Bentrok Warga di Lampung Selatan, 60 Rumah Dibakar
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Bentrok Warga di Lampung Selatan, 60 Rumah Dibakar

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Indonesia] Bentrok Warga di Lampung Selatan, 60 Rumah Dibakar

60 rumah dibakar, warga mengungsi
Selasa, 24 Januari 2012 16:18 WIB





Bandarlampung (ANTARA News) - Bentrokan antarwarga berbuntut pembakaran 60 rumah di Desa Sidomulyo, Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Selasa, dan banyak warga setempat terpaksa mengungsi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA Lampung menyebutkan, selain 60 rumah dibakar, massa juga merusak 23 rumah lainnya.

Penduduk di desa itu juga telah mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari bentrokan susulan antarwarga di desa tersebut.

Ratusan petugas dari Polda Lampung dan Polres Lampung Selatan dibantu aparat TNI berjaga-jaga di lokasi bentrokan untk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Petugas nampak berjaga-jaga untuk mengatisipasi datangnya warga dari daerah lain yang ingin membantu sanak keluarganya yang tengah bertikai di sana.

Ribuan warga dengan membawa berbagai jenis senjata tajam terlihat di lokasi bentrokan.

Petugas sempat mengalihkan kendaraan yang melintasi jalan lintas Sumatera serta menutup ruas jalan dari arah Desa Katibung hingga Tanjungan Kabupaten Lampung Selatan.

Kendaraan bus dan pribadi juga diarahkan untuk masuk ke SPBU kawasan sekitar selama beberapa jam menunggu kondisi normal.

Sementara jalan masuk menuju Desa Sidomulyo dijaga ketat petugas dan dilarang masuk ke lokasi berjarak sekitar 5 kilometer dari perempatan jalan lintas Sumatera.

Kapolda Lampung Brigjen Pol Jodie Rooseto, Danrem 043 Garuda Hitam Kolonel Amalsyah Tarmizi, Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza, Kapolres Lampung Selatan AKBP Harry Muharram mengunjungi lokasi bentrokan di desa tersebut.

Hingga berita ini diturunkan kondisi di desa tersebut mulai kondusif dan petugas masih berada di lokasi untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.



Antaranews




-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121

Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Bentrok Warga di Lampung Selatan, 60 Rumah Dibakar

bentrokannya karena apa ya?
zoeratmand
zoeratmand zoeratmand is offline
Continent Level

Post: 6.485
 
Reputasi: 226

__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua





Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Bentrok Warga di Lampung Selatan, 60 Rumah Dibakar

Kutip:
Oleh zoeratmand View Post
bentrokannya karena apa ya?
Ada di berita yang berikut ini...

Kutip:
Polda Lampung tetapkan siaga I di Sidomulyo
Selasa, 24 Januari 2012 15:19 WIB

Sidomulyo, Lampung (ANTARA News) - Polda Lampung menerapkan kondisi siaga I di titik rawan konflik di Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan.

"Ada 1.500 lebih personel yang kami kerahkan untuk mengamankan wilayah konflik antarwarga di Desa Sidowaluyo dengan warga Desa Kota Dalam, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan," kata Kapolda Lampung Brigjen Jodie Rooseto di Sidomulyo, Selasa.

Kepolisian, menurutnya, melakukan pengamanan berlapis di daerah tersebut sampai wilayah itu benar-benar kondusif.

"Pasca-pembakaran perkampungan warga, kami imbau agar warga tetap berada di lokasi pengungsian sampai dilakukan pemulihan desa rawan konflik itu," katanya.

Sebelumnya, puluhan rumah warga di Desa Sidowaluyo, Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan, dibakar oleh ribuan warga dari desa lainnya.

Menurut keterangan warga, konflik antarwarga terjadi sejak hari Minggu sore. Keributan itu dipicu perebutan lahan parkir dan juga hiburan orgen tunggal yang melibatkan warga kedua desa itu.

