Kalabia Evo-3, Mobil Hemat Energi Karya Mahasiswa UI

abiyuda78

New member
013_05_11_52_805547_IyGblxPGTf-6857360132363512370_jpg2.png

JAKARTA- Mobil hemat energi atau bahan bakar saat ini memang sedang banyak diminati oleh masyarakat umum, terlebih dengan isu kenaikan bensin yang rencananya akan diberlakukan pemerintah dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut disadari benar oleh tim Sadewa dari Universitas Indonesia, tim ini berhasil membuat sebuah mobil hemat energi dan tentunya ramah lingkungan.

"Mobil ini konsep awalnya adalah untuk mengikuti sebuah kompetisi Shell eco marathon Asia 2013, sebuah kompetisi yang menuntut irit-iritan bahan bakar," jelas Nizamuddin Aulia Tim Manager Sadewa UI di Jakarta.

Mobil Kalabia evo-3 ini sendiri merupakan mobil generasi ke-3 yang sudah dibuat oleh tim ini, untuk pengembangannya sendiri sudah dilakukan setiap tahun dan untuk mobil generasi ketiga ini sudah dilakukan sejak September 2012.

Kalabia evo-3 ini merupakan kendaraan ultra-efisien dan ramah lingkungan yang dirancang oleh tim Sadewa dengan menggunakan mesin motor Supra X yang berbasis teknologi injeksi dengan programmable ECU atau Elektronik Control Unit dan Sadewa BI-Spark Ignition.

Dengan optimasi mesin 4 langkah, desain chassis yang mumpuni, dilengkapi dengan teknologi material yang ringan dan kuat pada bodi yang aerodinamis, diharapkan Kalabia Evo-3 mencapai target konsumsi bahan bakar sebesar 250 km/l melewati dua pendahulunya.


 
Luar Biasa saya bangga dengan hasil karya anak bangsa sendiri,mudah-mudahan ini langkah awal bangsa indonesia untuk terus menciptakan hasil karya sendiri.
 
Back
Top