beberapa bug lain yang belum ditemukan. Hal ini terlihat aneh dan firmware nya terasa masih "buggy", terkesan terlalu cepat dirilis kepasar, mudah-mudahan Nokia akan segera mengeluarkan firmware barunya agar pemilik N6270 ini tidak akan kecewa berat.

Kesimpulan review N6270 ini adalah sebuah handphone yang memiliki kualitas speaker yang lebih baik diatas rata rata handphone mid-end lainnya, cocok bagi yang senang mendengar musik tanpa menggunakan earphone atau headset, tapi ketahanan baterai sangat lemah dan harus sering dicharge yang membuat pemutaran lagu lagu kesayangan jadi harus diperhatikan dengan cermat kalau tidak ingin handphone nya tiba tiba mati karena tidak ada baterai lagi. Dan yang terakhir adalah catatan bagi pemilik handphone Nokia yang telah terbiasa selalu beranggapan tidak perlu membawa chargeran ketika berjalan jalan karena banyak teman atau pemakai handphone Nokia lainnya yang dapat meminjamkan chargeran nya karena N6270 ini memiliki lubang chargeran yang lebih kecil sehingga chargeran standard Nokia lainnya tidak bisa digunakan karena tidak bisa masuk.

Untuk sementara harga pasaran N6270 adalah masih sedikit diatas 3 juta rupiah, dalam hal ini kiranya cocok atau adil jika dibandingkan dengan Sony Ericsson W800 yang memiliki kisaran harga yang sama dan memiliki spesifikasi dan target pasar yang hampir sama pula. Dalam hal kualitas layar dan suara dimenangkan N6270, ukuran memori internal W800 jauh lebih besar (38MB), W800 lebih kecil dan lebih ringan sehingga W800 bisa lebih cocok untuk wanita dibanding N6270, dalam hal kualitas kamera dan video dinilai sebanding.


diambil dari : Cellular Diary :: Indonesian Mobile Portal : Berita, Spesifikasi Lengkap Handphone, Iklan Handphone Dan Lelang Nomor Cantik Gratis Tanpa Batas Waktu
 
mahal banget 3 juta!!!
kenapa nggak diturunin aja 50%?
biar yg punya rugi,tapi kan nanti jadi banyak yg beli
 
kak aku minta aplikasinya 6270 plis kak ............
dengan hormat kami uacapkan terima kasih kepada kakak penbawa acara nokia6270 sekian makachi....??????muacccccccccccch
 
Seri ini belum pernah membeli gan, berhubung memang tidak tahu dan juga tidak punya duit pada tahun tersebut untuk anggarannya. Sehingga silahkan bisa dikondisikan untuk saat ini.
 
Back
Top