Tontowi-Liliyana pertahankan gelar juara All England

askom

New member
ton-antara.jpg

Jakarta (ANTARA News) - Ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir berhasil mempertahankan gelar juara di turnamen bulu tangkis All England Superseries Premier, Minggu sore waktu setempat (Senin dini hari WIB).

Pasangan peringkat dua dunia itu mengalahkan ganda campuran asal China, Zhang Nan-Zhao Yunlei langsung dua skor 21-13, 21-17 dengan iringan dari dukungan puluhan suporter Indonesia yang memenuhi National Indoor Arena, Birmingham, Inggris.

Sempat tertinggal 0-2, Tontowi-Liliyana berhasil menyamai kedudukan 4-4 kemudian terus unggul 6-4. Pertahanan Nan-Yunlei pun mulai goyah sementara Tontowi-Liliyana mulai mengendalikan permainan.

Tontowi yang tampil cemerlang mencetak angka dari hujaman smes-smes kerasnya yang sering gagal dikembalikan lawan. Pasangan China peringkat 5 dunia itu dibuat kewalahan dengan pola permainan Tontowi-Liliyana yang kerap berubah posisi. Tontowi-Liliyana mengunci kemenangan pada game pertama dengan skor 21-13.

Nan-Yunlei hanya mampu bangkit sesaat di game kedua dengan unggul kembali di awal pertandingan. Namun duet Tontowi-Liliyana semakin solid. Liliyana yang sempat melakukan beberapa kali eror di game pertama, mulai terlihat nyaman dengan permainannya pada game kedua.

Perlawanan dari ganda China sempat membuat reli panjang namun smes keras dari Liliyana memecah kebuntuan sehingga mereka unggul 7-3. Tontowi-Liliyana terus melaju hingga 12-7 dengan penampilan Tontowi yang masih agresif.

Meski sempat dikejar ketat pada skor 12-10, namun kesalahan yang kerap dilakukan lawannya dari pukulan-pukulan sulit yang diberikan Tontowi maupun Liliyana membuat mereka tak lagi terkejar. Smes tajam dari Tontowi gagal dibalas baik oleh Yunlei yang akhirnya memberikan kemenangan bagi Tontowi-Liliyana 21-17.

Lewat kemenangann ini, Indonesia berhasil memboyong satu gelar dari kejuaraan bulu tangkis tertua di dunia itu.

 
Back
Top