Indonesia data center (IDC) duren 3 kebakaran,beberapa situs kaya detik,indowebster,dll gak bisa diakses sementara

jacksonmike

New member
heboh nih,baru aja barusan kebakarannya,situs apa aja yang disitu ya,google sama yahoo indo ada disitu juga ga ya servernya
 
beritanya disini :
Server IDC Duren 3 Kebakaran, Detik, Indowebster, Okezone Tidak bisa dibuka
Kabar mengejutkan datang dari web berita terkenal Detik.com, Detik.com tidak bisa diakses sekarang dan kabarnya server tempat detik.com sedang terjadi kebakaran. Namun Alhamdulillah, kebakaran tidak sampai ke ruang server dan mungkin beberapa hari lagi Server sudah bisa kembali dijalankan dan Detik.com bisa diakses kembali. Server IDC Duren 3 Kebakaran, Detik, Indowebster, kapan Lagi Tidak bisa dibuka.

Berikut ini pesan yang kami dapatkan :

‎"Dear *******, kami mendapatkan informasi bahwa terjadi kebakaran UPS di datacenter IDC - Duren Tiga. Saat ini sedang dilakukan pemadaman listrik di datacenter yang secara langsung berimbas pada seluruh server yang berada disana dan juga kepada ISP yang memiliki router utama disana.

Saat ini kami juga menunggu dan mengikuti seluruh update dari pihak datacenter.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih."
sumber
Kebakaran UPS DataCenter IDC Duren Tiga
Kabar mengejutkan terjadi beberapa waktu lalu, dimana sebagian jaringan internet yang di host di IIX offline. Hal ini terjadi karena adanya kebakaran UPS di datacenter IDC - Duren Tiga Jakarta. Hal ini tentu saja berimbas kepada seluruh server yang berada disana dan juga ISP yang memiliki router utama disana.

Bisa dilihat pada pukul 21:00 WIB 12 Agustus 2012, situs-situs besar seperti detik com, kapanlagi, vemale, blogdetik com, idblognetwork, Indowebster, Okezone, Mytrans, voa-islam, muslimdaily, tribunnews, salam-online, alislamu, merdeka bahkan situs pemerintah kemdikbud.go.id tidak bisa di akses, dan banyak sekali situs yang menggunakan hosting di sana menjadi down alias offline.

Belum lagi termasuk beberapa layanan game online seperti RF, DOTA dan Game Online Gemscool juga mulai terkena imbas menjadi down - offline dari kebakaran ini.

Hal ini tentu menjadi sebuah bencana internet bagi Indonesia, karena puluhan juta visitor terutama yang berniat berkunjung ke situs-situs berita yang kebetulan menggunakan server dari DataCenter IDC Duren Tiga tidak bisa masuk dan memperoleh berita terkini. Juga menjadi bencana bagi banyak situs dan blog yang menggunakan datacenter tersebut sebagai pusat hosting web mereka.

Namun karena kebakaran yang terjadi hanya menimpa unit UPSnya saja, maka para pemilik situs bisa bernafas lega karena kebakaran tidak mencapai lokasi datacenter yang bisa berakibat fatal bagi jaringan internet di Indonesia.

Menurut informasi, kebakaran IDC Duren Tiga terjadi akibat ledakan UPS di lantai 2 gedung yang membuat jaringan IIX lewat OPENIXP, server dan hosting serta ISP yang berlokasi di tempat tersebut menjadi offline dan tidak bisa diakses di seluruh Indonesia.
sumber
UPS Terbakar, Situs Online Tak Bisa Diakses
Satu unit UPS (Uninterruptible power supply) milik perusahaan server IDC (Internet Data Centre) di Jl.Duren III Raya No.7 H Kav.II, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, mengeluarkan percikan api.

Akibatnya, sejumlah situs online tidak bisa diakses. Hendri (45), Direksi IDC mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi pukul 18.50 WIB. Saat itu, kondisi gedung dalam keadaan sepi, hanya ada beberapa teknisi rutin.

Percikan api muncul dari sebuah UPS di lantai 3 bangunan. "Dari delapan UPS yang kita punya, satu mengeluarkan percikan api. Akhirnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kita shut down," ujarnya kepada Kompas.com saat ditemui di lokasi, Minggu (12/8/2012) malam.

Akibat dari percikan api pada satu UPS tersebut, sejumlah situs online di Indonesia dikabarkan tak diakses. Beberapa situs tersebut diantarnya adalah detik.com, okezone.com, idc.co.id, dan forum indowebster.web.id.

"Hampir semua berita online servernya disini. Nggak tau penyebabnya, tiba-tiba saja mengeluarkan api," lanjutnya.

Dihubungi terpisah, Franz Hoden, Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan mengatakan, sebanyak 11 mobil DPK diterjunkan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Namun, dari 11 mobil, yang beroperasi aktif hanya dua kendaraan. "Kita terima berita jam 18.50 WIB. Api dapat dikuasai jam 19.25 WIB minta pengerahan 11 unit. Tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, situasi gedung sudah mulai kondusif, meski dua mobil DPK masih berada di lokasi. Para pegawai yang tengah libur tampak memadati sekitar gedung kantor sambil melihat-lihat situasi.

Belum ada seorang pun karyawan yang boleh memasuki area.
sumber
----------------
pantesan tadi saya tdk bisa buka detik <:|

menurut info, katanya servernya akan pulih​
Server IDC Segera Pulih
Pasca Kebakaran IDC Duren 3 yang terjadi akibat percikan api di salah satu UPS (Uninterruptible power supply) milik perusahaan server IDC di Jl.Duren III Raya No.7 H Kav.II, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan mengakibatkan sebagian ruangan di lantai 2 tersebut hangus terbakar dan 8 UPS (Uninterruptible power supply) milik IDC pun ikut hangus terbakar. Salah seorang direksi IDC mengatakan, dalam waktu dua jam ini beberapa server yang terpaksa dimatikan secara bertahap akan dinyalakan. Pihaknya sendiri juga mengatakan, Kebakaran yang terjadi minggu malam tadi tidak menyebabkan kerusakan di Jaringan Server yang terkoneksi ke ISP seluruh Indonesia ini. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Chairman IDC Johar alam di akun twitternya.
Pada penanganan kebakaran di gedung IDC tersebut, pihak gedung IDC telah memerintahkan tim pemadam kebakaran DKI Jakarta untuk tidak menggunakan Air melainkan menggunakan Blower. Pihak IDC menambahkan, hal ini guna memperkecil kemungkinan terburuk yang akan terjadi bila kabel utama server terkena air.
sumber
 
Back
Top