Penjelasan Flash Memory Card

andro_meda

New member
Penjelasan Flash Memory Card



Kartu memory flash adalah sebuah tipe memory yang berjenis "non-volatile" yang berarti chip memory yang tidak memerlukan power untuk menjaga keberadaan data dalam kartu memory, hal ini berlainan dengan memory RAM yang digunakan dalam komputer yang membutuhkan power agar data didalamnya tidak hilang.

Saat ini telah cukup banyak tipe memory flash card yang digunakan oleh telepon selular, terkadang hal ini membuat pusing pembeli yang ingin membeli telepon selular karena harus memikirkan jika ingin membeli telepon selular A yang hanya bisa menggunakan kartu memory tipe B, apakah kira-kira kartu memori tipe B ini akan banyak dijual dipasaran, apakah harganya murah dan apakah kartu memory tipe B ini juga akan banyak digunakan oleh telepon selular lainnya agar bisa saling tukar-menukar antara teman?

Para vendor (pembuat) telepon selular sedang berlomba untuk memasarkan tipe memory card yang mereka gunakan dalam produk mereka agar calon pembeli tidak merasa kecewa jika akhirnya tipe memory yang digunakan tidak banyak beredar, tidak laku atau mahal. Alasan adanya berbagai ragam tipe kartu memori yang berada dipasaran sekarang juga disebabkan oleh vendor telepon selular yang ingin membuat produk telepon selular yang berukuran lebih kecil dan ringan, sehingga tipe kartu memori bertambah banyak dan berukuran lebih kecil dari generasi sebelumnya. Dibawah ini adalah penjelasan singkat beberapa tipe kartu memori yang sekarang beredar dipasaran.


CF atau Compact Flash adalah tipe kartu memory "non-volatile" yang pertama dikembangkan dan biasanya digunakan dalam kamera digital dan PDA, tapi CF tidak pernah digunakan dalam produk telepon selular karena ukuran nya yang besar 36.4 x 42.8 x 3.3 mm dan memiliki 50 pin. Banyaknya total pin yang digunakan dalam CF dikarenakan desain kontroller yang kompatible dengan spesifikasi interface ATA.

SD atau Secure Digital, adalah generasi penerus CF, tujuan dibuatnya SD adalah agar ukuran kartu memory lebih kecil dan lebih ringan, setiap vendor (pembuat) SD harus membayar royalti (ijin pembuatan) kepada pengembangnya yaitu SD Card Association (http://www.sdcard.org). Kata "Secure" dalam SD yang berarti "aman" merupakan alasan lain dibuatnya SD hal ini dengan menggunakan mekanisme "lock" (write protect) yang sama seperti disket floppy pada bagian samping kirinya, juga dengan mengimplementasikan sistim CPRM (Content Protection for Recordable Media) yang menjaga agar file audio/video yang di copyright tidak dapat ditransfer atau dicopy. SD berukuran 24 x 32 x 2.1 mm (sedikit lebih tebal dari MMC) dan memiliki 9 pin.


MMC atau MultiMediaCard dapat dibilang generasi pertama tipe memory untuk produk telepon selular, Nokia 3650 adalah telepon selular pertama yang menggunakan MMC. MMC berukuran 24 x 32 x 1.5 mm yang kurang lebih sebesar kertas prangko dan versi pertama MMC memiliki 7 pin. MMC tidak memiliki mekanisme "lock" seperti SD. MMC dikembangkan oleh Siemens AG dan SanDisk, salah satu alasan dikembangkannya MMC adalah agar vendor pembuat tidak perlu membayar royalti yang sama seperti SD.

RS-MMC atau Reduced Size Multi Media Card adalah kartu memory MMC yang berukuran kira-kira setengah lebih kecil yaitu 18 x 24 x 1.5 mm dan tetap memiliki 7 pin. Tujuan dikembangkannya RS-MMC hanya untuk mengecilkan MMC, untuk menggunakan RS-MMC dalam card reader biasanya dipakaikan "extention" RS-MMC agar panjang RS-MMC sama seperti MMC jadi agar badan RS-MMC tidak masuk semua nya ke dalam card reader yang akan menyulitkan untuk dicabut keluar. Contoh telepon selular yang menggunakan RS-MMC adalah Nokia 7610.

