"Tradisi Unik" Menjaga Persaudaraan Dengan Mepe Kasur :)

jozz78

New member
Ghiboo.com - Sepertihalnya menjelang perayaan Idul Fitri, masyarakat di Indonesia pun mempunyai tradisi tersendiri untuk menyambut perayaan Idul Adha, atau yang lebih dikenal lebaran haji.

Di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur misalnya, setiap menjelang Hari Raya Idul Adha masyarakat disini mempunyai satu tradisi unik untuk menyambut perayan tersebut yakni mepe kasur.

Tradisi ini biasa dilakukan oleh masyarakat Using, atau penduduk asli Banyuwangi, atau biasa juga disebut sebagai "wong Blambangan" dan merupakan penduduk mayoritas di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan Mepe kasur, atau menjemur kasur menjelang Idul Adha ini sudah lama dilakukan oleh masyarakat Using. Biasanya masyarakat akan melakukan kegiatan ini 2 hari menjelang perayaan.

Menurut catatan, tradisi mepe kasur digelar sebagai upaya bersih desa atau tolak balak, dan juga sebagai lambang kerukunan dan semangat bekerja dalam rumah tangga bagi masyarakat using.

s_big_mepe_kasur_5087966839deb-8204904508732703829_jpg.png


Berita lengkap di mari gan :)
http://www.iyaa.com/gayahidup/wisata/Umum/2259855_1336.html
 
Last edited:
Menurut catatan, tradisi mepe kasur digelar sebagai upaya bersih desa atau tolak balak, dan juga sebagai lambang kerukunan dan semangat bekerja dalam rumah tangga bagi masyarakat using

hmm bagaimana caranya bisa begitu ya
dan juga tidak malu itu kalau kasurnya ada "sesuatu", he
 
Back
Top