6 Cara Efektif Berkomunikasi dengan Pasangan

agen_pale

New member
Rahasia untuk mencapai hubungan yang sukses adalah dengan melakukan komunikasi yang baik. Sebuah hubungan bukan hanya tentang hari-hari yang bisa dilalui dengan indah ataupun penuh dengan argumen yang melampaui kendali. Untuk mendapatkan hubungan yang baik sehingga jalinan asmara semakin kuat, sangat penting untuk memiliki komunikasi yang efektif dengan pasangan Anda.

Awalnya, kedua kepribadian yang beragam tampaknya saling melengkapi satu sama lain dengan cara yang berbeda dan pikiran mereka. Seiring dengan berjalannya waktu, perbedaan-perbedaan ini menyebabkan gesekan dalam hubungan.

Ini bukan berarti bahwa Anda, tiba-tiba menemukan kekurangan pasangan Anda. Hanya saja atribut sisi negatif cenderung akan semakin terlihat. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya argumen yang mencapai titik di mana tidak ada titik temu.

Satu-satunya solusi untuk situasi seperti ini adalah untuk menerima pasangan Anda apa adanya tentu adalah dengan membicarakannya secara baik-baik. Dengan begitu, masalahpun bisa diselesaikan dengan kepala dingin

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan tanpa menyakiti mereka atau merusak hubungan.

1. Dengarkan baik-baik
Kunci untuk komunikasi yang efektif adalah mendengarkan secara efektif. Dalam rangka untuk meghargainya dan memberikan rasa hormat, Anda harus terlebih dahulu harus menyiapkan kuping Anda untuk mendengarkan keluh kesahnya.
Setiap kali mereka berbicara dengan Anda, cobalah untuk menghentikan aktivitas sejenak. Berhenti menonton TV atau bermain game di komputer, dan berpalinglah kepada pasangan. Dengan begitu, Anda menunjukkan perhatian dan mendengarkannya.
Menganggukkan kepala Anda, menjaga kontak mata adalah cara sederhana dengan mana Anda dapat menunjukkan pasangan Anda bahwa Anda peduli tentang apa yang mereka bicarakan.​

2. Bicara dengan cara yang sopan
Ketika Anda harus berbicara dengan mereka tentang sesuatu, lakukanlah dengan cara yang sopan. Jika Anda harus mengangkat masalah atau mengeluh tentang suatu hal, jangan pernah memulainya dengan menyalahkan mereka.

Pastikan Anda tidak marah atau menaikkan suara Anda. Ini akan mengambil percakapan dalam arah yang berbeda dan membunuh topik yang menjadi perhatian Anda.

3. Mencari waktu yang tepat untuk bicara
Jika Anda harus memberitahukan berita buruk atau ingin membahash konflik yang selama ini terjadi, coba piluh untuk mengatakannya dalam waktu yang tepat.

Tidak ada salahnya untuk menunda percakapan jika memang mood si dia dalam keadaan yang tidak baik. Bukannya menyelesaikan masalah, justru bisa semakin keruh. Atau bahkan bisa memercikan masalah lain yang tidak kalah pelik.

4.Berikan kesempatan padanya untuk mengeluarkan pendapat
Ketika Anda berbicara dengan mereka tentang sesuatu hal, jangan pernah mendominasinya. Sebaliknya, Anda perlu mengajukan pendapat dan bertanya bagiamana pandangan pasangan Anda?

Meskipun sibuk, memang sebaiknya Anda dan pasangan setidaknya dalam seminggu menyediakan waktu untuk duduk bersama dan berbicara tentang pikiran yang telah mengganggu Anda. Dari sini, Anda dan pasangan bisa saling bertukar pikiran, perasaan dan ide-ide.

5. Kejujuran adalah jalan terbaik
Terakhir, dan tidak kalah penting adalah perihal kejujuran. Di mana hal ini merupakan hal terbaik bahkan dalam sebuah hubungan. Bila Anda menemukan sesuatu yang mengganggu Anda,bicarakan secara langsung dengan pasangan.

Dengan begitu, pasangan Anda akan senang untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam pikiran Anda. Jika ada sesuatu yang memang harus diubah, maka dapat dilakukan sesegera mungkin. Bahkan, kejujuran Anda akan membantu Anda memperkuat hubungan Anda.
 
tu memeang benar apa lagi kalo jarang bertemu/ saling sibuk sati sama lain]
 
Last edited by a moderator:
Back
Top