Menunggu Badak Pejantan Kelahiran Amerika

gupy15

Mod
Menunggu Badak Pejantan Kelahiran Amerika


BANDARLAMPUNG, SABTU - Seekor badan jantan muda tengah dipersiapkan kepulangannya dari negeri Paman Sam ke Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Badak bernama Andalas yang merupakan hasil pembiakan di kebun binatang Los Angeles ini diharapkan bisa menjadi pejantan tangguh bagi badak-badak betina di Lampung.

Andalas akan ditempatkan di Suaka Badak Sumatera (SRS) Way Kambas sebagai upaya penangkaran badak Sumatera bercula dua (Dicerorhinus sumatrensis). Sampai saat ini, baru terdapat seekor badak jantan bernama Torgamba dan tiga badak betina bernama Bina, Ratu, dan Rosa di lokasi penangkaran tersebut.

Kendati telah berkali-kali terjadi perkawinan badak betina dengan Torgamba, ternyata belum ada badak betina yang hamil dan melahirkan anakan. Diduga terjadi masalah dengan kualitas sperma Torgamba yang telah berusia tua sehingga gagal membuahi. Selain itu, badak tergolong hewan soliter yang suka menyendiri sehingga perkawinan di antaranya relatif sangat jarang.

Kedatangan Andalas yang berusia lebih muda diharapkan dapat membuka peluang terjadinya pembuahan dan menghasilkan keturunan. Pengelola (SRS) telah menyiapkan kandang alami bagi Andalas yang rencananya akn diserahterimakan kepada Menteri Kehutanan pada Selasa (20/2). Andalas rencananya akan dibawa ke SRS TNWK melalui jalan darat kemudian menyeberangi Selat Sunda (Merak- Bbakauheni) dan akan sampai di Lampung Timur Rabu (21/2)

"Andalas seperti pulang kembali ke habitat aslinya di Indonesia," kata Site Manager SRS TNWK, Drh. Marcellus Adi, CTR. namun, misi utamanya adalah melestarikan badak Sumatera yang sudah sangat langka. Badak Sumatera adalah salah satu spesies badak langka yang dilindungi di dunia yang upaya pembiakan dan pelestarianya mendapatkan dukungan dunia internasional.


Sumber: Antara
Penulis: Wah
 
Back
Top