Desa Sidomulyo sudah dikosongkan oleh pemiliknya, saat warga Desa Kota Dalam membakar perkampungan itu.

Ditemukan satu orang lanjut usia dalam kondisi lumpuh, berada di rumahnya saat perkampungan itu dibakar.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui jumlah kerugian akibat konflik antarwarga itu.

Sementara itu, kepolisian dan tentara yang berada di lokasi tampak tak berdaya menghentikan aksi warga yang membabi buta itu.

Sebanyak 60 rumah di Desa Sidowaluyo Kecamatan Sidomulyo, Kabaupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Selasa, dibakar massa menyusul bentrokan antarwarga di daerah itu.

Selain itu, 23 rumah lainnya dilaporkan rusak parah demikian informasi yang dikumpulkan ANTARA di lapangan.



Antaranews



-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Bentrok Warga di Lampung Selatan, 60 Rumah Dibakar

Kutip:
Menurut keterangan warga, konflik antarwarga terjadi sejak hari Minggu sore. Keributan itu dipicu perebutan lahan parkir dan juga hiburan orgen tunggal yang melibatkan warga kedua desa itu.
bisa dianggap hal sepele niy, tapi akibatnya gak sepele...
zoeratmand
zoeratmand zoeratmand is offline
Continent Level

Post: 6.485
 
Reputasi: 226

__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Bentrok Warga di Lampung Selatan, 60 Rumah Dibakar

Aku pikir ada latar belakang etnis juga tuh... Karena kalo lihat beritanya di tipi, rumah2 yang dibakar itu depannya terlihat ada semacam pura kecil khas rumah orang Bali... Beberapa kali aku ke Lampung sering lihat banyak sekali perkampungan Bali di sana...
Dan kalo lihat lokasinya, daerah Kota Dalam itu kalo nggak salah native personnya masih banyak...

Mungkin Darkgrey atau den Masykur bisa kasih penjelasan lebih lanjut nih soal daerah konflik itu.... :D




-dipi-
Dipi76
Dipi76 Dipi76 is offline
Continent Level

Post: 9.575
 
Reputasi: 1121



loading...



Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Bentrok Warga di Lampung Selatan, 60 Rumah Dibakar

emm...begitu ya mba...nunggu bang darkgrey ma den masykur deh...
zoeratmand
zoeratmand zoeratmand is offline
Continent Level

Post: 6.485
 
Reputasi: 226

__________________
just zoeratmand

Wanita Kedua





Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Bentrok Warga di Lampung Selatan, 60 Rumah Dibakar

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
Aku pikir ada latar belakang etnis juga tuh... Karena kalo lihat beritanya di tipi, rumah2 yang dibakar itu depannya terlihat ada semacam pura kecil khas rumah orang Bali... Beberapa kali aku ke Lampung sering lihat banyak sekali perkampungan Bali di sana...
Dan kalo lihat lokasinya, daerah Kota Dalam itu kalo nggak salah native personnya masih banyak...

Mungkin Darkgrey atau den Masykur bisa kasih penjelasan lebih lanjut nih soal daerah konflik itu.... :D




-dipi-
aku malah baru tahu dari cerita temen2 tadi pagi, "katanya" memang bentrok antara suku bali dan lampung.
masykur
masykur masykur is offline
Mod

Post: 2.114
 
Reputasi: 176

Dipi76:





Reply With Quote     #8   Report Post  

Re: Bentrok Warga di Lampung Selatan, 60 Rumah Dibakar

dari dulu latihan perang melulu, kapan ganyang malaysia nya???
nizhami
nizhami nizhami is offline
Continent Level

Post: 6.519
 
Reputasi: 155

Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Bentrok TNI dengan Warga di Kebumen. Dipi76 Politik, Ekonomi & Hukum 6
Bentrok Warga di Tarakan spirit Politik, Ekonomi & Hukum 2
Warga dan TNI nyaris bentrok andree_erlangga Politik, Ekonomi & Hukum 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2019, Jelsoft Enterprises Ltd.