3 Manusia Tertinggi di Dunia

zackysetya

New member
Tubuh tinggi tentunya menjadi dambaan sebagian besar orang. Bahkan orang yang bertubuh pendek sampai melakukan banyak cara agar tubuhnya bisa tinggi. Tubuh tinggi yang sehat sangat berpengaruh dalam karir, apalagi di bidang militer, bisnis hiburan, atau atlet. Faktor tinggi badan menjadi faktor utama dalam pekerjaan-pekerjaan tersebut. Namun bagaimana bila pertumbuhan tinggi manusia itu di atas rata-rata (Gigantisme)? Gigantisme terjadi karena hormon pertumbuhan yang melampaui batas normal. Disebut gigantisme bila tinggi tubuh manusia lebih dari 2, 25 meter. Berikut ini adalah 3 orang tertinggi di dunia saat ini.

1. Sultan Kosen (2, 51 meter)
Sultan-Kosen.jpg

Pria berusia 30 tahun ini berasal dari Turki dan dicatat dalam Guinness World Records dengan tinggi badan 2,47 meter. Sultan Kosen tercatat sebagai manusia tertinggi di dunia sejak 25 Agustus 2009. Saat dinobatkan tingginya adalah 246,5 cm, namun saat itu tinggi tubuhnya masih terus bertambah. Kini, setelah menjalani pengobatan, Kosen akhirnya berhenti tumbuh dengan tinggi badan 251,5 cm. Dia juga tercatat sebagai salah satu dari 12 orang yang memiliki tinggi delapan kaki atau lebih.

Sultan Kosen menderita akromegali yaitu kondisi yang dipicu oleh tumor di kelenjar hipofisis. Hal ini menyebabkan kelebihan produksi hormon pertumbuhan, yang dapat mengakibatkan gigantisme bila terjadi sebelum masa pubertas. Namun dengan tinggi tubuhnya yang melebihi rata-rata, pria kelahiran 10 Desember 1982 ini kesulitan untuk bisa mendekati wanita. Untuk itu, Kosen fokus menjalani pengobatan untuk menghentikan pertumbuhannya agar tidak semakin tinggi. Sekitar 3 bulan lalu, dokter Kosen di Turki mengatakan ia akhirnya berhenti tumbuh. Kosen pun dinobatkan sebagai pria tertinggi di dunia yang masih hidup dengan tinggi badan 251,5 cm.

2. Zhao Liang (2,46 meter)
zhao-liang.jpg

Zhao Liang berasal dari China. Ketika usianya 31 tahun, tinggi badan Zhao mencapai 2,46 meter. Zhao Liang menjadi orang tertinggi kedua di dunia. Ketika umur 12 tahun, makanan kesukaan Zhao terdiri dari 8 kue kukus dan 3 piring makanan tambahan. Dokter yang merawat Zhao mengatakan, ia sehat dan tidak ada komplikasi yang berkaitan dengan tinggi badannya.

Ibu Zhao, Wang Keyun mengatakan bahwa anak lelakinya itu direkomendasikan menjadi anggota tim bola basket propinsi saat usia 17 tahun tetapi mengalami kecelakaan selama pelatihan dan harus kembali ke peternakan di desanya. Di tahun 2006, Zhao diterima masuk rombongan pertunjukan kesenian, tetapi kemudian kakinya terkilir. Sekarang, ia bekerja sebagai juru bicara mereka. Kekuatiran terbesar Wang, Zhao tidak dapat menemukan sepatu yang cukup besar untuk kakinya. Sepatu olah raganya yang sekarang dibeli di Amerika. Wang mengatakan kekuatiran terbesar keduanya adalah masalah jodoh. Hingga saat ini Zhao belum juga menemukan seorang istri.


3. Suparwono (2,42 meter)
Suparwono.jpg

Pria asal Lampung, Indonesia yang berusia 27 tahun ini memiliki tinggi sekitar 2,42 meter. Ia telah didaftarkan di Guiness Book of Record sebagai manusia tertinggi. Karena tinggi badannya itu, ia selalu menjadi perhatian warga setempat. Banyak warga yang meminta foto padanya. Bahkan ada semacam koordinator khusus mengenai ini. Untuk berfoto bersama Suparwono warga dikenai biaya sebesar Rp15.000,-.

Suparwono sebenarnya terlahir normal saat lahir. Berat tubuhnya empat kilogram dengan panjang 50 cm. Ketika berusia 10 tahun Suparwono mulai menunjukkan pertumbuhan yang sangat cepat. Bahkan pada usia 15 tahun tingginya telah mencapai 2, 25 meter. Tinggi badan Suparwono yang luar biasa inipun membuat sebuah klub basket profesional di Surabaya Jawa Timur merekrutnya. Namun pada tahun 2003 Suparwono mengalami cedera lutut sebelah kanan. Klub basket tempat Suparwono bergabung pun mendepaknya. Putra pasangan Sugito dan Siti Aisyah itu kemudian dioperasi di sebuah rumah sakit di Surabaya. Sejak itulah Suparwono tidak dapat beraktivitas secara normal. Pria tamatan Sekolah Dasar inipun kini hanya bekerja sebagai pencari rumput untuk pakan ternak dan menjadi buruh penebang tebu di sebuah perkebunan.
http://www.puncakdunia.com/3-manusia-tertinggi-di-dunia.html

References:
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_tallest_people
http://www.guinnessworldrecords.com/world-records/size/tallest-man-living
http://www.huffingtonpost.com/2012/06/08/sultan-kosen-worlds-tallest-man_n_1580402.html
http://www.dailymail.co.uk/news/article-1170525/At-towering-8ft-worlds-new-tallest-man.html
http://abcnews.go.com/topics/news/worlds-tallest-man.htm
http://www.nbcnews.com/health/worlds-tallest-man-finally-stops-growing-8-feet-3-inches-429745
http://www.thetallestman.com/sultankosen.htm
http://www.cbsnews.com/2300-204_162-10011628.html
http://www.worldslargestthings.com
http://www.huffingtonpost.com/2009/06/02/zhao-liang-worlds-tallest_n_210513.html
http://www.thetallestman.com/zhaoliang.htm
 
Suparwono.jpg

artikel d atas udah kadaluarsa. Soale Suparwono udah meninggal sejak tgl 22 Pebruari 2012 d usia 27 Tahun.

.
 
sempat terdaftar jadi klub basket di Surabaya, Jawa Timur tapi tak pernah ikut main sebab ada masalah pada persendiannya. Lemas.
ohiya ya berdiri saja sulit, harus dipapah ya, kasihan, ini karena nutrisi untuk tulang & otot tubuhnya kurang sepertinya, dengan tulang & otot sebanyak itu seharusnya makan & nutrisinya juga harus jauh lebih banyak dari orang biasa, ga cukup 1 porsi sekali makan

seandainya ada yang mengingatkan ini ke beliau, mungkin beliau masih hidup & sehat
 
loh.. Suparwono meninggal dunia?? sempat main sinetron ya kalo gak salah.. main sinetron yang tuyul tuyul itu..
 
Back
Top