Januari Terpanas Dalam Sejarah
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Januari Terpanas Dalam Sejarah

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Januari Terpanas Dalam Sejarah

Januari Terpanas Dalam Sejarah


Bulan Januari 2007 tercatat sebagai bulan Januari terpanas sepanjang sejarah. Suhu rata-rata selama sebulan kemarin mencapai 12,85 derajat Celcius atau 0, 85 derajat lebih panas dari rata-rata suhu bulan Januari selama abad ke-20.

Kenaikan suhu tercatat baik di darat maupun di laut sehingga secara umum memecahkan rekor suhu terpanas bulan Januari sebelumnya yang terjadi pada tahun 2002 yakni pada suhu 12,71 derajat Celcius. Bahkan suhu rata-rata di darat sebulan terakhir mencapai 1,88 derajat lebih panas dari rata-rata suhu bulan Januari dalam seabad.

Perubahan suhu yang cukup besar tercatat terjadi di kawasan belahan Bumi bagian utara yang jauh dari garis khatulistiwa. Pada bulan Januari lalu, sebagian besar Eropa Timur dan Russia merasakan kenaikan suhu lebih dari 4 derajat lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. kenaikan suhu lebih dari 2,5 derajat Celcius terjadi di sebagain besar Kanada. Akibat kenaikan suhu, 25 persen wilayah AS juga mengalami kekeringan.

Kondisi ini diperkirakan sebagai akibat efek El Nino yang terjadi sejak September hingga Januari. Selain itu, National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) melaporkan tren kenaikan suhu juga dipicu pemanasan global yang berlangsung saat ini. Jika tren pemanasan global tidak dapat ditekan, para ilmuwan memperkirakan tahun 2007 mungkin akan menembus rekor tahun terpanas.


Sumber: LiveScience.com
Penulis: Wah
gupy15
gupy15 gupy15 is offline
Mod

Post: 2.771
 
Reputasi: 131

Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.