MMCPlus adalah pengembangan MMC dengan kecepatan yang lebih tinggi dan menggunakan spesifikasi MMC v4.0, MMCPlus memiliki ukuran bodi yang sama seperti MMC tapi memiliki 13 total pin. Pada dasarnya MMCPlus tidak dipasarkan untuk digunakan dalam produk telepon selular, MMCPlus lebih ditujukan sebagai "mobile storage" yang dapat digunakan seperti layaknya disket floppy atau CD-Rewritable (CD-R), hal ini terlihat karena tidak ada vendor telepon selular yang memakai MMCPlus sebagai tipe kartu memori aslinya (pendukungnya).

DV RS-MMC atau Dual Voltage RS-MMC yang lebih sering disebut dengan nama MMCMobile adalah generasi penerus RS-MMC, MMCMobile memiliki ukuran bodi yang sama dengan RS-MMC tapi menggunakan spesifikasi MMC v4.0 yang lebih cepat, MMCMobile dapat digunakan dengan dua voltase yang berbeda yaitu 3v atau 1.8v, hal ini bertujuan agar telepon selular yang menggunakannya akan menghemat baterai. Nokia 6630 adalah salah satu contoh telepon selular yang hanya bisa menggunakan MMCMobile sebagai kartu memorinya, Nokia 6630 tidak mendukung MMC, RS-MMC dan MMCPlus.

miniSD adalah salah satu jenis kartu memori yang di standarisasikan oleh SD Card Association, fungsi miniSD tidak berbeda dengan SD, perbedaan hanya pada ukuran MiniSD yang kecil 20 x 21.5 1.4 mm dan memiliki 11 pin, voltase yang digunakan juga sama dengan SD yaitu antara 2.7V - 3.6V. Untuk menggunakan kartu media miniSD dalam "card reader" (alat pembaca media kartu memori yang biasanya menggunakan USB) harus menggunakan adapter SD yang membuat cara penggunaan/pengeoperasian miniSD sama dengan SD.


MicroSD adalah nama lain dari TransFlash, ini adalah kartu memori seperti yang digunakan oleh Motorola E398 dan banyak telepon selular lainnya, total pin dari MicroSD yang kecil adalah 8 (delapan) pin dan berukuran 11 x 15 x 1 mm, sedangkan tipe adapter yang digunakan adalah tipe SD standard yang juga memiliki mekanisme "lock" (write protect) yang memberi proteksi agar isi data tidak dapat dirubah. Mungkin saat ini MicroSD merupakan tipe kartu memori yang berukuran terkecil yang dapat dibeli oleh masyarakat umum.

MMCMicro adalah sebuah memory card berjenis MMC terbaru yang dibuat oleh Samsung (Samsung adalah salah satu member dalam MultiMediaCard Association, http://www.mmca.org), berukuran lebih kecil dari RS-MMC tapi sedikit lebih besar dari MicroSD, MMCMicro juga menggunakan sebuah adapter SD agar dapat digunakan dalam PDA yang hanya support SD atau dalam komputer dengan bantuan SD card reader. MMCMicro memiliki 10 (sepuluh) pin, pada dasarnya Samsung membuat MMCMicro ini untuk digunakan pada telepon selular, hal ini bertujuan agar smartphone dapat berukuran lebih kecil lagi. Ukuran MMCMicro adalah 12 x 14 x 1.1 mm, sepertiga dari ukuran RS-MMC, voltase yang dapat digunakan untuk MMCMicro adalah 1.8v dan 3v sama seperti MMCMobile. Beberapa contoh telepon selular yang menggunakan MMCMicro adalah Samsung V770, V7800, D720 dan D730.

Mungkin Secara sekilas adapter untuk MicroSD dan MMCMicro terlihat sama dan bisa ditukar tapi kenyataannya tidak bisa, karena MMCMicro lebih besar sehingga tidak bisa masuk ke slot MicroSD.

