Menunggu Badak Pejantan Kelahiran Amerika
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Menunggu Badak Pejantan Kelahiran Amerika

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Menunggu Badak Pejantan Kelahiran Amerika

Menunggu Badak Pejantan Kelahiran Amerika


BANDARLAMPUNG, SABTU - Seekor badan jantan muda tengah dipersiapkan kepulangannya dari negeri Paman Sam ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Badak bernama Andalas yang merupakan hasil pembiakan di kebun binatang Los Angeles ini diharapkan bisa menjadi pejantan tangguh bagi badak-badak betina di Lampung.

Andalas akan ditempatkan di Suaka Badak Sumatera (SRS) Way Kambas sebagai upaya penangkaran badak Sumatera bercula dua (Dicerorhinus sumatrensis). Sampai saat ini, baru terdapat seekor badak jantan bernama Torgamba dan tiga badak betina bernama Bina, Ratu, dan Rosa di lokasi penangkaran tersebut.

Kendati telah berkali-kali terjadi perkawinan badak betina dengan Torgamba, ternyata belum ada badak betina yang hamil dan melahirkan anakan. Diduga terjadi masalah dengan kualitas sperma Torgamba yang telah berusia tua sehingga gagal membuahi. Selain itu, badak tergolong hewan soliter yang suka menyendiri sehingga perkawinan di antaranya relatif sangat jarang.

Kedatangan Andalas yang berusia lebih muda diharapkan dapat membuka peluang terjadinya pembuahan dan menghasilkan keturunan. Pengelola (SRS) telah menyiapkan kandang alami bagi Andalas yang rencananya akn diserahterimakan kepada Menteri Kehutanan pada Selasa (20/2). Andalas rencananya akan dibawa ke SRS TNWK melalui jalan darat kemudian menyeberangi Selat Sunda (Merak- Bbakauheni) dan akan sampai di Lampung Timur Rabu (21/2)

"Andalas seperti pulang kembali ke habitat aslinya di Indonesia," kata Site Manager SRS TNWK, Drh. Marcellus Adi, CTR. namun, misi utamanya adalah melestarikan badak Sumatera yang sudah sangat langka. Badak Sumatera adalah salah satu spesies badak langka yang dilindungi di dunia yang upaya pembiakan dan pelestarianya mendapatkan dukungan dunia internasional.


Sumber: Antara
Penulis: Wah
gupy15
gupy15 gupy15 is offline
Mod

Post: 2.771
 
Reputasi: 131

Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Menjadi Gampangan Saat Pejantan Jarang gupy15 Science & Penemuan 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.