Merawat Suede agar Tetap Awet

Kalina

Moderator
1245583shutterstock-81692926780x390.jpg


Kompas.com - Koleksi tas, sepatu, baju, maupun barang lainnya yang berbahan dasar suede memberi kesan mewah dan elegan. Suede diambil dari kulit bagian dalam, karena berasal dari sepotong kulit tipis, maka suede tidak tahan lama. Tekstur materialnya lebih rentan terhadap kerusakan dari air dan noda. Salah perawatan akan membuat barang-barang yang terbuat dari bahan suede tak bisa digunakan lagi.


Lakukan langkah perawatan berikut agar koleksi suede tetap awet.

1. Suede protector
Untuk melindungi suede dari debu dan kotoran, semprotkan cairan suede protector secara merata.

2. Karet penghapus
Debu yang menempel pada suede dapat dihilangkan dengan karet penghapus. Seperti menghapus tulisan yang salah, gosokkan karet penghapus searah, tapi jangan terlalu keras. Alternatif lain, tempelkan selotip bening pada suede lalu tarik perlahan.

3. Sikat dan air
Suede kesayangan Anda terkena kotoran yang menempel? Jangan khawatir, bersihkan dengan sikat khusus suede yang dibasahi air. Sikat kotoran perlahan dan searah. Bila tak ada sikat khusus suede, bisa juga menggunakan sikat gigi.

4. Air hangat
Suede yang terkena noda minyak bisa dibersihkan dengan cara merendamnya dalam air hangat, lalu sikat dengan sikat kuku perlahan dan searah.

5. Suede cleaner
Jika kotoran tetap membandel, gunakan suede cleaner. Semprotkan pada bagian yang kotor, kemudian sikat perlahan. Penting diingat, jangan membersihkan suede dengan detergen karena akan mengeras saat kering.

6. Freezer
Jika yang menempel adalah kotoran permen karet atau lelehan lilin, masukkan ke dalam freezer selama beberapa jam hingga kotoran mengeras, lalu bersihkan menggunakan sikat.

7. Agar suede tetap awet, terhindar dari serangga, dan terjaga kelembabannya, taruh silica gel atau kapur barus.

8. Hindari paparan sinar matahari langsung atau suhu yang terlalu panas karena suede akan berubah warna.
 
Back
Top