XD (xD) Picture Card adalah kartu memori yang khusus untuk digunakan pada kamera digital, contohnya adalah kamera digital dari Fuji Film dan Olympus. xD Picture Card memiliki 18 pin, berukuran 25 x 20 x 1.7 mm dan dapat mendapat kecepatan transfer hingga 5.0 MB per detik, xD menggunakan voltase 3.3V.

SM atau SmartMedia adalah sebuah tipe kartu memori yang sekarang dapat dikatakan telah tidak dibuat lagi alias tidak dipakai lagi, dulu nya SM banyak digunakan untuk MP3 player di Korea. Hilangnya SM sangat dimungkinkan karena ukuran nya yang besar 45 x 37 x 0.76 mm, lebih besar dari CF, tapi karena CF memiliki bodi kasing yang keras dan konektor interface yang kompatibel dengan ATA maka CF dapat terus digunakan dan dibuat performanya lebih cepat, sedangkan SM dengan bodi kasing yang flexibel/lentur dan berkecepatan yang rendah maka tidak berumur panjang. Voltase yang digunakan untuk SM adalah 3.3V.


MS atau Memory Stick adalah suatu kartu memory yang dikembangkan oleh Sony untuk produk kamera digital dan handycam Sony tapi lama kelamaan digunakan juga untuk produk telepon selular seperti Sony Ericsson P900. Ukuran Memory Stick adalah 50 x 21.5 x 2.8 mm dan memiliki 10 pin. Ciri kas MS adalah ukuran panjangnya yang sepanjang baterai bulat tipe AA biasa (50 mm).

MS Duo atau Memory Stick Duo adalah penerus MS yang memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu 30 x 21 x 1.6 mm, MS Duo dapat menggunakan adapter agar dapat berfungsi normal sebagai MS, tujuan dibuatnya MS Duo adalah agar perangkat elektronik (khususnya produk Sony) yang menggunakannya dapat berdimensi lebih kecil.

MS PRO atau Memory Stick PRO adalah suatu upgrade Memory Stick akan penambahan kecepatan dan kapasitas, ukuran bodi MS PRO sama dengan MS. Bentuk upgrade dari MS ke MS PRO mirip seperti upgrade dari MMC ke MMCPlus (hanya beda kecepatan dan kapasitas maksimum).

MS PRO Duo adalah MS PRO yang berukuran kecil sama seperti MS Duo yaitu 30 x 21 x 1.6 mm. Bentuk upgrade dari MS PRO ke MS PRO Duo mirip seperti upgrade dari MMCPlus ke MMCMobile (hanya beda bentuk).

Kira kira kartu tipe memori flash apalagi yang akan dikeluarkan pada masa mendatang ? apa keuntungan keaneka ragaman tipe memori flash ini bagi vendor ? apakah mungkin karena demi keuntungan bisnis agar bisa membuat produk yang lebih bervariasi ? atau vendor mungkin hanya ingin mengikuti ("ngirih") vendor lain yang membuat tipe memori baru ? yang pasti hal ini akan membuat calon pembeli semakin pusing memilih dan membuang buang uang untuk terus menerus membeli tipe memori jenis yang berlainan untuk digunakan dalam perangkat elektronik baru nya.

Masalah atau fenomena ini sama seperti pengguna komputer yang biasanya diharuskan mengganti motherboard juga jika ingin menggunakan prosesor model terbaru yang membutuhkan tipe/jenis "socket" yang lain yang secara teorinya tidak diperlukan karena tidak adanya alasan teknologi yang mutlak.


sumber: Cell Phone Reviews and News - Welcome to Mobiledia
 
ulasannya bermanfaat banget. jadi nambah wawasan neeh. thx for share
 
Informasi yang lengkap ini gan, karena memang membutuhkan uraian tentang memory card ini. Sekarang sudah sangat banyak digunakan oleh para pengguna ponsel jadi tidak asing lagi.
 
Back
Top