Data payroll bagus, tapi tidak cukup

Mfxacademy

New member
Data payroll bagus, tapi tidak cukup

Menjelang rilisnya data resmi malam ini, beberapa data awal menunjukkan sinyalemen yang tidak begitu menggembirakan. Diantaranya pertumbuhan ketenagakerjaan AS yang mengalami kenaikan namun tidak cukup kuat untuk mendorong perekonomian setelah beberapa minggu terakhir menunjukkan kemerosotan.

Menurut Reuters, payroll non pertanian diperkirakan meningkat 145.000 lapangan kerja setelah di Maret lalu tersendat dan menembus level terendahnya 88.000. Jika digabungkan dengan data bulan lalu, maka jumlah ini masih jauh dibawah rata-rata 200.000.

Dapat disimpulkan bahwa perekonomian Amerika kehilangan momentum tapi tidak sampai anjlok. Dikwartal pertama, perekonomian tumbuh 2,5 persen pertahun, tapi jika dianalisa menggunakan data belanja sektor konstruksi, penjualan ritel dan perdagangan menunjukkan bahwa pertumbuhan akan dibawah angka diatas.

Yang menjadi penyebab rendahnya serapan tenaga kerja di Amerika adalah ketidakjelasan atas dampak tingginya pajak dan besarnya pemangkasan belanja pemerintah sehingga menurunkan permintaan. Untuk dapat dikatakan stabil, perekonomian Amerika membutuhkan angka lebih dari 3 persen.
 
Back
Top