Tips Hemat Saat Liburan

askom

New member
es_big_libur_hem_5118a6b4c7ff7-667572547731974995_jpg.png

Bagi sebagian orang liburan lebih banyak menghabiskan uang dengan cepat.

Apalagi berlibur ke tempat yang jauh seperti ke luar negeri.

Tapi sebenarnya tidak sepenuh benar kalau kita tau trik dan cara berhemat saat berlibur dan tetap menyenangkan bahkan banyak sensasi serta pengalaman baru yang anda rasakan, apa saja? Berikut ini tipsnya yang telah Ghiboo rangkum:

Membawa barang seperlunya
Batasi barang bawaan anda dengan begitu akan mengjemat biaya bagasi pesawat anda juga membuat perjalanan anda mudah dan nyaman. Utamakan kegunaan ketimbang fashion. Bawalah barang yang berfungsi serbaguna.

Pilih akomodasi sederhana
Liburan yang menyenangkan tidak harus tinggal di hotel mewah. Justru sering kali fasilitas yang disediakan hotel sama sekali tidak dibutuhkan. Jadi untuk apa anda membayar lebih untuk tidak itu? yang dibutuhkan hanya kamar yang nyaman dan kasur yang bersih untuk beristirahat.

Kurangi belanja
Sepanjang barang yang dibeli memang dibutuhkan. Apalagi kalau harga di sana lebih murah dari di tanah air tentu kesempatan tak boleh disia-siakan. Tetapi jangan sampai hanya lapar mata, mungkin terlalu larut dalam kegembiraan sehingga membeli apa saja yang mereka lihat.

Bergaya lokal
Apa pun yang berbau lokal pasti murah meriah. Harga di pasar setempat pasti lebih murah dari harga di toko khusus wisatawan. Demikian pula dengan tempat makan. Selain bisa menikmati sajian kuliner yang lebih asli, makan di restoran setempat (bukan khusus turis) pasti lebih murah.

Gunakan angkutan umum
Biasakan menggunakan transportasi umum yang disediakan untuk warga lokal ketimbang yang khusus turis. Misalnya, pilih bus yang berangkat dari terminal umum, bukan yang berangkat dari lokasi hunian wisatawan. Juga, tak perlu menggunakan taksi kalau ada alternatif lain yang lebih murah.
Pelajari rute angkutan umum seperti bus dan metro sebelum tiba si suatu kota. Jika suatu jarak bisa ditempuh berjalan kaki, mengapa tidak? Selain menghemat ongkos, Anda mendapat kesempatan lebih banyak untuk melihat kehidupan sehari-hari warga setempat.

Mandiri
Melakukan wisata secara mandiri, tanpa menggunakan agen wisata, bisa menekan biaya perjalanan cukup signifikan. Sebabnya, Anda bisa memilih sendiri akomodasi yang diinginkan, menentukan durasi liburan, serta memutuskan tempat mana yang akan dikunjungi. Semuanya bisa disesuaikan dengan isi kantong.

Gaya Hidup
 
Back
Top