Harga Bensin di Raja Ampat Rp 15 Ribu Seliter
 
Go Back   Home > Travel, Transportasi, Penerbangan & Hotel

Daftar
Lupa Password?


Upload Foto Video Umum Radio & TV Online


Harga Bensin di Raja Ampat Rp 15 Ribu Seliter

Loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Harga Bensin di Raja Ampat Rp 15 Ribu Seliter

TRIBUNNEWS.COM, RAJA AMPAT - Mendapatkan bensin di Kabupaten Raja Ampat rupanya tidak mudah. Kalau pun ada, harganya relatif mahal.
"Di sini bensin kami beli Rp 15 ribu seliter. Bandingkan dengan di Makassar, hanya Rp 4.500 per liter," ujar Ahmad Hidayat yang ditemui di Penginapan Phuyakha Mengge, Jumat (22/11/2013) malam.
Penginapan Phuyakha Mengge ini berada di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Ahmad adalah sarjana lulusan Universitas Negeri Makassar (UNM) yang sejak beberapa bulan terakhir mengajar di SMA Negeri 1 Waisai.
Ahmad juga adalah satu dari lebih 30 penerima beasiswa dari Kemendikbud RI pada program sarjana mendidik di wilayah terluar, terpencil, dan terbelakang yang ditempatkan di Kabupaten Raja Ampat.
Selain bensin, makan minum dan sewa kos di Waisai, pun mahal. Harga makan nasi dengan lauk pauk berupa ikan masak harganya paling murah Rp 15 ribu sepiring. Kalau makan nasi dengan lauk pauk ayam, harganya paling murah Rp 20 ribu. Kadang Rp 25 ribu sepiring.
"Ini pun harga makan di warung-warung rumahan. Kalau kita makan di rumah makan milik penginapan atau resort, harganya melambung tinggi," tambah Ahmad yang pernah mengajar di SMA Islam Athirah di Makassar ini.
Bagaimana harga kamar kos di Waisai? Sama halnya dengan biaya makan, Ahmad harus mengeluarkan uang lebih banyak kerimbang sewa kamar kos di Kota Makassar.
"Di Waisai, saya biaya kamar kos saya sampai Rp 750 ribu sebulan. Itu pun rumah warga dengan dinding kayu beralas semen biasa. Tak ada fasilitas tambahan semacam kipas angin apalagi AC," tutur Ahmad lagi.
Padahal jika di Makassar, katanya, dengan harga Rp 500 ribu sebulan, ia bisa mendapati kamar kos di dekat kampus yang dilengkapi pendingin udara dan televisi serta kasur empuk.
Makanya kata Ahmad, selama hidup di Raja Ampat, sarjana geografi ini harus irit. Maklum beasiswa dari pemerintah yang diperolehnya selama mengajar di Raja Ampat hanya Rp 2,5 juta sebulan.
"Kalau di Makassar, Rp 2,5 juta sebulan sudah aman kita. Tapi di Raja Ampat, uang Rp 2,5 juta itu sangat sedikit. Jadi di sini kami benar-benar mengabdi," tuturnya.
Untunglah katanya, harga minyak tanah di Waisai relatif murah, Rp 4.500 seliter. Ia pun menggunakan minyak tanah untuk memasak air dan nasi.
Walau demikian, tegas Ahmad, sedikit pun tak ada rasa menyesal ditempatkan di Waisai untuk mengajar. Ia pun mengakui, masih beruntung mengajar di Waisai.
Pasalnya di Waisai, daerahnya mulai berkembang. Pemukiman warga umumnya telah diterangi listrik oleh PLN. Kendaraan bermotor pun sudah ramai.
Sedangkan beberapa teman Ahmad yang ditempatkan mengajar di pulau-pulau lain yang masih wilayah Raja Ampat, lebih 'keras' tantangan kehidupannya. Karena di beberapa pulau tersebut belum diterangi listrik.
"Tapi kami semua bangga masih bisa memberi sebagian masa hidup kami untuk mengajar anak-anak di pulau-pulau terpencil, terluar, dan terbelakang dari Indonesia," ucapnya dengan nada bersemangat. (*)
Kalina
Kalina Kalina is offline
Mod

Post: 34.531
 
Reputasi: 360

__________________
Kunjungi juga, ya..!!
Kamus Gizi/Nutrisi

Health Wiki

Semoga Selalu Sehat!!
Loading...
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Harga Bensin di Raja Ampat Rp 15 Ribu Seliter

alamak mahalnya 15rb x_x
tiaseptiani
tiaseptiani tiaseptiani is offline
World Level

Post: 27.601
 
Reputasi: 304

__________________
Naikkan reputasi orang lain yang membantu, atau anda sukai!

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Ke Raja Ampat Mahal? Baca Dulu Tips Ini nizhami Travel, Transportasi, Penerbangan & Hotel 15
TAMAN LAUT DI RAJA AMPAT louisiana Travel, Transportasi, Penerbangan & Hotel 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2020, Jelsoft Enterprises Ltd.