Kepiting Raja Kembali ke Antartika
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Kepiting Raja Kembali ke Antartika

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Kepiting Raja Kembali ke Antartika

Kepiting Raja Kembali ke Antartika


KCM - Bukan Sekadar Berita
Perubahan ekologis sepertinya tengah terjadi di kawasan Antartika. Karena naiknya suhu perairan akibat pemanasan global, kepiting raja kembali memasuki wilayah di sekitar Kutub Selatan yang tidak dijelajahinya selama sekitar 15 juta tahun.

Pergeseran lempeng tektotik di bagian paling selatan benua Antartika pada saat itu menyebabkan terbentuknya pola arus kutub yang sangat dingin dan mengelilingi benua Antartika. Suhu air mendekati nol derajat Celcius sehingga tubuh predator seperti kepiting raja tidak sanggup lagi hidup di sana. Karena fisiologi tubuhnya tidak sanggup menahan suhu beku, kepiting raja berpindah ke laut dalam di bawah 1.500 meter yang suhunya bertahan sekitar 2 derajat Celcius.

Namun, belakangan suhu air laut sekitar Atlantik yang lebih dangkal naik mendekati 1 derajat Celcius karena pemanasan global. Pada suhu 1 derajat Celcius, kepiting raja masih sanggup bertahan hidup. Maka para peneliti Inggris dari kapal penelitian James Clark Ross melakukan pengamatan menggunakan robot bawah air bernama Isis.

Terbukti, robot yang dikendalikan jarak jauh untuk mengamati lempeng benua Antartika berhasil merekam keberadaan kepiting raja pada kedalaman 1.100 meter pada 25 Januari lalu. Sebuah kepiting raja berdiameter 50 centimeter terlihat merambat di dasar batuan dekat Antartika di kedalaman yang mustahil terlihat sebelumnya.

Dari atas kapal Dave Turner, teknisi dari Pusat Oseanografi Nasional Universitas Shouthampton (NOCS) dengan sigap mengendalikan lengan robot Isis untuk menangkap kepiting tersebut dan measukkannya ke dalam kantung sampel. DNA-nya akan diperiksa dan dibandingkan dengan DNA kepiting dari wilayah lainnya agar diketahui asalnya.

"Jika ini awal invasi, maka selanjutnya menjadi awal perubahan komunitas di Semenanjung Antartika," ungkap Sven Thatje, seorang ekolog laut dari NOCS. Sejak seekor kepiting tertangkap di sana, 22 peneliti yang ada di kapal bergantian tiap 4 jam untuk mengamati lempeng benua Antartika untuk mencari kepiting lainnya. Namun, sampai ekspedisi diakhiri pada 6 Februari tidak ditemukan kepiting lainnya.


Sumber: Science
Penulis: Wah
Attached Thumbnails
Kepiting Raja Kembali ke Antartika-kepiting_raja.jpg  
gupy15
gupy15 gupy15 is offline
Mod

Post: 2.771
 
Reputasi: 131

Loading...
       
loading...
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.