4 Kapal Tempur AS Segera Beroperasi di Singapura

HulkHogan

New member
79QIn0ICl1.jpg

Foto : defense-update

SINGAPURA - Amerika Serikat (AS) akan mengoperasikan empat kapal tempurnya yang canggih di perairan Singapura. Operasi dari kapal berkecepatan tinggi itu, merupakan bagian dari kebijakan pertahanan AS di wilayah Asia Pasifik yang hendak membangun keseimbangan kekuatan dengan China.

Kapal tempur yang rencananya dikerahkan ke Singapura, merupakan Kapal Tempur Pesisir (LCS). Kapal LCS tampil dengan bentuk lambung dan struktur yang berbeda dengan kapal tempur pada umumnya. LCS juga terlihat lebih rapih dan memiliki persenjataan yang cukup mematikan.

Meski pengerahan kapal tempur itu mulai dibicarakan pada 2011 lalu, Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengkonfirmasi pengerahan armada tempur itu pada April 2012. Hen juga mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan AS Leon Panetta di Washington untuk membicarakan proposal pengerahan empat LCS di Singapura.

Kapal LCS tidak berlabuh di Singapura, namun kapal itu akan tetap bergerak ke dalam dan luar Singapura untuk berlatih dan mengadakan kontak dengan negara lain. Kehadiran kapal LCS juga tidak luput dari kontroversi terkait fokus kebijakan pertahanan Negeri Paman Sam, yang hendak menjaga keamanan di laut lepas. Demikian seperti diberitakan Japan Times, Selasa (8/5/2012).

Di saat AS menerapkan penghematan dalam anggaran pertahanan, penggunaan LCS dinilai cukup bermanfaat untuk Angkatan Laut AS. LCS dipastikan akan digunakan sebagai armada tempur AS, menggantikan 51 kapal destroyer Aegis. LCS bahkan memiliki kecepatan 74 kilometer perjam, kecepatan ini dinilai lebih baik ketimbang kapal destroyer.

Ukuran dari kapal LCS juga lebih kecil dibanding kapal tempur lainnya. LCS memang dirancang agar dapat bergerak lincah di lautan dan sanggup beroperasi di wilayah pesisir pantai. Namun kapal itu dilengkapi pula dengan perangkat penyapu ranjau, senjata-anti kapal selam, serta senjata untuk menyerang daratan.


Sumber : international.okezone.com
 
dari mana om jape tau antara singapur dan malay berantem?

kalo gitu, indonesia juga terancam dong kalau keduanya konflik? >%|
 
dari mana om jape tau antara singapur dan malay berantem?

kalo gitu, indonesia juga terancam dong kalau keduanya konflik? >%|

dulu singapore itu adalah bagian dari malaysia. Thn 1965 singapura menarik diri daripada malaysia dan kemudian terjadinya kerusuhan etnis pada 1969. Dan sejak itulah malaysia dan singapore tak akur2 banget hingga kini.
 
Back
Top